Kamis, 14 Juli 2016

Selembar Kertas Glossy

Memori otak manusia memang tidak terbatas.Tetapi apakah kita bisa selalu mengingat semuanya dengan baik dalam jangka waktu lama? Tidak, kebanyakan kenangan itu akan disimpan dalam sebuah video, foto dan catatan tangan. Saat kita ingin mengenangnya kembali, tinggal kita keluarkan benda-benda yang mengingatkan kita dengan kenangan-kenangan itu.

Banyak hal yang terjadi dalam perjalan hidup seseorang. Semakin banyak bertemu sesuatu yang baru, semakin banyak pula kenangan-kenangan yang terbentuk. Tumpang tindih kenangan membuat kenangan yang lama semakin memudar dalam ingatan kita.
kamera roll
Kamera Roll
Adek no 1, hasil dari kamera roll
yang masih bayi itu foto adik ke-2, hasil dari kamera roll

Selama ini kenangan itu aku simpan dalam selembar kertas glossy. Dulu sebelum adanya kamera ponsel aku menggunakan kamera biasa yang menggunakan roll yang nantinya akan dicetak. Kamera manual memang tidak praktis, setelah kita jepret-jepret kita tidak bisa tahu hasilnya langsung seperti apa. Jadi kalo mau melihat hasilnya kita harus cuci roll itu dan menjadi foto cetak. Memang lebih boros, karena saat kita melihat hasilnya akan ada yang tidak kita suka. Walaupun boros sekalipun aku tetap suka, karena disana kenangan itu tersimpan dengan rapi.

Alm Bapak, Ibu dan adek no 1


Wajah orang-orang yang dulu ada dalam masa laluku, tak  mungkin bisa aku ingat dengan jelas sekarang ataupun nanti. Dari itu aku membutuhkan foto untuk mengingatnya kembali.  Kenangan yang akan aku gali suatu saat nanti. Tanpa adanya media penyimpanan itu pasti banyak orang yang akan melupakan satu persatu kenangan yang telah terukir.


Teman semasa kecil dulu yang sekarang udah pada nikah dan punya anak.
Sejak masuk SMA sudah ada kamera ponsel, tahun 2004 saat itu kamera ponsel hanya VGA yah tak begitu bagus tapi cukup bagus dimasa itu-jangan bandingkan dengan sekarang-. Aku dan Kamera Ponsel tak bisa dipisahkan. Setiap ada moment apapun pasti ingin saja jepret sana-sini :D
Masa-masa SMA memang benar adalah masa-masa paling menyenangkan, saat semua yang kita lakukan hanya senang-senang >_< memulai mengepakkan sayap dengan bermain kesana-kesini mencoba hal-hal baru. Bermain dan berjejaring itulah yang dilakukan saat SMA. Saat SMAku dulu bisa ke caffe sampai jam 8 malam saja sudah sangat wah loh..jangan bandingkan dengan sekarang yang sudah mengerti treveling sendiri =_=
teman SMA

Teman Organisasi Mahasiswa

Sahabat SMA yang sekarang sudah meraih mimpi masing-masing. Foto Model, Guru, Pegawai Bank, Pegawai Swasta, dan Dokter.

Teman SMP


SMP dan SMA aku masih menggunakan kamera manual, saat awal masuk kuliah barulah ada kamera yang 1MP itu juga udah wah pakai banget-ketahuan umurku-tapi sekarang sudah ada 13MP >_< ingin aku abadikan semua yang terjadi dengan Zenfon 2 Laser ZE550KL.
Aku dan Sahabat.


Zenfon 2 Laser ZE550KL mempunyai kamera ponsel yang dapat membuat keinginanku untuk mengabadikan setiap moment yang terjadi di kehidupanku lebih berwarna. Semua yang aku lihat bisa aku ceritakan dalam selembar kertas glossy. Hal yang menyenangkan ataupun hal-hal yang mengharu biru yang aku alami.
Teman-teman kuliah

Adanya kamera ponsel, membuat aku mempunyai banyak kenangan bersama almarhum Bapak. Saat aku kangen beliau aku tinggal melihat foto-foto yang aku punya. Begitu juga saat aku ingin mengenang masa-masa lampau, aku hanya membuka foto lama lalu mengenangnya untuk diriku sendiri. Tak terbayang deh kalo tidak adanya kamera. Bagaimana caranya aku bisa mengingat lagi masa-masa dulu. Mengingat lagi wajah-wajah itu.

Giveaway Aku dan Kamera Ponsel by uniekkaswarganti.com 

26 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Aku juga suka membuka album foto mbak, kadang ada kenangan yang terlupakan. Tapi dengan adanya foto-foto itu, semua tampak jelas. Dengan keluarga, saudara, teman. Favoritku foto aku dan adik-adikku waktu kecil mbak. Lucu banget. Sekarang ada kamera hp, jadi lebih mudah mau ceprat cepret moment apa saja. Mau lihat-lihat, tinggal buka galeri.

    BalasHapus
  3. Jadi inget pertama kali punya camera foto kelas 2 SMP, sampe nabung bela belain ga jajan buat beli roll film & cetaknya, dulu ongkos cetak foto 36 lembar ga murah, belum lagi kalau kejadian roll filmnya kebakar bisa nangis 7 hari 7 malam hahahahaha, untung sekarang dimudahkan dengan camera hp ya mba kalau mau di save di galeri monggo mau dicetak juga bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha dulu mehong banget buat cetak, 1nya 2rb apa berapa gitu,,,secara uang segitu dulu gede haha...

      Hapus
  4. Kamera roll memang ribet,tp pasti kita cetak...jadi kenangannya tersimpan. Sedangkan kamera ponsel memang praktis dan lbh bagus hasilnya tetapi kadang hanya tersimpan di hp atau cloud,jarang cetak sehingga bisa aja kenangan itu hilang bgitu aja kalau hp hilang

    BalasHapus
  5. Td siang aku nunjukin foto smp ku sma anakku yang kecil, ternyata dia ga kenal ummi nya hehe.
    Jadi kepikiran utk nyetak foto yang ada di hp sekarang biar jd bahan cerita besok2.

    BalasHapus
  6. Td siang aku nunjukin foto smp ku sma anakku yang kecil, ternyata dia ga kenal ummi nya hehe.
    Jadi kepikiran utk nyetak foto yang ada di hp sekarang biar jd bahan cerita besok2.

    BalasHapus
  7. Hehehe jadi inget mamaku yg lebih eksis dr aku sekarang....foto kecilku buanyakk bgt, kata mama kamera selalu standby..siap capture moment lucu tingkah polah anak2.. kebayang dong ribetnya jaman pake kamera kokang...belum jaman tustel yang otomatis apalagi digital kaya sekarang...
    Bersyukur ya kita hidup di jaman serba praktis sekarang ini

    BalasHapus
  8. Hehehe jadi inget mamaku yg lebih eksis dr aku sekarang....foto kecilku buanyakk bgt, kata mama kamera selalu standby..siap capture moment lucu tingkah polah anak2.. kebayang dong ribetnya jaman pake kamera kokang...belum jaman tustel yang otomatis apalagi digital kaya sekarang...
    Bersyukur ya kita hidup di jaman serba praktis sekarang ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua bisa jepret dan praktis dengan kamera ponsel :D

      Hapus
  9. Kamera roll yang dulu suka dipakai ortu mengabadikan momen-momen berharga waktu aku kecil dan berkat kamera roll aku bisa mengenang masa lalu mba Tina,betapa berharganya kamera dulu sampai sekarang sebagai perekam memori perjalanan hidup kita,kalau sekarang kamera hp emang jadi andalan sedikit-sedikit jeprat-jepret hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hu um kenangan yang menyenangkanpun bisa jadi haru biru..T^T

      Hapus
  10. Wow, koleksi foto jadulnya masih banyak ya.
    Kalau punya saya dah berkurang karena pada rusak. Good luck kontesnya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ini saya simpan baik2 hehe..terimaksih bu Ety..

      Hapus
  11. koleksinya masih lengkap ya, hehehe
    aku foto2 lamanya hilang, enggak sempat diprint tapi tersimpa di hape dan hapenya jatuh... hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan semua hilang T^T..yuk mulai disimpan dengan baik :D

      Hapus
  12. Wah...aku hobby banget tuch ngumpulin foto-foto. Tepatnya sich jaman SMA, semua foto masa kecilku aku kumpulin dan ku album sendiri. Ya... ingin mengabadikan & mengenangnya.
    Foto-foto dari kecil TK, SD, SMP, SMA, masa-masa kuliah, jaman merantau.di Tangerang, Serang & Semarang komplit wis.
    Klo waktu senggang kadang aku buka kembali album-album foto tersebut.

    Memori otak manusia terbatas karena waktu terus berjalan, hal-hal baru pasti terjadi. Dengan adanya foto bisa mereview kembali memori kita.

    Jaman SMA ku dulu masih pakai kamera yang pakai negatif film. Eh..waktu sudah kerja juga masih pakai negativ film ding. Jadi harus beli dulu negativ filmnya dulu ke tukang foto. Paling banyak isinya 36. Klo mau foto harus benar-benar ambil posisi yang bagus biar tidak mubazir. Hasilnyapun tidak labgsung bisa dilihat.
    Beda dengan jaman sekarang, tinggal pakai kamera hp klik dan klo tdk puas dgn hasil jepretan foto bisa diulang. Hasil fotonyapun bisa dilihat langsung & diedit di hp

    Foto-foto ku masih tersimpan rapi. Alhamdulillah dengan album foto masih banyak teman yang aku ingat dengan melihat foto tersebut.
    Malah saat reuni perak, beberapa temen minta difoto ulang foto-foto jaman SMA yang aku punya. Jadi tukang foto dech..
    Banyak cerita jadinya saat ketemu setelah terpisah 25 tahun & saat reuni dipertemukan kembali.

    Saat reuni perak SMA yg baru-baru ini diadakan kita tinggal klik & selfie sepuasnya dengan kamera hp untuk mengabadikan moment special.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar2 menyenangkan ya :D semua memori bisa kita abadikan dengan mudah sekarang...tinggal jepret-jepret dari kamera ponsel :D

      Hapus
  13. Setujuuu... jadi kepingin punya Zenfon 2 Laser... :*

    BalasHapus
  14. Mau juga hp nya donk...Zefon 2 laser. Biar tambah cakep hasil jepretannya. Kapan ya..bisa memilikinya??

    BalasHapus
  15. Ibuku sering mengabadikan kegiatanku pake kamera roll, cuma sayangnya kadang filmnya ngga tercetak soalnya uang buat nyetak kepake buat beli susu dan lain lain,..hahahaha

    Kadang jadi nangis sendiri, senyum sendiri ngeliat perjalanan kecilku yang diceritakan dengan rangkaian gambar

    BalasHapus
  16. Terima kasih sudah ikutan GA Aku dan #KameraPonsel. Good luck.

    BalasHapus