In

Pendekar Pancasila Semangat Gotong Royong Jaman Now

Semarang, 25 Juli 2019 Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) mengadakan acara di Aula Grahadika Bakti Praja Semarang dengan mengangkat tema Kami Indonesia Kami Pancasila Semangat Gotong Royong Untuk Indonesia Unggul. Acara ini mengundang para mahasiswa, blogger, vlogger dan admin sosial media, para audiensi ini yang nantinya disebut Pendekar Pancasila.

Penyerahan plakat

Acara ini di adakan pada pagi hari yang membuat aku harus bangun sangat pagi. Aku gak mau ketinggalan semenitpun acara yang penuh gizi. Apa lagi pengisinya ada mbak Mirasahid yang sudah terbukti dapat menggerakkan followernya melalui media sosial kearah positif.

Kita Indonesia Kita Pancasila

Akhir-akhir ini banyak sekali berita-berita yang sangat memilukan. Banyaknya berita yang meresahkan warga yang akhirnya membuat kecurigaan-kecurigaan yang berujung pada kesedihan dan perpecahan.

Contohnya saja seperti berita politik, agama dan juga berita kriminal. Kejadian baru-baru ini yang mencengangkan karena keresahan warga adalah seorang pengumpul barang bekas di terikki pencuri sampai dibakar hidup-hidup hanya karena dia membawa barang elektronik dari masjid, padahal orang itu bukan pencuri melainkan orang yang selesai sholat.

"Untuk meredam berita bohong itu maka kemkominfo membuat Pendidikan Karakter (Pendekar) karena karakter itu bisa diubah." jelas bapak Hariyono.

Gotong Royong Ala Jaman Now
Cindy Gula

Setelah aku tahu ternyata karakter itu bisa diubah, ternyata gotong royong saat ini pun sudah bergeser lebih beragam dan mudah.

Cindy Gula memaparkan bagaimana generasi sekarang melakukan gotong royong. Gotong royong bisa melalui:

1. Petisi Online
2. Penggalangan Dana Online
3. Berkarya menjadi content kreator yang menyebarkan berita baik

Bila gotong royong itu dalam cakupan luas maka gotong royong tolerasi pada sekitar adalah gotong royong cakupan lebih sempit. Seperti:


  1. Memberantas bullying
  2. Memberantas pelecehan 
  3. Memberantas hoax


Pahammi Kemampuanmu
Mirasahid

Bagaimana kamu bisa tebar kebaikan di jaman ini kalo kamu belum tahu tentang dirimu sendiri. Seperti kata Mirasahid yang merupakan founder dari Kumpulan Emak Blogger (KEB) kalo kita harus melakukan 7 hal:

1. Kenalin keahlian kita.
2. Konten yang kuat
3. Kuasai aplikasi pengelola gambar/video
4. Komunikasi dua arah
5. Konsisten dan kontinyu
6. Kolaborasi
7. Lakukan

Dengan mengetahui kemampuan dirimu maka kamu pun akan bisa menolong orang lain lewat konten-konten yang bermanfaat.

"Saat kamu akan share artikel pastikan cek dulu isi artikel itu dengan benar, jangan sampai menjadi bagian penebar hoax" imbuh Mirasahid.

Nah sekarang aku tahu apa yang harus aku lakukan, kalo aku udah mengenali diriku maka aku bisa berbuat baik walaupun sangat kecil. Yuk semangat gotong royong

Related Articles

3 comments:

  1. Yuk sebarkan semangat Pancasila dalam kehidupan sehari - hari #PendekarPancasila

    ReplyDelete
  2. Bener bgt kita bisa jadi #PendekarPancasila dg gotong royong dan merawat Pancasila sesuai dengan jamannya..

    ReplyDelete

ID Corners

Kumpulan Emak Bloger

Gandjel Rel

Blogger Perempuan

GenPI Jateng

Blogroll