In #ManajemenKeuangan Amarta. Fintech Tempo

Jangan Takut Ambil Pinjaman Online

Hallo kawan, beberapa waktu lalu aku dan teman-teman blogger ikut dalam acara Ngobrol Bareng Tempo tentang Fintech Lending. Sebelum jauh membahas apa itu Fintech, afdolnya aku mau jelasin dulu apa itu Fintech. Fintech adalah layanan pinjam meminjam uang yang berbasis teknologi informasi. Lebih mudahnya adalah Fintech itu mempertemukan antara pemberi pinjaman dan penerima pinjaman.

Bagi UMKM yang membutuhkan uang segar sesegera mungkin, maka Fintech adalah jawabannya. Tak perlu harus tatap muka dan memasukkan berkas-berkas kekantor yang mengurangi waktu efisien. Cukup uplod data yang dibutuhkan, maka akan diperiksa dalam beberapa menit.

Pembagian Kegunaan Fintech

Fintech menurut kegunaanya dibagi menjadi tiga yaitu:
  1. Ekosistem Tertutup yang dimana hanya di berikan oleh grup tertentu. Contohnya seperti modal yang diberikan oleh grup Alfamart dan Dana Mas. 
  2. Ekosistem Terbuka adalah pemberian dana dengan memberikan multiguna yang bisa diberikan kepada siapa saja dan tanpa banyak persyaratan. Dengan bunga tinggi dan jangka waktu cepat.
  3. Ekosistem Terbuka Terbatas adalah pemberian dana khusus yang diberikan pada sektor-sektor produktif. Seperti pertanian dan UMKM.

Dari tiga Fintech ini yang biasanya menjadi masalah adalah Ekosistem Terbuka. Yang dapat memberikan dana cepat dan syarat cukup mudah. Biasanya peminjam hanya melihat dari cepatnya mendapatkan dana tanpa melihat dahulu kesanggupan mereka dalam membayarkan pinjaman.

Jangan Takut Mengambil Pinjaman Online 


Akhir-akhir ini banyak nya aksi depkoleptor online yang mengirimkan SMS tak nyaman pada orang-orang yang mengenal si peminjam dana. Mereka bisa menghubungi orang-orang ini dari data yang dicuri atau tanpa sadar si peminjam memberikan datanya dengan suka rela lewat pertanyaan “Ya Tidak.” Disinilah harusnya para peminjam kredit online harus jeli dan tidak terburu-buru.

Aku pernah diteror sampai 1 minggu oleh depkoleptor ini. Bukan hanya SMS tapi telphone setiap hari dan menggunakan bahasa sangat kasar. Setiap satu nemer diblok akan ada nomer baru lain yang bermunculan. Seperti amoba.


  1. Cara agar terhindar dari kejahatan pencurian pinjaman online adalah 
  2. Cek terlebih dahulu apakah Fintech ini termasuk terdaftar dalam 161 perusahaan di OJK. 
  3. Selalu hati-hati dalam mengisi pertanyaan yang diajukan oleh aplikasi. 
  4. Pastikan pinjaman yang kamu ambil tidak memberat kamu nantinya saat jatuh tempo. 


Fintech Amartha 


Bila kalian bingung mau ambil pinjaman kemana, kalian bisa uplay di Fintech Amartha. Amartha merupakan perusahan Fintech yang lebih mengutamakan untuk kesejahteraan kelompok-kelompok kecil. Contohnya seperti petani dan pedagang kecil.

Manfaat meminjam di Amartha:


  1. Memberikan pelatihan bagaimana caranya merekap pembukuan keuangan.
  2. Mengutamakan pemberdayaan masyarakat sektor menengah kebawah.
  3. Memberikan pelatihan pengembangan bisnis sampai jadi.
  4. Perusahan yang masuk dalam desa-desa. 


Itulah sedikit info yang dapat aku berikan. Bila informasi ini sangat membantu sebarkanlah kesanak sodara. Siapa tahu mereka membutuhkan info ini.

Related Articles

0 comments:

Post a Comment

ID Corners

Kumpulan Emak Bloger

Gandjel Rel

Blogger Perempuan

GenPI Jateng

Blogroll