Senin, 28 November 2016

Membuat Kopi di Rumah Ala Cafe Bersama ALCHEMY

Kamis (24/11) kemarin aku mengikuti acara dari BEST FM di STAR Hotel yang mengajarkan tentang Membuat Kopi di Rumah Ala Cafe Bersama ALCHEMY. Dewasa ini minuman kopi mulai menjamur dimana-mana. Kopi menjadi gaya hidup metropolitan. Setiap akan hang out bareng keluarga, teman, dan kolega pasti yang di tuju adalah kedai kopi. Tidak heran bila sekarang warung kopi mulai banyak. Baik warung kopi kelas pinggiran, cafe, dan sampai Hotel berbintang.
www.ceritadandelion.com




Di Indonesia mempunyai kopi no 1 didunia. Luwak adalah produk asli Indonesia. Selain kopi Luwak ada beberapa kopi lain yang tidak bisa di remehkan, karena di setiap daerah mempunyai kopi yang berbeda-beda. Kopi sebenarnya hanya ada 2 jenis, yaitu Arabika dan Robusta.
www.ceritadandelion.com

Kopi Arabika berasal dari Etiopia. Rasa kopi ini tidak begitu pahit dan aromanyapun sangat enak. Tanaman ini termasuk tanaman yang tidak kebal dengan hama, jadi mempengaruhi hasil dari panen. Banyaknya permintaan di pasar dan rendahnya hasil panen membuat harga kopi Arabika menjadi mahal. Untuk bisa memenuhi permintaan pasar. Indonesia mulai menanam kopi Robusta asli dari Kongo. Pohon kopi Robusta lebih bandel terhadap hama dan cara menanamnyapun mudah. Kopi Robusta di sebut juga dengan kopi kelas dua. Rasa kopi ini sangat pahit dan sedikit asam. Walaupun kopi kelas dua kopi Robusta ternyata juga cukup dinikmati di Indonesia.
Koh Aldo

Lalu kenapa sekarang kopi banyak jenisnya kalo memang kopi Cuma ada 2 varian? Kata koh Yohannes dari ALCHEMY “Mau kopi dari belahan dunia manapun kalo sudah ditanam di tanah yang berbeda, rasa akan mengikuti dimana tanaman kopi itu hidup. Nama kopi mengikuti daerah asal penanaman. Jadi kalo ditanam di Semarang ya namanya kopi Semarang.” Oh..makanya kenapa STARBUCKS membedakan biji kopi sesuai dari mana asalnya kopi ini. Kita harus bangga ni kopi Luwak adalah kopi yang paling dicari di sana.
Hore dapat kopi dan French Press

Sebelum kita belajar membuat kopi koh Yohannes menjelaskan alat-alat kopi yang dia bawa. Lebih tepatnya menjelaskan nama dan kegunaan secara singkat. Banyak sekali alat kopi yang digunakan untuk membuat satu gelas kopi menjadi rasa yang nikmat.

Alat-alat Kopi:

1. Aero Press
2. Vietnam Drip
3. Rokpresso
4. V60
5. French Press
6. Syphon

Dari 6 alat yang disebutkan, French Press adalah alat yang paling mudah digunakan saat membuat kopi di rumah. Caranya cukup mudah. Masukkan bubuk kopi dalam French Press, lalu tuang air panas. Brewing tak usah lama-lama. Setelah itu dipress. Tinggal tuang deh. Mau pakai gula atau tidak itu tergantung selera kita.
Pada penasaran cara membuat segelas kopi yang enak :D

Sekarang semua serba mudah, kalo ingin membeli kopi bubuk asli dari tiap daerah tidak perlu harus pergi ke daerah tersebut. Cukup pergi ke supermarket. Segala macam kopi ada disana. Tapi, kadang ada juga yang malas kalo hanya beli kopi harus pergi ke supermarket, apa lagi tempatnya mungkin cukup jauh dari daerah rumah. Coba deh manfaati toko online, Taukan ada yang namanya toko online? Kenapa tidak memanfaatkan yang ada. Otten adalah salah satu brand yang menyediakan kopi bubuk yang bisa dibeli lewat toko online. 

Tahu gak sih dalam kandungan kopi itu ada kafein dan antioksidan tinggi. Banyak orang yang bilang bahwa kafein itu tidak baik buat tubuh. Jadi banyak orang yang percaya kalo kopi itu sangat jahat untuk kesehatan. Benarkah? Setelah diteliti ternyata efek kopi bagi tubuh adalah: 

1. Menekan pertumbuhan kanker. 
2. Menurunkan terkena diabetes melitus tipe 2. 
3. Mencegah serangan jantung. 
4. Menurunkan resiko penyakit parkinson. 
5. Antioksidan yang dapat membuang racun lewat urin. 
6. Rutin minum kopi setiap hari bisa membuat otak lebih cerdas, hidup bahagia, dan hidup bersemangat. 

Perlu diingat juga meminum kopi yang berlebihan akan menyebabkan halusinasi. Jadi minumlah kopi secukupnya saja. Sudakah kamu minum kopi hari ini? 

Bila akan mengadakan pesta dan ingin ada menu coffe break bisa hubungi: 

Bapak Yohannes 
Telepon    :081-7055-1837 
BB            : 5C642599 
Instagram : @kapein, @alchemy_semarang, @ottencoffe 

Sumber https://www.instagram.com/p/BNRj52mhLs5/?taken-by=indo_psikologi

12 komentar:

  1. Kopi item yang asli memang cenderung lebih aman di lambung daripada kopi instan ya, pernah minum kopi asli sedikit gula agak pahit asam enak sih ya gak ada ampas juga dan tidak bikin maag kumat, cuma kalau kopi instan serbuk itu langsung perih di lambung, ini enak ya tin kopinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berul mbak
      Duh sayang aq sukanya yg instan, sering kena maag malahan oengennya yg item tp blm suka hihihi

      Hapus
  2. wah asyik bnaget bikin kopi kopi....jadi pingin ikutan kalo ada yang semacem ginian lagi

    ijonk

    BalasHapus
  3. Jadi pengen nyoba kopi hitam ni,bisa cocok nggak ma perut :)

    BalasHapus
  4. Penasaran banget. Tapi aku sendiri nggak tahan kalo minum kopi, agak ngliyeng kepalane Mbak huhuhu

    BalasHapus
  5. aku ada kopi biji flores dan tambora yg masih utuh. wkwkw. mau?
    emang enak sih seduh sendiri di rumah.

    BalasHapus
  6. Kopi yang diseduh dari bijinya langsung emang enak ya mbk :D

    BalasHapus
  7. Oooo ini alatnya semacam plunger gitu ya kayak yg utk teh :) Asyik nih, bisa ngopi asli tanpa ampas.

    BalasHapus
  8. Kita ngopinya kopi sachet biasane mbak hihihi

    BalasHapus
  9. Seru yaa acaranya bisa belajar dari pakarnya...

    BalasHapus
  10. Serunya... Mupeng alatnya.. Mueheheheh.

    Kalo ada acara gituan lagi mau dong dicolekin *eheheheh. Suka banget kopi nih 😊😊

    BalasHapus
  11. kopi yang baru digiling itu bedaa,,aromanya..mm..
    minuman wajib tiap pagi

    BalasHapus