In #ManajemenKeuangan cekaja Pinjaman online

Pinjaman Modal Usaha Untuk UMKM

Di era 4.0 ada pergeseran selera pekerjaan untuk milenial. Anak-anak mileniel sekarang ini lebih suka bekerja dengan membuka usaha. Membuka usaha tentunya butuh dana yang cukup lumayan besar. Cara satu-satu untu mendapatkan dana besar adalah dengan cara meminjam orangtua atau dengan pinjaman modal usaha.

Tidak bisa dipungkiri meningkatnya UMKM di Indonesia sangat membantu pemerintah untuk mengurangi jumlah pengangguran. Dengan adanya UMKM tentunya akan membuka lapangan kerja baru.

Pinjaman Modal Usaha Online 


Membuka usaha dan berdiri dikaki sendiri merupakan kebanggaan. Tapi, untukmenikimati hasil dari membuka usaha tidak bisa dinikmati dalam waktu singkat. Akan ada pasang surut dalam usaha yang dijalankan. Biasanya hal yang paling umum terjadi adalah kurangnya modal usaha.

Kurang modal usaha yang tiba-tiba biasanya akan jadi momok tertentu. Butuh modal cepat tapi bingung harus minjam modal kesiapa bila sudah punya hutang di bank. Bila hal itu yang terjadi, jalan paling cepat adalah pinjam modal usaha lewat online.

Pinjaman modal usaha online adalah meminjam uang melalui jasa fintech yang dimana peminjaman modal ini lebih mudah dan juga tanpa jaminan. Fintech biasanya sudah berkerjasama dengan beberapa bank.

Bila ragu karena berita akhir-akhir ini yang tersebar, kamu bisa baca dulu keuntungan dari mengambil pinjaman modal usaha online.

Proses Cepat 

Butuh dana segar yang cepat maka jawabannya adalah pinjaman online. Karena, biasanya untuk adminitrasi semuanya di lakukan online. Isi syarat-syarat yang diminta lalu dari sana akan mengecek dengan cepat. Tanpa harusnya tatap muka membuat waktu bisa dipersingkat.

Syarat Mudah

Untuk peminjaman dengan nominal kecil syarat yang diberikan tak seribet bila meminjam konvensional. Konvensional biasanya meminta banyak sekali syarat, sekalipun itu pinjaman dalam nominal kecil sekalipun.


  1. Syarat umum yang diminta biasanya: 
  2. Merupakan warga Indonesia 
  3. Usaha minimum sudah berjalan 2tahun, dengan tempat usaha yang sama. 
  4. Usia minimum 21tahun atau sudah menikah dan maksimal umur 60tahun saat kredit lunas. 
  5. Belum pernah menerima fasilitas kredit atau sudah pernah menerima fasilitas kredit dengan kolektibilitas lancar.  


Fleksibel 

Ini yang paling disukai saat meminjam online. Kamu tak perlu repot-repot datang kesana untuk mengajukan pinjaman. Cukup buka smartphone kamu lalu klik apa yang kamu butuhkan.

Kalkulator Kredit 

Pernah gak sih saat kamu sudah mengumpulkan syarat-syarat yang diminta bank untuk mengajukan dana yang butuh kan, ternyata dari pihak bank menyatakan pinjaman bisa cair dibawah yang kamu butuhkan. Rasanya pasti sangat jengkel, sudah meluangkan waktu dan berharap ternyata hasinya tak sesuai.

Kalo di pinjaman online, disini ada kalkulator yang bisa kamu hitung sendiri. Apakah pinjaman yang kamu minta bisa disetujui atau tidak. Untuk mengecek ini pun hanya dibutuhkan beberapa menit saja. Pastikan jaringan internet kamu setabil ya. Kalkulator bisa dipilih, mau yang KTA atau KPR.


  1. Itu adalah keuntungan bila kamu mengambil pinjaman online. Saat kamu memang yakin mau mengajukan pinjaman pastikan beberapa hal agar terhindar dari kesalahan. Kamu bisa perhatikan beberapa hal ini: 
  2. Sebelum meminjam pastikan berapa jumlah yang kamu butuhkan. Jangan sampai pinjaman ini memberatkanmu. 
  3. Tentukan apa kredit apa yang mau kamu ambil.
  4. Cek kredibilitas pinjaman online. Banding-bandingkan terlebih dahulu rekam jejaknya. Pastikan kamu cari pinjaman yang paling cepat cair, bunga murah, dan syarat mudah.
  5. Paling penting adalah cek apakah pinjaman onlinemu masuk dalam OJK. 


Jenis-jenis Pinjaman Online


Untuk jenis pinjaman online ini ada beberapa jenis. Jenis pnjaman tergantung dari kebutuhan yang mau diambil. Jenis-jenis pinjaman modal usaha antara lain:

Kredit Modal Kerja 

Pinjaman untuk memenuhi kebutuhan modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha dan atau kebutuhan modal kerja yang bersifat khusus seperti untuk membiayai proyek.

Kredit Investasi

Fasilitas kredit yang diberikan untuk membiayai barang modal dalam rangka rehabilitas, modernisasi, perluasan, dan kebutuhan khusus terkait investasi.

Kredit BPR 

Kredit pembiayaan kerja terhadap BPR (Bank Perkreditan Rakyat) untuk digunakan dalam rangka penyaluran kredit kepada usaha kecil dalam bentuk Executing atau Asset Buy.

Kredit Kopkar 

Pinjaman modal kerja yang diberikan kepada koperasi karyawan untuk disalurkan kepada para anggotanya guna berbagai keperluan.

Kredit Syariah 

Pembiayaan kredit syariah modal kerja, investasi, dan trade finace dengan skema Mudharabah dan Murabahah untuk UMKM.

Pajak 

Apakah kamu kawatir kalo pinjaman ini akan masuk pajak? Aku pun juga akan berfikir yang sama sepertimu. Biasanya hal yang berbau online akan rentan untuk dilacak datanya.

Yang bisa masuk pajak adalah semua pendapatan dari penghasilan. Penghasilan yang didapatkan dari sebuah kegiatan penukaran jasa menjadi sebuah nilai nomilan. Nah kalo pinjaman online bagaimana? Pinjamana online bukanlah pendapatan tapi merupakan hutang yang nantinya harus di kembalikan. Jadi yang kena pajak adalah perusahaan yang memberikan kita pinjaman.

Bila kamu sudah pasti akan mengambil pinjaman online dan masih bingung bagaimana caranya meminjam, kamu bisa klik https://www.cekaja.com/small-business-banking untuk informasi lebih lanjut.

Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu yang sedang mencari dana segar dengan cepat.

Related Articles

16 comments:

  1. Kereeen ya kaum muda ato kaum milenial sekarang ini sudah inisiatif merintis sukses sejak muda

    ReplyDelete
  2. Semoga makin dimudahkan ya buat yang berbisnis

    ReplyDelete
  3. Makin banyak fasilitas pendukung usaha ya..mudah2an semakin banyak peluang usaha tercipta ya..

    ReplyDelete
  4. Jadi makin mudah berbisnis ya mbak. Ada byk cara untuk dana nih...

    ReplyDelete
  5. Betul bgt. Anak muda jaman milenial sekarang ini paling suka bikin startup. Seneng sih liatnya.

    ReplyDelete
  6. Aku udah tahu sih dr dulu kalo cekaja itu bagus banget. Segi pwlayanannya juga oke punya

    ReplyDelete
  7. seneng ya anak muda sekarang giat membuka usaha, bisa ngebantu orang lain juga dengan menambah lapangan pekerjaan

    ReplyDelete
  8. Inovasinya bagus banget euy, bisa membantu kaum muda untuk berani membuka usaha

    ReplyDelete
  9. Ada kredit syariah juga ya, bisa untuk modal kerja nih kalo sedang butuh mendadak sementara tagihan belum cair

    ReplyDelete
  10. Iya Mbak, betul banget, nggak punya modal itu kendala banget. Aku ngerasain sendiri suamiku sampai pinjam-pinjam uang ke saudara.

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah ya sekarang jaman milenial semakin gampang.
    Tapi juga kudu waspada ya Mba, aku juga buat usaha ini masih belajar meminimalisir modal eheheh

    ReplyDelete
  12. Makin mudah ya mendapatkan pinjaman melalui perkembangan fintech. Kalau untuk membantu perniagaan bagus banget nih, kan ntar ada yang untuk membayar pinjamannya. Kalau bisa sih jangan digunakan untuk dana konsumtif ya. Ntar berasa berat lho ngembaliinnya.

    ReplyDelete
  13. Kudu banyak belajar nih. Teknologi berkembang pesat banget ya.Pinjaman aja bisa online..ckck

    ReplyDelete
  14. Zaman sekarang mau pinjam uang aja bisa online, ya! semuanya serba mudah dan cepat.

    Senang melihat geliat anak muda dengan segala inovasi usahanya. Semoga terus meningkat dan menjadi contoh buat sesama pemuda dan generasi setelahnya juga

    ReplyDelete

ID Corners

Kumpulan Emak Bloger

Gandjel Rel

Blogger Perempuan

GenPI Jateng

Blogroll