In #ManajemenKeuangan Manulife

Pahami 5 Produk Reksa Dana Manulife Sebelum Memulai Investasi

Semarang, 16 Maret 2019 lalu aku datang di acara Kopdar Investasi Bersama Reksa Dana Manulife. Acara ini merupakan acara yang aku tunggu-tunggu, pasalnya sudah banyak yang menawari aku untuk ikut Investasi Reksa Dana. 
https://www.relianceku.com/article/mengenal-jenis-investasi-jangka-panjang



Dari cara mereka menawarkan itu yang bikin gak nyaman. Setiap pagi dan sore selalu memberikan boom chat. Chat yang mereka berikan adalah naik turunnya harga saham. Bayangin kalo yang diberi info orang yang benar-benar awam dalam dunia saham? Apa gak pusing yang nerima chat. 

Karena, aku termasuk orang yang awam dalam dunia investasi. Aku merasa terbantu dengan adanya Kopdar dari Manulife. Ada 5 produk Reksa Dana yang bisa dipilih. Pilihan produk tergantung seberapa kuatnya keuangan yang aku punya. 

Seberapa Penting Investasi 

Sebelum aku menuliskan 5 Produk Reksa Dana Manulife, sebaiknya kita satukan pikiran dulu tentang investasi. Investasi adalah menabung uang dengan tujuan dana yang tumbuh akan lebih cepat dari inflasi. Jadi dengan berinvestasi yang kita harapkan adalah pertumbuhan uang dalam tempo yang cepat. 

Dari sini kita mulai tahu bahwa investasi adalah cara yang benar bila menginginkan uang yang lebih, bukan hanya sekedar gaji bulanan. Investasi yang sudah direncanakan dengan matang akan sangat penting bila suatu saat membutuhkan dana. Investasi yang beresiko minim atau bahkan tanpa resiko adalah Reksa Dana. 

Reksa Dana adalah program investasi yang menggabungkan modal dari banyak investor, dan berinvestasi pada beragram instrumen, serta dikelola secara profesional oleh perusahaan pengelola aset (Manajer Investasi).

Setiap berinvestasi dalam reksa dana akan mendapatkan unit. Unit ini merupakan peralihan dari mata uang rupiah menjadi 1 saham. Bila nanti akan menjual kembali jadi yang dihung adalah unit nya. Sebagai contoh 1 unit= Rp 1.000 jadi bila yang dijual 100 unit bisa dikalikan dengan harga jual yang berlaku. 

Reksa Dana Pasar Uang 

Makan dulu biar kuat belajar

Reksa dana pasar uang adalah segala sesuatu yang ada di pasar uang. Biasanya investasi ini cenderung berpotensi pada hasil dan fluktuasi cenderung stabil. Tak ada potongan apapun di sini. Bisa diambil kapanpun. Bila kamu memiliki uang pas-pasan dan ingin menabung di bank agar uang kamu dapat terkontrol, sekarng cobalah berfikir untuk investasikan uangmu di reksa dana pasar uang.

Reksa Dana Dan Pendapatan Tetap 


Reksa dana pendapatan tetap adalah investasi yang didalamnya masuk minimal 80% obligasi. Bila kamu menginginkan hasil yang cukup lumayan dan kamu punya uang lebih, ada baiknya kamu berinvestasi disini. Jangka waktu yang dibutuhkan 3 tahun. Kurang dari 3 tahun kamu tidak akan bisa dapat hasil yang maksimal. 

Reksa Dana Campuran 


Reksa dana campuran adalah investasi yang dimana antara obligasi dan saham seimbang. Ingin investasi yang lebih menantang? Kamu bisa ambil investasi ini. Investasi yang sebagian saham akan lebih memberikan hasil yang cepat. Tapi walaupun hasilnya lebih cepat karena setengahnya lagi adalah obligasi jadi, jangan kawatir untuk masalah kerugian. Jangka waktu investasi disinini 5 tahun. 

Reksa Dana Saham 


Reksa dana saham yang artinya 80% adalah saham. Bagi yang suka akan tantangan bisa berinvestasi disini. Pendapatan banyak otomatis resikopun tinggi. Jangka waktu 10 tahun. 

Reksa Dana Syariah 


Reksa dana syariah juga bisa dipilih bila takut dana yang didapat itu dari mana. Tidak perlu takut akan adanya bunga, ketidakpastian, penimbunan, dan judi. Karena investasi disini murni bagi hasil. 

Dari 5 produk reksa dana diatas yang bisa kalian pilih, tentunya harus melihat juga seberapa penting investasi yang diambil, kebutuhan mendesak, dan tentunnya investasi itu untuk apa. Kalo untuk aku sekarang ini lebih mengambil Reksa Dana Campuran yang dimana resiko sedang dan bisa diambil dalam jangka waktu 5 tahun dan kapanpun. 

Oh ya bila kamu berinvestasi di reksa dana, hal lain yang kamu dapatkan adalah kemudahan jual beli. Karena, ada manajer investasi yang akan mengarahkan. 

Semoga artikel ini membantu kalian yang sedang bingung mau mencoba berinvestasi.

Read More

Share Tweet Pin It +1

0 Comments

In #NusaPenida #travelling Nusa Penida

5 Spot Snorkeling Favorite Di Nusa Penida

Bali tak akan pernah habis bila dikulik. Satu dua kali kesini serasa tidak pernah ada rasa puas. Selalu ada tempat yang baru bermunculan, baik tempat yang sengaja dibuat ataupun tempat-tempat yang baru saja ditemukan.

Di sebelah timur Bali terdapat Pulau Nusa Penida yang keindahan alamnya tak perlu di ragukan lagi. Selain keindahan alam Nusa Penida memiliki surga bawah laut. Ada 5 spot snorkeling favorite di Nusa Penida yang layak dicicip untuk kalian yang mulai menggilai snorkeling.Ini merupakan paket wisata ke Nusa Penida  yang menggiurkan.
Photo by Ambar

Crystal Bay 


Crystal Bay yang menyuguhkan hamparan air laut berwarna biru muda selalu bisa menghipnotis mata untuk mencicipi bagaimana indahnya dunia bawah laut. Di pantai ini kamu bisa melihat ikan-ikan pada berenang.

Kamu juga bisa berenang disini dengan tenang karena tempatnya yang dikelilingi tebing dan batu karang membuat ombak menjadi tak terlalu besar. Bukan hanya ombak yang tak terlalu besar, akan ada ikan mola-mola yang siap menemani berenang bersama.

Sedikit didasar laut akan melihat batu karang berwarna biru. Dari warna batu karang ini lah asal warna muasal warna indah dari air laut Nusa Penida.

Manta Point 


Kalo di Crystal Bay dimanjakan dengan ombak yang cukup tenang, tapi Manta Point menyajikan ombak yang cukup membuat adrenalin bersorak manja. Tempat ini ada karena batu kapur yang berada di Tanjung Pandan muncul ke permukaan. Dengan bentuk tebing kapur yang curam membuat yempat ini sangat mempesona.

Selain alamnya yang indah, Manta Point juga meberikan keseruan tersendiri dengan berenang bersama pari Manta. Burung laut ini biasa berkumpul di sini karena banyaknya planton untuk mengisi perut mereka. Manta juga berguna untuk membersihkan laut, jadi bila kalian berenang bersama pari Manta maka akan adekan yang sangat menarik. Manta hanya mengelilingi kalian dan sekali-kali membuat lingkaran.

Batu Meling


Batu Meling merupakan bebatuan yang mengeluarkan air tawar. Walaupun tempat wisata ini adalah pantai berbatu tebing tetapi anehnya mengeluarkan air tawar. Seakan ini merupakan paket komplit dari wisata laut dan dataran tinggi, dengan adanya air terjun dan kolam renang alami.

Tambah unik lagi disini ada kolam renang alami dua. Kamu tidak bisa berenang campur, kolam ini dibagi menjadi dua. Satu khusus untuk laki-laki dan satu khusus untuk perempuan. Kapan lagi bisa melihat tebing di Samudra Hindia dengan musik latar deburan ombak putih.

Desa Toyapakeh 


Desa Toyapakeh merupakan desa yang berada di sepanjang pantai. Memiliki keindahan alam yang masih terjaga dan belum tersentuh tangan jail manusia. Yang menjadi nilai plus dari Toyapakeh adalah adanya ikan berukuran besar peninggalan purba yang sampai saat ini masih hidup. Uniknya ikan purba ini hanya ada saat bulan november saja.

Selain ikan purba ada juga Candi Buddha bawah laut. Candi buddha yang tertata cantik dengan puluhan patung Buddha. Candi ini bukan merupakan peninggalan sejarah. Tapi, ini merupakan proyek pemeliharaan terumbu karang.

 Bukan hanya masalah alam yang cantik tapi Toyapakeh merupakan penghasil rumput. Masyarakat disini kebanyakan membudidayakan rumput laut sebagai mata pencaharian. Jadi, bila datang ke Toyapakeh bisa juga mencoba cara membudidayakan rumput laut.

Malibu Point 


Malibu Point bisa dibilang pusat snorkeling, spot sunrise yang banyak, dan spot Diving. Pada bulan Juli sampai September bisa ber snorkeling ditemani ikan hiu dan ikan mola-mola. Selain hewan laut yang banyak jenisnya, di Malibu Point juga salah satu pantai yang terdapat banyak trumbu karang warna warni.

Selain snorkeling Malibu Point memberikan pemandangan yang apik dengan adanya gundukan bukit batu yang menghiasi tepian pantai. Bagi yang suka tantangan dan keindahan alam, tempat ini wajib dikunjungi. Itu merupakan 5 Spot Snorkeling Favorite Di Nusa Penida yang wajib dikunjungi.

Kalo mau ke Nusa Penida pastikan melihat bulan yang pas datang kesini. Jangan sampai saat datang kesana suasaana yang sudah dibayangkan tidak didapatkan karena salah mengambil jadwal.

Kalo ingin pengeluaran tidak membengkak, pastikan dari jauh hari sudah mengecek harga tiket dan juga harga penginapan.

Read More

Share Tweet Pin It +1

13 Comments

In #gayahidup Radjawali Semarang Cultural Center

Radjawali Semarang Cultural Center Suguhkan Panggung Kreasi Seni Anak Bangsa

Selasa, 5 Maret 2019 kemarin aku dan teman-teman datang ke gedung Radjawali Semarang Cultural Center. Dengan bermodalkan alamat lengkap mencari gedung ini ternyata tidaklah sulit. Gedung yang berada di Jalan Kapten Piere Tendean No 32 dengan menampilkan batik sebagai ciri khasnya.

Saat memasuki area gedung Radjawali aku langsung terkesima dengan area terbuka yang menyuguhkan jalan dengan paving tertata cantik. Di bagian depan aku juga melihat ada patung garuda lumayan besar. Bagi orang yang suka berfoto, disini adalah tempat yang tepat. Semua sudut bisa menjadi spot selfi.

Radjawali Semarang Cultural Center 

Radjawali SCC

Sekilas sejarah Radjawali Semarang Cultural Center diawali dari inginnya kota Semarang mempunyai gedung kesenian yang megah dan mumpuni. Yang nantinya gedung ini menjadi pusat seni budaya warisan Indonesia dengan inovasi kreasi dan standar mutu service yang tinggi.

“Nama Radjawali diambil dari nama Sekolah Dasar yang didirikan oleh ayah pemilik Gedung ini, dimana letak sekolah itu berada di daerah Juwanan Kabupaten Pati. Dan salah satu alasan dibangunnya Radjawali SCC ini adalah sebagai wujud terima kasih dari pemilik Gedung kepada orangtua dan semua leluhurnya, karena masa kecil pemilik Gedung Radjawali SCC dihabiskan di kota Semarang.” Kata Andre Handrijana, selaku General Manager Radjawali SCC.

Gedung yang terkesan artistik ini ternyata terinspirasi dari kekayaan alam dan kebudayaan yang ada di Indonesia. Mengungsung kekayaan alam dan kebudayaan Indonesia bisa dilihat dari 3 unsur, yaitu: Hutan, Laut, dan Batik.



3 unsur itu bisa dilihat dari bentuk batang-batang yang melengkung keatas di bagian sisi kiri depan yang artinya adalah kekuatan, kebijakan, dan pemberi kehidupan dengan melambangkan Hutan. Lambang Laut bisa dilihat dari lengkungan dibagian tengah atas depan melambangkan ketenangan, kekayaan, dan keragamaan. Lambang terakhir Batik yang menggambarkan ciri khas kebudayaan dan kebanggaan Indonesia.

Ketiga unsur tersebut dapat dilihat saat memasuki area gedung Radjawali Semarang Cultural Center. Kalo malam kalian bisa melihat gedung ini seakan-akan hidup. Pada bagian Facade Gedung akan ada warna-warni cantik dari cahaya lampu. Warna merah, ungu biru dan perpaduan wana lainnya. Bahkan di undakannya pun ada warna.

Panggung Kreasi Seni Anak Bangsa 



Selain mempunyai 3 unsur gedung ini juga memiliki 3 bagian utama. 3 bagian itu antara lain:


  1.  Outdoor Plaza yang merupakan ruang terbuka dengan fungsi sebagai sarana pagelaran outdoor, sarana olahraga, sarana kumpul komunitas, sekaligus sebagai area parkir. 
  2.  Multifunction Hall yang mempunyai luas 400 meter persegi yang dapat digunakan untuk memamerkan karya seni, pertunjukan seni acara pribadi (Ulang tahun, Jamuan makan) dan kegiatan seminar atau workshop. 
  3. Performance Hall yang terletak di lantai 2 dan 3 dengan kapasitas 279 penonton, mempunyai panggung berukuran 16x7 meter, LED Videotron P4 berukuran 12x6 meter, ruang FOH beserta sound engineering, operator lighting, dan operator multimedia. 




Radjawi SCC

Radjawali SCCRadjawali SCC


 “Seperti apa yang dititopkan oleh owner saya, bahwa dengan hadirnya Gedung Radjawali SCC ini, Semarang bahkan Jawa Tengah dapat melahirkan bintang-bintang baru di bidang Seni dan Budaya. Owner kami juga ingin membuat masyarakat menyenangi seni dan budaya asli Indonesia. Karena kalau kita sendiri tidak melestarikan Seni dan Budaya maka bisa jadi akan hilang dimasa depan. Selain iyu kehadiran Gedung Radjawali SCC diharapkan dapat menjadi tempat penyelenggaraan pertunjukan seni budaya Indonesia dengan citarasa dan standar Internasional.” Imbuh Gideon Guruh, selaku Event dan Marketing Radjawali SCC.

Semoga dengan berdirinya bangunan ini dapat melestarikan kebudayaan Jawa Tengah yang khususnya kota Semarang.

Read More

Share Tweet Pin It +1

0 Comments

In #bloggersemarang #Inspirasi 4 Tahun Gandjel Rel

Agus Mulyadi Meramaikan Ulang Tahun Gandjel Rel

Gak terasa sudah 4 tahun berlalu. Komunitas yang berawal dari Ibu Ibu Doyan Nulis dan akhirnya bermetamorfosa menjadi Gandjel Rel. Gandjel Rel merupakan komunitas yang merangkul para wanita di Semarang untuk melek sosial media.

Komunitas ini lebih berfokus pada kota Semarang, jadi anggota Ganjel Rel atau biasa dipanggil Gres ini tidak buka cabang. Hahaha toko kali ah buka cabang. Bagaimana kalo anggota Gres yang akhirnya pindah luar kota? Mereka akan tetap ada dalam satu komunitas walau berbeda kota. Tetap menjalin silahturahmi.

 Awal aku mengenal Gandjel Rel itu 7 tahun yang lalu, saat aku masih mdencari jati diri bagaimana caranya bisa menulis dengan baik dan benar. Semua komunitas aku masukin dan hanya komunitas ini yang bisa bertahan sampai sekarang.

 Agus Mulyadi 


Di usianya yang menginjak 4 tahun sudah banyak hal yang dilalului. Dan komunitas ini menunjukkan eksistensi di jagat nara blog. Buktinya pada hari ulang tahun Gandjel Rel dapat berkolaborasi dengan penulis hebat Agus Mulyadi.
Agus Mulyadi
Photo by Don Suke

Agus Mulyadi adalah seorang penulis sekaligus redaktur dari Mojok.co. Tulisan-tulisan yang selalu menggelitik, anatara ketampar muka sendiri, ngocol perut, dan juga sampai bisa membuat “Oh, iya ya” yah sehandal itulah seorang Agus Mulyadi merangkai sebuah kalimat demi kalimat.

Awal karir seorang Mulyadi berawal dari keisengan dia mengedit foto di warnet. Kisah hidup dia dalam menggapai cita-cita memang cukup unik. Dari penjaga warnet, lalu menjadi penjaga parkir yang dibayar waktu itu Rp 1.500.000.

Tunjukkan Pada Dunia Maka Dunia Akan Tunduk 


Kecemplungnya Mulyadi di dunia perparkiran ini tak lain dan tak bukan ada campur tangan sang ayah. Pada umumnya orangtua jaman dulu menginginkan anaknya kelihatan berkelas dengan menggunakan uniform perusahaan. Kelihatan gagah gitu kalo udah pakai baju yang necis, walau kadang penampilan dan isi dompet berbeda.

Dari kengenesan hidupnya itu akhirnya dia berusaha memasukkan artikel ke Mojok.co. kayak gayung bersambut artil-artikel yang dia kirimkan selalu direspon baik. Di situlah dia mulai berani unjuk gigi ke sang ayah. Menunjukkan bahwa gaji dia di nulis bisa lebih besar dari pada menungguin kendaraan orang lain. Tak ada lelah yang tak terbayar, ayah Mulyadi menyetujui langkah dia untuk bermain kata.

Penulis Yang Baik. 


Setelah puas bernostalgia, Mulyadi memberikan tips untuk para penulis pemula. Kata Mulyadi “Aku sih gak punya tips apa-apa. Yang aku lihat itu nantinya bisa menjadi tulisan aku. Hanya itu sebenarnya. Banyak berinteraksi dan temukan hal yang baru.” 

Semakin banyak hal yang kamu alami maka akan banyak pula yang bisa kamu tulis. Kejadian kamu dijalan, pulang kerja, dikantor dan banyak hal lainnya bisa menjadi tulisan yang menarik. Tinggal bagaimana cara mengolahnya saja.

Semakin sering menulis dan membaca akan semakin meningkat juga kosa kata dan ilmu menulisnya. Tak ada orang yang tiba-tiba bisa menulis runtut dan asik. Semua harus dimualai dari hal terkecil. Jadi mulailah menulis.

Pring Sewu 


Otak sudah dikasih makanan yang sangat bergizi, jadi sangat tidak adil kalo perut juga tidak diberikan asupan nutrisi yang baik. Acara ini di adakan di resto Pring Sewu tentunya para undangan akan disuguhkan makanan yang lezat dari resto ini. Seperti yang sudah diketahui kalo resto ini terkenal dengan rasa makanan yang mantap. Bumbu rempahnya yang melimpah dan pas dilidah. 

Acara ulang tahun ini semakin meriah dengan adanya potong tumpeng. Tumpeng yang disajikan dari Pring Sewu ini menjadi rebutan kami loh. Sambal gorengnya mantap, urapnya juga. Ah semuanya enak deh.

Selain menyajikan makanan berat, tiap sore jam 15:00 Pring Sewu membuka cafe di beranda depan. Hidangan yang disuguhkan ada kopi dan aneka roti. Sambil makan bisa menikmati Kota Lama di sore hingga malam hari.
Photo by Pring Sewu

Semoga di ulang tahun ke-5 Gandjel Rel aku masih bisa hadir dan masuk dalam kemeriahan.

Read More

Share Tweet Pin It +1

2 Comments

ID Corners

Kumpulan Emak Bloger

Gandjel Rel

Blogger Perempuan

GenPI Jateng

Blogroll