In

Bus Otomatis Pertama di Indonesia ada di The Breeze, BSD City

 Hallo kawan...


Bus Otomatis Pertama di Indonesia.

Sering kali aku membayangkan suatu saat Indonesia memiliki kendaraan tanpa ada pengendara dan juga kendaraan yang bisa di darat sekaligus di udara. Setiap melihat film sains rasanya imajinasi aku kemana-mana. Kali ini impian itu bukan hanya sekedar impian. BSD City di The Breeze akan memamerkan Bus Otomatis Pertama di Indonesia.

First Autonomous Vehicle



Bus Otomatis atau Autonomous Vehicle adalah bus listrik tanpa sopir yang dicipatkan oleh Sinar Mas Land yang bekerjasama dengan Mitsubishi Corporation. Bus ini nantinya akan digunakan di IKN.

Navya Arma adalah nama bus ini. Cantik ya. Navya Arma memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam. Kendaraan listrik ini berdimensi 4,7 m x 2,1 m dengan kapasitas penumpang 15 orang, dengan formasi 11 duduk dan 4 berdiri.

Tapi, 15 orang akan dikurangi 1 orang untuk bagian operator. Jadi hanya bisa untuk 14 orang. Kalo gak ada operator nanti bagaimana. Bisa-bisa pada nyasar dan yang belum bisa menggunakan bus akan kesusahan.

Contohnya kalo ada mobil yang mendekat dalam radius 3 meter dan ada ada sesuatu yang terjadi di jalan yang tidak terduga. Disini peran operator untuk mengubah rute atau menghentikan bus.

Arma juga dilengkapi dengan beragam sensor mulai dari pemanfaatan GPS (Global Positioning System), sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis, kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi tertanam di dalam mobil.

Transportasi listrik tanpa awak ini mempunyai kemampuan akselerasi, navigasi, hingga dapat mendeteksi kondisi lingkungan di sekitarnya, termasuk menghindari halangan dan melakukan pemberhentian secara otonom.

Jadi kalo ada jalan berlubang dan polisi tidur bus ini bisa menghindar dengan mulus, tanpa ada drama penumpang yang meminta pengemudi suruh lebih hati-hati. Biasanya ibu ada rasa gak nyaman dikit akan komplain. Kayak aku maksudnya.

Percobaan Pertama di BSD City



First Autonomous Vehicle at Green Office Park, BSD City.  AV baru saja mengikuti acara Electric Vehicle Exhibition di Nusa Dua Bali, yang merupakan official side event dari G20, yang diselenggarakan oleh Kementrian Perhubungan pada tanggal 11 - 16 Nov 2022.

Kabar baiknya kita bisa mencoba AV gratis dengan datang ke Lobby Utama The Breeze. Cara nya hanya memberikan pendapat mengenai AV melalui survei di aplikasi OneSmile.

Jangan lupa menginstal OneSmile terlebih dahulu, baru mengisi survei yang ada ya. Setelah itu kamu akan dapat barcode agar bisa naik bus. Barcode ini pengganti tiket fisik.

Sudah dapat barcode tinggal datang ke shuttle bus, nanti petugas akan memindai barcode.

AV dapat di coba sampai tgl 21 December 2022, kemudian AV akan dipamerkan di dalam area The Breeze mulai tgl 22 Dec 2022 sampai 04 Jan 2023

Ingat ya ini bus masih uji coba dan kemungkinan akan tersebar ke kota besar itu masih nunggu lama. Karena, bus ini diutamakan untuk IKN. Sebelum nantinya akan dibuat masal untuk IKN, harus ada uji coba dulu biar pas dibikin dalam sekala besar sudah tinggal menggunakan bus ini dalam versi sempurna.

Gak usah cemberut begitu, paling tidak kalian bisa bangga menjadi orang yang lebih dulu mencoba. Jangan lupa bawa peralatan buat vlog kalian. Tunjukkan pada dunia kalo Indonesia hebat memiliki First Autonomous Vehicle.

Ingat ya, cintai produk-produk dalam negri.

Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Bplus

Bplus

Kumpulan Emak Bloger

Blog Archive

Gandjel Rel

Blogger Perempuan

GenPI Jateng

Blogroll