In #gayahidup

Indosat Ooredoo Menjawab Tantangan Business Dalam Perkembangan Smart City

Hai kawan, tahukah kamu kalo di Indonesia ternyata tingkat urbanisasi sudah mencapai 56%. Yang artinya banyak orang desa pindah ke kota. Kota di sini bukan hanya ibu kota tetapi juga kota-kota kecil yang mulai berkembang.

Dengan berkembangnya kota kecil berarti mulai akan ada permasalah yang kompleks. Maka dari itu dibutuhkan sistem informasi yang cepat, Informasi itu bisa didapatkan dari TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) atau ICT yang merupakan salah satu teknologi yang memiliki potensi inovatif tinggi untuk menyelesaikan berbagai tantangan di perkotaan.

Indosat Ooredoo Menjawab Tantangan 

"Indosat Ooredoo Business memiliki komitmen yang tinggi untuk terus berkontribusi dalam pembangunan Smart City di Indonesia guna mewujudkan manajemen perkotaan yang lebih maju dengan system yang inovatif, terintegrasi dan berkelanjutan. Smart City juga merupakan inisiatif penting dari pemerintah di era revolusi industri 4.0. Konsep solusi Smart City Indosat Ooredoo dirancang untuk mencapai outcome yang diharapkan dapat bermanfaat bagi pemerintah di perkotaan, warga kota dan komunitas bisnis untuk menciptakan tata kelola pemerintahan dan transparansi. Layanan publik yang baik, pertumbuhan ekonomi dan efisiensi biaya." ujar Group Head Customer Operations Indosat Ooredoo, Mirza Helmi.

Cara Indosat menjawab tatangan untuk membangun smart city adalah dengan memulainya dari penguatan pondasi dasar berupa jaringan atau insfrastruktur telekomunikasi, layanan TIK, komputasi awan dan aplikasi-aplikasi yang berjalan diatasnya. Jawa Tengah yang sudah mengimplementasikan smart city adalah Batang, Boyolali, Pemalang, dan  Pekalongan.


Untuk itu Indosat Ooredoo mengeluarkan new freedom yang dimana paket ini mempunyai keuntungan dari harga yang bersahabat dan juga paket data yang besar. Dari harga termurah Rp 25.000 - Rp 150.000 yang semua paket sudah masuk gratis nelpon ke semua operator. Dengan harga Rp 150.000 bisa mendapatkan 50GB yang artinya memberikan kemudahan untuk para pelanggan.


6 Pilar Smart City Yang Didukung TIK

Smart city direncanakan akan ada 100, yang nantinya pembangunannya akan bertahap di setiap daerah. Ooredoo merupakan technology advisor dalam BIMTEK yang diadakan pada kota/kabupaten yang terseleksi oleh kemenkominfo RI.  Smart city sendiri mempunyai 6 pilar yang didukung oleh TIK, yaitu:


  1. Smart Governance
  2. Smart Branding
  3. Smart Economy
  4. Smart Living
  5. Smart Environment
  6. Smart Society
6 pilar smart city merupakan pondasi yang baik bila ingin memenuju Indonesia yang berbasis pada informasi cepat. 

Semoga Indosat Ooredoo bisa segera dapat menerapkan 6 pilar smart city.


Related Articles

0 comments:

Post a Comment

ID Corners

Kumpulan Emak Bloger

Gandjel Rel

Blogger Perempuan

GenPI Jateng

Blogroll