Friday, February 10, 2023

Lato Lato Permainan Jadul Yang Kembali Viral

 Haiiii kawan..

Bagaimana hari-hari kamu saat ini? Apakah mulai terlato-lato atau mulai merasa bising dengan suara yang keluar dari lato-lato. Tek..tek..tek..setiap saat suara itu berkumandang. Berasa seperti backsound di setiap kegiatan (Berasa drama gitu).






Lato-lato sendiri adalah permainan jadul yang kembali viral, permaianan ini sudah ada sejak tahun 1960. Lato-lato merupakan permainan tradisional yang menggunakan dua bola karet yang saling dibenturkan, terciptalah suara tek..tek..tek.

Lato-lato Punya Sejarah

“Biyen ibu dolanan iku, siji go gantian karo embak dan mas. La kok sak iki malah ono meneh dolanan iki” suatu sore aku berbincang-bincang bersama ibu saat melihat berita.

Jadi penasaran gak sih, lato-lato ini asalnya dari mana? Karena orang jaman dulu tahunya ya ini adalah permainan asli Indonesia atau lebih tepatnya ya daerah masing-masing.

Lato-lato ternyata dari Amerika Serikat loh. Di negaranya permainan ini deisebut Click-clacks, Clankers, dan Knockers. Yang artinya juga sama saja sih, dua bola karet yang berbenturan.

Permainan Clankers awalnya diciptakan untuk melatih anak-anak koordinasi antar tangan dan mata. Jadi, permainan ini memang ada manfaatnya. Bukan hanya permainan yang membuat bising.

Lomba Lato-Lato

Karena populernya permainan ini dan setiap anak hampir mempunyai lato-lato. Ada beberapa sekolah yang mebuat lomba lato-lato demi semangat anak untuk berangkat sekolah. Bahkan permainan yang harganya terjangkau ini juga menjadi permainan yang disukai anak dewasa.

Permainan ini cukup mudah, siapa yang bisa memainkannya paling lama adalah pemenang. Bukan hanya diayunkan ke bawah, sekarang banyak juga yang mevariasi cara bermain lato-lato.

Berdasarkan New York Times pada tahun 1971 tercatat adanya kejuaran dunia Clankers. Bagaimana kalo seandainya satu tahun lagi diadakan perlombaan kejuaran dunia lato-lato. Potensi besar untuk anak bangsa yang mempunyai keterampilan motorik yang bagus.

NB: Kadang kita merasa permainan yang berbahaya untuk anak dan mengengkang mereka dengan tidak memperbolehkan bermain. Adalah awal dari kita mematahkan harapan sang anak untuk berkembang lebih besar dari pada yang kita kawatirkan.

No comments:

Post a Comment