Sunday, December 31, 2017

Pejuang Transportasi Dibalik Hiruk Pikuk Libur Nataru

December 31, 2017 4
Tadi malam blogger, vlogger dan komunitas transportasi berkesempatan untuk berbincang-bincang bersama Mentri Perhubungan Republik Indonesia (RI) bapak Budi Karya Sumadi di gedung Lawang Sewu Semarang. Dalam rangka memberikan penghargaan kepada para Pejuang Transportasi dan juga menghimbau kepada masyarakat yang akan melakukan mudik saat liburan Natal dan Tahun Baru.

Selain bapak mentri perhubungan juga di hadiri oleh gubenur Jawa tengah bapak Ganjar Pranowo. Beliau mengapresiasi sekali dengan adanya blogger yang selalu memberitakan hal-hal baik di media sosial. Dengan adanya netizen dapat meredam berita kebencian dengan berita yang lebih asik. Seperti transportasi umum yang nyaman bagi pengguna sehari-hari.

“Para netizen seringkali membuat kicauan-kicauan yang seirama hingga kicauan itu diterima oleh followers mereka dan diteruskan dengan pertanyaan, retweet, dan sampai viral yang akhirnya ramai dibicarakan di semua media sosial.” Kata bapak Budi.

 Dengan adanya netizen pak Budi berharap program Kemenhub selama Natal dan Tahun Baru bisa disampaikan ke masyarakat. Program selama Natal dan Tahun Baru agar lancar dalam perjalanan adalah :


  1. Jalur alternatif darurat akan dibuka. Jalur alternatif ini dari kota Pekalongan, Batang, dan Semarang. Diharapkan dengan adanya jalur alternatif bisa membuat kelancaran jalan. 
  2. Truk 3 sumbu dilarang masuk tol. Biasanya truk yang panjang akan membuat jalan macet, yang harusnya jalan tol itu untuk jalan cepat malah akan menjadi jalan lambat pada saat arus Nataru. 
  3. Tepat pilih waktu pulang. Moment yang pasadalah waktu yang biasa masuk dalam zona merah pada tanggal 29,30,31, dan 1. Padahal pada tanggal itu lonjakan orang yang mudik ataupun berlibur sangat tinggi. 


 Selain program yang sudah dimulai, diharapkan para pengendara transportasi pribadi selalu menjaga keamanan kendaraan dengan selalu mengecek ban, rem dan mesin. Menjaga lebih baik dari pada mengobatikan.

Baru-baru ini telah beroprasi kereta menuju bandara. Walaupun masih uji coba di bandara Sukarno Hatta tapi kedepannya juga akan dibangun di bandara Ahmad Yani Semarang. Saat ini sedang ditinjau guna pembebasan lahan untuk mewujudkan adanya kereta yang lansung menuju bandara.

Semoga dengan adanya kereta yang lansung menuju ke bandara akan lebih bisa mengurangi kemacetan dan juga akan terwujud transportasi yang layak pakai. Seringkali bus yang beroprasi malah bus yang keadannya sudah benar-benar tidak layak pakai. Dengan harga yang hampir sama tapi menggunakan transportasi yang tak layak akan membuat masyarakat enggan menggunakan transportasi umum.

Selain transportasi yang layak ada juga loh orang-orang yang berjasa dibalik keselamatan pengguna transportasi. Orang-orang ini tadi malam dikumpulkan diberikan penghargaan atas dedikasi mereka ini. Tahu gak sih pak Ganjar sampai gak percaya dengan acara ini loh.

Pejuang Transportasi adalah orang-orang yang rela tidak liburan untuk tetap melakukan tugasnya agar kita nyaman dalam perjalanan. Walaupun pejuang transportasi sering kali di pandang sebelah mata oleh banyak orang.

Untuk itulah sebanyak 55 orang yang berdedikasi dalam Pejuang Transportasi diberikan masing-masing Rp 25.000.000 dalam bentuk asuransi jiwa dan juga bingkisan. Para pejuang itu :

TERMINAL MANGKANG :

1. Rumadi
2. Wasito
3. Tri Wibowo Santoso
4. Munawar
5. Eko Purwanto

TERMINAL BAWEN :

6. Much Alimin
7. Enggar Prayuda
8. Bayu adji
9. Agus W
10. Tri Sulis

UPPKB / JEMBATAN TIMBANH GUBUG :

11. Qalif Manni Martadi
12. Sutanto
13. Sentot Setiawan
14. Sucipto
15. SF. Nugraha

PETUGAS PENILIK JALAN :

16. Tedy Dwi Purnomo
17. Aris Prasetyo
18. Edi P
19. Heri B
20. Ardi A

PETUGAS PENJAGA LINTASAN :
21. Setyo Adi
22. Waluyo
23. Windaryanto
24. Slamet Supriyadi
25. M. Muslim

CLEANING SERVIS STASIUN :
26. Muslim
27. Umar
28. Munajat
29. Yanuar Andriyanti
30. Luki Adi Kurniawan

DiSHUB PROV. JATENG :
31. Rusman Sayogo
32. Bambang Adiyono
33. Jamari
34. Tatas Euxquin
35. Imam Suseno

DISHUB KOTA SEMARANG :

36. Kunto Mahendarto
37. Ngateman
38. Purwono
39. Kasnawi
40. Zamroni

PETUGAS KESEHATAN :

41. Dr. Arif Setiyowobowo
42. Subur Hadi M
43. Sadono Wiwoho
44. Retno Wahyu G
45. Febriantoro

BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH JATENG :

46. Tatag Wibiseno
47. Iwan Budianto
48. I Ketut Artana
49. Soni Widyacaksono
50. Hamid

POLTABES : 5
POLRES : 5
TERMINAL MANGKANG : 3
UPPKB : 2
DISHUB PROVINSI JATENG : 3
DISHUB KOTA SEMARANG : 2
LAUT : 5

 Mulailah menghargai antar sesama. Selamat Natal dan Tahun Baru bagi semua teman-teman yang sedang menghabiskan waktu liburnya dimanapun berada.

Saturday, December 30, 2017

Lunpia Cik Me Me Citarasa Semarangan.

December 30, 2017 1
Libur tlah tiba...

Libur tlah tiba... 

Ye..saatnya libur untuk badan yang sudah meronta ingin beristirahat sejenak. Dalam rutinitas sehari-hari yang sangat padat biasanya badan sudah sangat lelah, kadang saking lelahnya selesai bekerja langsung tidur. Tak ada waktu untuk diri sendiri apa lagi untuk sekedar kumpul bersama teman dan keluarga. Di akhir tahun seperti ini biasanya adalah waktu yang sangat pas untuk beristirahat sejenak.

Berkumpul bersama keluarga dan teman tak afdol bila tidak ada cemilan sebagai pelengkap saat mengobrol ria. Di Semarang ada makanan yang khas banget. Makanan yang berasal dari tunas pohon bambu. Tunas bambu biasanya di sebut rebung.

Sejarah Lunpia Semarang 


Dari bahan dasar rebung ini lah akhirnya tercetus makanan yang bernama Lunpia. Lunpia awalnya dipelopori oleh pasangan suami istri Tjoe Thay Joe dan Mbok Wasi, pendiri Lunpia Semarang pada tahun 1870. Sudah 147 tahun berlalu tapi makanan ini makin populer di masyarakat.

Karena peminat Lunpia ini sangat besar, hingga lunpia Semarang mewarikan usahanya sampai ke 4 generasi. Bukanlah hal yang mudah untuk menjaga citarasa warisan keluarga turun menurun tetap sama lezatnya. Dari generasi ke 4 Tan Yok Tjay yang memadu padankan resep, akhirnya ada lunpia mataram. Dengan perpaduan dua resep yang membuat cita rasa lunpia ini berbeda dengan lunpia lainnya.

Bergantinya Lunpia Delight Menjadi Lunpia Cik Me Me 


Lunpia Mataram sendiri kini sudah mewariskan ke 3 generasi. Generasi ke-3 dari Lunpia Mataram adalah Lunpia Cik Me Me yang sebelumnya bernama Lunpia Delight. Nama Lunpia Cik Me Me berasal dari nama asli owner.

Berganti nama bukan berarti berganti pula pemilik. Berganti nama ini karena Lunpia sudah menjadi ikon kuliner kota Semarang. Alangkah baiknya kalo makanan daerah tetap menggunakan nama daerah. Bukan malah menggunakan nama yang terdengar terlalu kebarat-baratan atau kalo anak zaman now bilang itu “Bahasa gaul.”

Semua lunpia yang diproduksi di Lunpia Cik Me Me adalah hasil olahan sendiri, tanpa membeli bahan matang dari suplayer. Bahkan sampai ke kulit lapisan lunpia pun di buat sendiri. Karena, Lunpia Cik Me Me di jamin Halal.

Mari Nikmati Lunpia 


 Apa yang akan anak muda akan suka dengan nama baru dari Lunpia Delight?

Ya, kenapa tidak?! Karena, pada saat ini pemerintahpun sedang gencar-gencarnya untuk menjaga kuliner daerah. Bagai gayung bersambut, dukungan pemerintah dan juga media sosial membuat Lunpia Cik Me Me patut untuk dijadikan oleh-oleh khas Semarang.

Lunpia Cik Me Me juga berkembang dalam hal menu yang selalu ada terobosan baru. Seperti Lunpia Jamur Nusantara, isian yang berbeda dari yang biasanya. Saat uji cobapun tidak main-main, di butuhkan waktu 3 bulan untuk benar-benar mengenalkan menu baru kepada pencinta lunpia.

6 menu istimewa yang patut dicoba:

  • Lunpia Raja Nusantara 
  • Lunpia Jamur Nusantara 
  • Lunpia Jantan Muda 
  • Lunpia Fish Kakap 
  • Lunpia Crab 
  • Lunpia Original dan Plan 


Aku suka lunpia jantan muda, rasanya ada pedas-pedasnya gitu. Enak dan gurih. Hemm aku jadi ingin makan lagi hohohoho...

Lunpia ada dua varian. Lunpia basah dan goreng. Lunpia basah biasanya bisa bertahan 8 jam di dalam suhu ruang, jadi kalo mau menjadikannya oleh-oleh masih sangat bisa selama perjalanan tidak lebih dari 8 jam. Bila perjalanan lebih dari 8 jam, aku menyarankan untuk membeli oleh-oleh lunpia yang sudah digoreng. Karena, lunpia goreng lebih tahan selama 24 jam.

Kalian bisa membeli lunpia ini di:

Lunpia Cik Me Me Jl. Gajahmada 107
Phone: (024) 3511006

Thursday, December 28, 2017

Pasar Karetan, Pasar Tradisional yang Layak Dikunjungi.

December 28, 2017 12
Tinggal menunggu berapa hari akan berganti tahun. Dari tahun 2017 ke tahun 2018. Sebelum tahun ini berganti, aku ingin mengajak mbak Unik dan mbak Novi untuk mengunjungi Pasar Karetan.
anak-anak penari leak

Pasar Karetan adalah pasar yang awalnya digagas oleh kementrian pariwisata. Dari pemikiran online berubahlah ke dalam bentuk nyata. Pasar tradisional yang penuh dengan edukasi dan juga kenangan. Perpaduan antara masa lalu dan masa kini.

Pasar ini sangat unik karena lokasinya berada di hutan karet. Dulunya lokasi ini adalah rumah pribadi yang disebut “Radja Pendapa” tapi seiringnya waktu banyak warga sekitar yang datang untuk menikmati suasana asri dan bangunan pendopo. Karena antusias masyarakat yang datang di tempat ini, akhirnya diputuskan Pasar Karetan di buat disini. Walaupun Lokasi sangat terpencil tapi banyak orang yang mengenal dan penasaran dengan Pasar Karetan.

Pasar Karetan adalah milik GenPI Jateng, yang sudah beroprasi sejak bulan November 2017. Kenapa harus ke Pasar Karetan:

Makanan Tradisional 


Banyak makanan tradisional yang hampir hilang di masyarakat membuat Pasar Karetan ingin memunculkan kembali makanan ini sebelum benar-benar punah. Makanan tradisional bukan hanya penuh kenangan tapi juga ada citarasa yang tidak dapat digantikan oleh masakan barat yang sekarang ini sedang hits di kalangan anak muda.

Makanan tradisional syarat akan bumbu-bumbu rempah yang hanya bisa di dapatkan di Indonesia. Tahukan kalo Indonesia adalah negri penghasil rempah-rempah terbaik di dunia.

Permainan Tradisional


Engklek 
Dakonan 
Lompat tali 
Grobak sodor 
Enggrang 

Ah..permainan itu sekarang ini sudah benar-benar tak pernah terlihat lagi di kota Semarang, permainan yang tergerus dengan permainan digital. Anak kecil sekarang hanya tahu bermain game. Seharian mereka hanya melihat perangkat lunak yang diklaim adalah mesin pintar.

Semakin hari semakin miris saja, anak-anak kurang bersosialisasi dengan sekitarnya. Merasa dekat dengan orang-orang maya dari pada orang nyata yang ada disekitarnya. Untuk itulah Pasar Karetan mengenalkan kembali permainan anak yang penuh dengan keceriaan dan kebersamaan.

Tari Tradisional 

uang girik

Selain makanan dan permaianan, Pasar Karetan juga menyuguhkan tarian tradisional. Tarian yang saat ini sedang di pantau oleh pemerintah agar tidak di klaim oleh negara lain lagi. Dengan menyuguhkan tarian tradisional berarti sudah membantu pemerintah untuk melestarikan kebudayaan Indonesia.

Setiap minggu akan ada pertunjukan tari yang berbeda-beda. Pembawa acara juga menjelaskan tarian apa yang sedang dipertunjukaan. Ini bisa memberikan pengetahuan baru pada anak-anak jaman sekarang.

Alam. 


Selain mengenalkan kebudayaan Indonesia, kalian juga bisa menikmati alam yang sangat asri. Di tengah hiruk pikuk kota Semarang, kita bisa mengistirahkan tubuh sejenak di Pasar Karetan. Dengan banyaknya pohon karet, suasana yang menenangkan, banyak warna hijau di sepanjang mata melihat, dan udara sejuk. Ini bisa membuat kita sejenak melupakan rutinitas yang sangat padat.

Jadi itulah kenapa Pasar Karetan patut untuk dimasukkan dalam list saat liburan akhir tahun. Tempat yang dekat dengan kota Semarang, tidak memperlukan banyak biaya untuk menikmatinya, lokasi yang pas untuk mengajarkan anak tentang alam, dan kebudayaan Indonesia.

Nah, jadi kapan dong kalian akan datang ke Pasar Karetan? Yuk ajak sanak sodara untuk menikmati destinasi baru ini. oh iya Pasar Karetan hanya buka pada hari minggu saja. Jangan sampai salah hari ya kalo datang kesini .

Pasar Karetan
Desa Segrumung, Boja

Wednesday, December 27, 2017

Ada Doa Ibu Dibalik Pencapaian

December 27, 2017 2
Ibu. 

Tiap kali harus menuliskan tentang ibu pasti akan ada rasa haru biru yang membuat mata ini berair. Ah mbak Chela dan mbak Noorma membuat aku jadi baper hik hik hik...kalo mau menuliskan tentang ibu, akan banyak hal yang bisa aku tuliskan. Gak mungkin hanya cukup 500 kata. Em bisa jadi saat aku menulis di blog akan bisa bersambung sampai beberapa kali tulisan blog. Hahaha kayak sinetron Cinta Fitri.

Apa yang kalian lihat dari aku sekarang ini tidak lepas dari didikan ibu. Didikan seorang ibu tidak haruslah berupa pelajaran yang sangat jelimet yang diajarkan di sekolah dalam teks buku tebal. Tapi, belajar dari sikap ibu adalah salah satu yang aku serap sepenuhnya. Ya, ibu bukanlah salah satu dari orang yang beruntung bisa mengenyam pendidikan tinggi. Tapi, beliau adalah orang yang pantang menyerah dalam segala situasi dan selalu mau belajar.

BUKU. 

Sikap pantang menyerahnya lah yang aku pelajari dan aku serap. Dari sikap itu aku berani untuk mengejar impian menjadi penulis buku. Dari awal aku menggeluti ini tak ada tentangan dari ibu, justru ibu mendukungku dengan selalu menyemangati aku.

Dalam mencapai impianku, Berkali-kali penolakan aku dapatkan. Berkali-kali juga aku bangkit. Dari penolak kepenolakan semakin mengajarkan aku apa itu bersabar. Tentu saja bukan hanya bersabar, aku juga belajar banyak hal tentang penulisan yang tadinya uka selalu menggunakan kata tak baku. Seiring jalannya waktu aku mempelajari kesalahanku dan memperbaikinya. Memperbaiki dengan menerapkannya dalam berkirim pesan, dari hal kecil saja akan merubah menjadi hal lebih besar.

MULAI DIKENAL. 


Buah kesabaran itu bukan cuma bisa mengeluarkan buku, tapi juga mulai mengenal banyak orang. Banyak orang tentu saja latar belakang yang berbeda-beda. Perbedaan latar belakang menjadikan pertemananku berwarna-warni.

Dulu aku tak pernah akan menyangka bisa dikenal oleh orang-orang media, fotografer profesional, penulis buku besar, dan sampai ke politikus. hal ini tak pernah aku bayangkan sebelumnya. Sungguh, aku hanyalah anak biasa yang mempunyai impian yang luar biasa. Emmm...hahahaha.

Dibalik prestasi itu ada doa ibu yang selama ini terpanjatkan untuk aku. e ciee hahaha. Setiap kali aku merasakan hal yang tak terduga dan menyenangkan. Aku selalu ingat kepada ibu. Aku menyakini apa yang aku dapatkan sekarang adalah ribuan doa yang selalu ibu panjatkan dalam diamnya.

Aku belum sukses dan bisa membahagiakan beliau. Setiap aku melihat beliau yang kelelahan rasanya aku ingin memaki diriku sendiri. Kenapa aku belum bisa membahagiakan beliau. Menghapuskan peluhnya, menyeka tangis yang tak pernah ditunjukkan, dan menghilangkan rasa cemasnya.

Entah kapan aku akan berani menggenggam tangannya dan berkata “Cukup usahamu untuk kami ibu, beristirahatlah dirumah. Habiskan hari-harimu dengan melihat tele visi dan melakukan apapun hobimu yang kamu suka.” Sayangnya aku belum berani mengatakan itu.

Yah, aku sangat malu untuk mengatakan itu. Di saat ekonomiku belum setabil. Sangat belum setabil. Paling tidak aku berani menggegam tangannya dan mengucapkan hal receh “Buk, beli bakso yuk.” Hem baru itu yang berani aku katakan pada beliau.

Melihat ibu yang bisa tertawa lepas saat melihat serial TV dangdut yang di bubuhi pengisi acara bertingkah konyol, kadang membuat aku tertampar. Kenapa aku belum bisa membuat ibu tertawa selepas itu. Menghilangkan penatnya dengan berjalan-jalan. Bukan hanya melihat tontonan TV. 

Ah..tahun ini pun aku belum bisa mengucapkan selamat hari ibu. Semoga tahun 2018 aku bisa mengucapkannya dengan memberikan hadiah naik haji. Aamiin.

Thursday, December 14, 2017

Dengan Harga Lipcream Wardah yang Terjangkau Tunjukkan Pesonamu.

December 14, 2017 0
Make up merupakan satu kesatuan untuk wanita. Apa lagi bagi wanita yang sering keluar rumah untuk bertemu banyak orang. Ada beberapa wanita yang gak suka ribet saat keluar rumah dengan hanya menggunakan BB cream, pensil alis dan lipstick saat keluar rumah. Tapi ada juga wanita yang tidak percaya diri kalo tidak berdandan full make up. Aku sendiri adalah wanita yang memakai make up kalo ketemu orang tertentu ataupun saat acara tertentu. Bagi aku yang penting ada sapuan warna di bibir saat keluar rumah. Nah jadi bisa dibayangkan seberapa borosnya aku memakai lipstick. Kalo masalah pewarna bibir aku serahkan ke produk yang terjangkau di kantong, seperti harga lipcream wardah yang murah tapi tidak murahan.
wardah lipcream 10

Lipstick merupakan salah satu penentu wajah kita terlihat sexy, cerah atau malah kusam. Menggunakan warna lipstick yang tidak sesuai dengan warna kulit kita memang sering kali membuat aura yang dipancarkannya jadi berbeda-beda. Selain lipstick ada juga berbagai produk kecantikan yang menunjang, seperti:

BB Cream 

Saat kita menggunakan BB Cream pasti yang di inginkan dari produk ini adalah membuat wajah kita semakin glowi. Tapi bila kita slah menggunakan warna BB Cream yang ada kita terlihat seperti badut atau malah terlihat kusam.

Menggunakan warna BB Cream sebaiknya satu tingkat dibawah warna kulit. Kalo kulit berwarna sawo matang, tidak disarankan menggunakan warna natural. Karena bila mengguna warna natural jatuhnya malah membuat wajah menjadi putih dan kontras sekali dengan warna kulit tubuh yang sawo matang.

Pensil Alis 


Apa kabar pensil alismu yang tinggal setinggi kuku jari upss..pensil alis tidak bisa diremehkan disini. Bahkan sudah banyak meme dan juga lagu dangdut yang menceritakan tentang pensil alis dan wanita. Nah, pensil alis sendiri ada 2 warna. Coklat dan hitam, masing-masing warna memiliki pancaran tersendiri saat di sapukan.


  1.     Coklat.  


Warna pensil alis coklat biasanya digunakan untuk menampil kesan segar di wajah. Kalo akhir-akhir ini para penyuka K-Pop akan lebih memilih pensil alis warna coklat. Karena, bagi mereka bila menggunakan warna coklat itu imut. Padahal ada juga yang tidak pantas menggunakan warna coklat.

      2. Hitam. 


Warna pensil alis hitam bisa mengandung artian tegas dan sexy. Penggunaan warna pensil alis hitam cocoknya saat di gunakan untuk acara malam hari.

Sekali lagi untuk menggunakan pensil alis di cocokan dahulu dengan wajah kita. Kadang kalo orang yang menggunakan warna coklat cocok belum tentu di diri kita juga akan cocok menggunakan warna yang sama.

Lipstick 


Nah ini dia, kosmetik yang paling menentukan wajah kita nanti jadinya seperti apa. Biasanya orang bila berinteraksi akan melihat bibir terlebih dahulu. Bukan karena tidak sopan, tapi karena orang biasanya membaca gerakan bibir untuk mengetahui kita mau menyampaikan apa.

Warna lipstick yang pas akan menaikan rasa percaya diri kita. Untuk mendapatkan warna yang pas, biasanya akan menyapukan beberapa warna agar terlihat bagus di bibir. Kalo aku sendiri cocok menggunakan lipscream wardah nomer 01 dan 05. Kedua warna itu dicampur menjadi satu. Dengan memulaskan warna yang cetar dulu baru menumpuknya ke warna yang lebih kalem.

Dengan perpaduan dua warna akan menciptakan warna baru. Sering-sering saja mencoba warna-warna lipstik dicampurkan, biar tahu warna apa sih yang cocok untuk memancarkan kulit wajah.

Hanya menggunakan 3 make up tersebut gak akan buat kamu ribet kan? Udah gak ribet dan juga gak bikin warna kulit kamu kusam. Kan gak lucu kalo kita ketemu orang tapi wajah kita tak enak dipandang.

Friday, November 24, 2017

Manfaat Internet Bagi Wanita

November 24, 2017 1
 Era digital saat ini membawa dampak perubahan yang sangat besar di masyarakat. Bagi sebagian orang yang bisa melihat peluang dari era digital pasti akan memanfaatkannya dengan baik. Begitu juga dengan Dewi Rieka dan Prananingrum, ke dua wanita ini menggunakan internet untuk menambah pundi-pundi di dalam rekening dan juga memberikan informasi menarik lewat blog mereka. Lalu apakah setiap wanita bisa seperti mereka? Bisa.

Gambar dari http://magazine.orami.co.id/mengajarkan-dampak-positif-dan-negatif-internet-pada-anak/
Dengan adanya internet saat ini memudahkan kita untuk melakukan banyak hal hanya dalam satu genggaman tangan. Bagi wanita yang memiliki banyak kesibukan pastinya akan kerepotan bila harus sering-sering keluar ruangan. Jadi ini lah manfaat internet bagi wanita.

Guru Memasak

Bagi para pemula pasti sering melihat internet untuk mencari bumbu masakan tertentu. Tak terkecuali juga dengan aku. aku sendiri baru bisa benar-benar memasak 5 tahun yang lalu. Awalnya untuk mencari rempah yang dimaksud aku harus melihat internet. Seperti apa sih rempah yang aku butuhkan dan seperti apa bentuknya.

Bahkan sekarang ini banyak sekali tutorial yang mengajarkan memasak dari awal sampai ahir. Kita benar-benar di mudahkan dengan adanya internet. Dengan sering belajar memasak akan mengasah kemampuan kita di dalam bidang kuliner.

Guru Makeup

Suka dengan gaya makeup sederhana cewek Korea?
Suka dengan gaya makeup imut dan serampang cewek Jepang?
Suka dengan gaya makeup sexy cewek bule?

Pulasan warna dalam wajah tidak bisa dipisahkan satu dan lainnya. Walaupun hanya memulaskan lipstik saja di bibir, ini sudah termasuk dalam memberi warna pada kulit wajah. Banyak wanita yang sekarang ini belajar menggunakan alat makeup seperti yang mereka inginkan.

Sapuan kuas dalam setiap inchi memberikan efek yang berbeda pada setiap sudut kulit wajah. Tak sedikit wanita yang rela merogoh kocek sampai dalam untuk belajar. Nah bagaimana dengan wanita yang supersibuk tapi ingin tetap belajar? Jawabannya ada di internet.

Banyak sekali tutorial yang bisa di lihat di youtube, instagram, dan juga facebook. Wanita-wanita yang ahli dalam bidangnya biasanya mebagikan ilmu bermakeup mereka melalui saluran channel yang mereka miliki. Jadi tak perlu kawatir untuk yang ingin belajar bermakeup dengan dana pas-pasan dan waktu yang tak bebas. Bisa gunakan internet untuk belajar.

Guru Bahasa

Sekarang ini menulis bukan hanya sekedar hobi saja, bahkan sekarang sudah merupakan profesi yang layak untuk diperhitungkan. Banyak penulis baru bermunculan, baik penulis buku, blogger, dan wattpad.

Seorang penulis di haruskan mengetahui tulisan yang sesuai dengan PUEBI. Belajar PUEBI tak perlu harus sekolah lagi. Cukup kita sering menulis dan melihat ketentuan PUEBI yang bisa kita dapat dari internet. Dari menggunakan tulisan yang benar dan bahkan sampai ke imbuhan, bisa di pelajari lewat internet. Hanya dengan mengetikkan kata kunci akan keluar beberapa artikel yang memuat tentang tata bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Penyimpanan Data

Cewek identik dengan narsis ria, dimanapun dan kapanpun pasti berfoto-foto. Saking seringnya foto membuat data memori handphone cepat penuh. Karena narsis inilah yang kadang data penting malah tidak tersimpan atau malah tidak bisa di downlod. Rasanya sangat sayang kalo foto yang banyak kenangan indah harus dibuang.

Daripada pusing memilah-milah mana yang harus disimpan dan mana yang harus dibuang. lebih baik mulai sekarang foto-foto yang kita anggap berharga di simpan di dalam google doc. Selain google masih ada aplikasi yang menawarkan penyimpanan data.

Nah jadi, internet itu sangat membantu bagi kita para wanita. Apa lagi kalo masalah pelatihan dan belajar hal-hal baru. Coba deh difikir, berapa banyak uang yang akan kita keluarkan kalo seandainya kita tidak mengenal internet.

Monday, November 20, 2017

Verve Caffe Menawarkan Suasana Nyaman Untuk Para Pekerja Kreatif

November 20, 2017 1
Sudah pernah kah ke Semarang? Kalo sudah apa yang kamu lihat dari kota Semarang?

“Kota para pekerja.”

“Kota kecil yang gak ada apa-apanya.”

“ Kota yang membosankan.”

Kalo jawaban kalian seperti ini berarti kalian datang saat 5 tahun yang lalu. Di mana kota ini memang dulu sangat membosankan. Kota yang memilik jam malam. Malam sedikit saja sudah sepi. Tak ada kehidupan sama sekali. Kota yang lengan.

Tapi kota itu sekarang berubah menjadi kota yang sekarang ini banyak diburu wisatawan untuk berlibur. Tiap tahun selalu ada kenaikan pertumbuhan pembangunan hotel. Bila ada hotel pasti akan ada kenaikan ekonomi masyarakat. Kenaikan ini juga lah yang dirasa pas untuk Verve caffe ada di Semarang.

Di Semarang mulai bermunculan orang kreatif. Bahkan kemunculan merekapun dibarengi dengan nama besar di Indonesia. Banyak penulis, blogger, vlogger, musisi, dan karikatur yang Semarang di lirik oleh orang tinggi.

Hadirnya Verve caffe merupakan angin segar bagi kami yang mempunyai pekerjaan tapi tidak mempunyai ruang nyaman untuk mengolah semua keliaran imajinasi. Seorang yang bekerja dengan kreatif biasanya mudah bosan dengan lingkungan yang monoton.

TEMPAT

Kids zaman now saat ini menyukai tempat-tempat yang bagus untuk foto-foto. Semakin unik tempat yang disajikan akan semakin banyak orang yang berdatangan. Haus akan sesuatu yang baru.

Verve caffe berhasil menggabungkan suasana gemerlap, minimalis, dan juga elegan menjadi satu. Tempat yang sangat nyaman. Bahkan saat keluar di balkonpun akan menemukan pemandangan Lawang Sewu. Kalo ada yang tanya apakah gak takut melihat itu? Aku akan berani bilang TIDAK. Karena pemandangan dari samping yang diperlihatkan Lawang Sewu sangat indah. Aku baru tahu kalo di lihat dari atas ternyata banyak pepohonan hijau yang cantik, bahkan saat malampun pemandangan itu semakin sexy. Ya itu yang dapat aku katakkan.

Mulai dari awal masuk kita akan di suguhi pemandangan sebuah bar yang komplit dengan  menu minuman yang ingin kamu minum. Agak masuk sedikit ada sebuah meja panjang, lengkap dengan lampu-lampu unik yang dipasang menggantung. 5 langkah dari meja panjang ada meja billiard. Penataan untuk meja billiard ini unik, karena ada tali-tali goni yang menutupi setengah ruangan billiard. Fungsinya memang untuk sekat antara tempat billiard dan ruang makan.

Bisa juga kita menikmati live musik di Verve caffe. di malam hari akan ada pertunjukan musik. Cocok untuk ngobrol santai tentang segala hal. Mau melow-melow, mau bikin sesuatu yang baru, atau hanya ingin sendiri menikmati malam dengan musik.

MAKANAN dan MINUMAN 

Tempat asik, harus di imbangi dengan makanan yang asik juga kan. Makanan disini sangat beragam. Makanan yang ditonjolkan lebih pada makan yang kekinian, bukan makanan daerah.

Verve caffe lebih memberikan makanan yang bikin lidah kita merasakan sensasi baru. Makanan yang diolah tidak biasa. Dari jenis makanan sampai dengan bahan yang segar. Bila kita biasa memakan ayam, maka Verve memberikan sensasi baru cara menikmati ayam. Dengan pengolahan dan bumbunya tentunya.

Bagaimana dengan kita para penikmat kopi? Eits...tenang. bukan hanya berbagai menu minuman kekinian kamu juga bisa menikmati kopi disini. Kopi memang lagi primadona dimana-nama saat ini. menikmati kopi dengan melihat pemandangan yang indah. Apa yang akan kamu pikirkan? Yeah, semua ide kreatif akan bermunculan. Jadi Verve caffe sudahkah menjawab kegalauanmu?

Verve Caffe
Jl. Pemuda
Foto-foto dapat dilihat di  Local Guide Agustina D.J
Ig : @agustina_DJ7

Tuesday, October 24, 2017

Rumah Nyaman Bagi Seorang Pekerja Kreatif.

October 24, 2017 9
Arisan ke-14 Archa Bella dan Dian Navi.

Du..du..du..du..jangan berpaling dari artikelku dulu ya. Oke, mungkin tulisan ini memang ada karena arisan link. Tapi percayalah kalo tulisan ini tidak akan kalah dengan berat badan aku yang berbobot banget. 

Hai, perkenal kan aku adalah seorang penulis yang memperlukan bannyak pecutan untuk mengularkan imajinasi, hanya untuk satu baris tulisan saja aku harus ada cemilan yang sesuai lidah aku, kopi yang benar-benar asli, sampai dengan tempat yang nyaman. Nyaman disini bukan yang sangat tenang ya, tapi ada musik dan juga tempat yang bagus. Bisa dibayangkan seberapa uang yang harus aku keluarkan hanya untuk menulis satu baris kata. Boros. Iyap.

Dari itulah aku mempuai rumah impian yang ingin aku wujudkan. Rumah ini bukan hanya untuk tempat tinggal. Tapi, untuk menggali semua ide-ide gila yang harus aku keluarkan dan segera aku esekusi. Jadi rumah macam apa sih yang aku impikan:

Ruang Untuk Merenung

Ruangan yang harus ada adalah ruangan yang dimana isinya disini hanya ada kursi besar dua. Kursi yang berdekatan dengan jendela. Kursi panjang. Ruangan ini harus ada diatas. Ya seperti atap. Jadi saat aku ingin menyendiri aku ada disana, melihat dibawah apa yang orang-orang sedang lakukan dan melihat keatas untuk mengintip awan-awan yang beriringan.

Taman yang Bisa Berfungsi Sebagai Tempat Menulis

Menulis bagi aku tak melulu di ruang tertutup dan sepi. Aku bisa kok menulis dimana saja, asalkan ada leptop digenggamanku. Aku membutuhkan ruang terbuka, dengan banyak warna-warna cantik untuk kebaikan mataku, dan udara segar untuk paru-paru. Yeh..aku membutuhkan taman untuk sekedar membuat otak aku bekerja dengan benar dan degupan jantungku menjadi normal kembali.

Perpustakaan

Kalo ruangan ini pasti sangat wajib bagi kita-kita para penulis. Perpustakaan itu bagaikan harta yang tidak bernilai, ide-ide segar biasanya ada saat aku membaca buku. Banyak buku yang aku baca, semakin banyak ide-ide yang bermunculan.

Aku tidak ingin membuat rumah aku menjadi perpustakan sesungguhnya, tapi paling tidak ada beberapa buku yang harus ada di ruangan itu. Buku-buku yang dimana akan membangkitkan semangat aku kembali. Aku suka buku keuangan, managemen hati, biografi, komi, dan novel. Hahahah....tak sesuai dengan aku yang nampak dipermukaan ya.

Coffee Bar 

Hallo..para pecinta kopi seperti aku. Ini adalah cita-cita aku banget. Punya caffee bar sendiri di rumah. Dengan berbagai kopi daerah yang tertata rapi. Bisa menikmati kopi apapun setiap hari, sesuai dengan apa yang ingin lidah kecap.

Kopi mempunyai arti penting tersendiri untuk menaikan mood menulisku kembali. Setiap aku menghirup aroma kopi ada sesuatu yang mengendalikan otakku agar bisa lebih produktif. Gak ada cemilan asal ada kopi, sudah bikin aku happy.

Seperti itulah rumah impian yang aku inginkan sebagai seorang penulis. Kalo mau jujur-juran rumah aku ini gak akan murah. Tapi, karena aku tahu apa yang aku mau. Harusnya aku juga tahu apa yang harus aku lakukan untuk mewujudkannya. Saat ini aku sedang menulis tentang kumpulan cerpen. Tulisanku ini bukanlah buku pertama aku, tapi aku ingin buku ini menjadi yang pertama untuk mewujudkan impianku.

Terlalu ambisius? Semua orang butuh ambisi untuk mewujudkan impiannya. Kerja... Kerja... Kerja.... Kerja dengan baik. Taruh impian disetiap doa. Dekati sang pencipta. Semoga Tuhan memberkati.

Hobiku Kerjaku

October 24, 2017 1
Arisan ke-13 Arina Mabruroh dan Ika Puspita

Du..du..du..du..jangan berpaling dari artikelku dulu ya. Oke, mungkin tulisan ini memang ada karena arisan link. Tapi percayalah kalo tulisan ini tidak akan kalah dengan berat badan aku yang berbobot banget. 

Bagi kalian yang sering baca blog aku pasti akan tahu kemana ranahnya aku akan menulis blog kali ini. Ranahnya gak akan jauh-jauh dari Menulis dan Memasak. Dua itu adalah hobby aku, yah walaupun hobby memasak baru aku tekuni 7 tahun ini.

Menulis 

Aku suka menulis sejak Sekolah Menengah Atas, tulisan aku sih gak jauh-jauh dari amburadullah ya. asal saja menulis. Tidak mengidahkan tentang tanda baca, kalimat sambung, apa lagi kata serapan. Ya tulisan aku sangat jauh dikatakan benar. Malah sangat berantakan.

Waktu kuliah dulu nilai pelajaran Bahasa Indonesia tidak pernah diatas C. Bayangin ngenes banget kan aku. aku setiap kali ada pelajaran BI selalu saja mengantuk, walau aku suka menulis loh. Sampai pada akhirnya aku sangat tertampar dengan tulisan aku yang gak diterima koran nasional. Bahkan diberi balasan surat cinta yang sangat menghujam jantung.

Sejak aku mendapatkan surat cinta yang bikin patah hati, mulailah aku belajar dengan benar. Tahun 2011 aku dipertemukan dengan grup Ibu Ibu Doyan Nulis (IIDN) walaupun aku belum menikah tapi aku tetap yakin aja masuk dalam grup itu. Dengan semangat 45 aku belajar dari orang-orang hebat disana. Aku sering sekali mengganggu mbak Wuri dan mbak Uniq untuk urusan tulisanku ini. Hahahaha....gak hanya sekali dua kali, tapi sering banget aku mengganggu mereka.

Biasanya aku mengganggu mbak Wuri dan mbak Uniq untuk tanda baca dan menyambung kata antara Di- Ke- ufh, pahal aku mau tanya gimana caranya nyambungin hati aku ke kamu loh. Ups. Tau gak sih, sampai sekarangpun aku masih sering mengganggu mereka >>__<< maafken.

Saat ini aku sedang menulis anak ke-2 ku. Semoga berjalan lancar. Aamiin.

Memasak

 Apa Tina masak? 
Yakin Tina masak? 
Hati-hati loh kalo perut kamu mules. 

Yeh..itulah yang akan dikatakan teman-teman aku 7 tahun yang lalu. Aku bukanlah wanita yang bisa membedakan mana tumbar dan kemiri. Aku hanyalah wanita yang bisanya membedakan mana garam dan gula. Makanan itu enak atau tidak enak. Yes, hanya itulah yang aku tahu dulu.

Tapi sejak negara api menyerang aku menjadi wanita yang bisa diandalkan soal rasa. Sombong bolehkan hahhha. Sejak aku tertarik untuk memasak aku menjadi sangat sering memasak. Mencoba banyak resep lalu mempraktekkannya. Diawal aku memasak pastilah banyak yang gak berhasil. Bahkan aku sering tanya ama ibu ini bumbu apa lalu masaknya bagaimana.

Sampailah dimana aku menjadi wanita yang berani membuka usaha kuliner. Baiklah jangan melongo begitu. Aku membuka usaha juga bukan hanya sekedar membuka loh. Aku harus belajar sana-sini bagaimana agar tidak sama dan ada ciri khasnya.

1 tahun 6 bulan kira-kira usaha aku mulai ada titik terang. Mulai ada pelanggan tetap yang datang untuk pesan produkku. Tidak secepat orang-orang yang bilang bisnis itu gampang. Justru aku merasakan bagaimana rasanya memulai usaha yang bener-bener dari bawah banget. Merasakan penolakan yang tak hanya sekali dua kali. Tapi penolakan itu justru aku buat sebagai lecutan aku agar tidak malas.

Kalo boleh jujur sih ya, banyak orang yang bialang kalo aku terlalu berambisi.

Tapi ambisiku ini apakah merugikan kalian?
Apakah ambisiku menikam kalian?
Apakah ambisiku menjegal rezeky kalian?
Kalo jawabannya tidak coba cek kembali hati kalian.
Ayo semangat \(^0^)/ tak ada yang sia-sia di dunia selama kita tetap percaya dan berjalan pada jalurnya.

Tuesday, October 10, 2017

Lactacyd Baby Membuat Kulit Anak Tidak Iritasi.

October 10, 2017 1

Paling suka saat melihat anak yang bersih, bersih membuat anak tenang dan tidak rewel. Bila anak merasa nyaman adalah hal lain yang membuat kita merasa tenang. Rasa lelah setelah bekerja dan melakukan kegiatan diluar langsung lebur saat itu juga.

Biasanya rasa tak nyaman bayi karena kulit yang memerah dan berkeringat berlebih. Bila itu terjadi bau badan bayi bukannya segar tapi malah gak enak. Bau bayi itu sangat khas. Bau yang di keluarkan biasanya seperti doping. Ngangenin.

Aku senang kalo lagi main kerumah teman, dia punya anak yang sangat lucu. Gendut dan ipel-ipel gitu. Ih...gemes gitu. Anak ini jarang sekali rewel. Sudah dicium sama tantenyapun bau badannya masih saja segar. Badannyapun tidak ada warna ruam merah. Saat aku tanya apa sih rahasianya. Ceile pakai rahasia hehehe....ternyata menggunakan Lactacyd Baby.

Lactacyd baby merupakan salah satu brand internasional yang sudah terpercaya untuk menjaga kulit bayi dari iritasi ringan. Dengan kandungan alami dari ekstrak susu, serta formulasi dengan ph yang sesuai dengan kebutuhan kulit bayi.

Lactacyd baby telah teruji secara dermatologi dan dapat digunakan setiap hari. Gunakan 3-4 tetes di dalam air untuk mandi bayi. kalo ingin digunakan untuk keramas, gunakan saja seperti biasanya.
Penggunaan Lactacyd baby setiap hari itu sangat aman karena komposisinya. Bahan yang aman itu biasanya:
Foto Arina

  1. -        Tidak memiliki banyak busa, bila banyak busa berarti produk itu memiliki kandungan detergen.
  2. -         Tidak seharum sabun mandi bayi. Terlalu harum malah banyak kandungan pengharum kimiawi, yang tidak mengandun fragrance oil.
  3. -          Memiliki kandungan air 90%
  4. -          Adanya kandungan TEA-Lauryl sulfate and ammonium lauryl sulfate yang berfungsi untuk membersihkan kuman.
  5. -          Hydrogenated peanut oil kandungan minyak alami untuk melembabkan kulit bayi.
  6. -          Natural pengharum bau sedap pada kulit bayi.
  7. -          Ethyleneglycol stearate untuk ski conditioning sehingga membuat kulit bayi menjadi lebih lembut.


Karena bahanya yang bagus, kini teman aku selalu pakai buat anak dia. Sudah merasakan manfaatnya, dia tak mau beralih hati.untuk menjaga bayi itu nyaman:

  1. -          Mandikan anak dengan menggunakan air suam-suam kuku.
  2. -          Gunakan sampo yang tidak terlalu banyak agar kulit bayi tidak terjadi ruam juga.
  3. -          Mandi jangan terlalu lama, kulit bayi akan menjadi kering.
  4. -          Gunakan handuk yang lembut.

Dari penjelasan diatas, aku yang belum punya anak saja merasa kalo produk ini aman untuk bayi. tidak membuat kulit bayi rusak. Tahu sendirikan kulit bayi itu sangat sensitif. Beda dengan kulit orang dewasa yang sudah kayak badak. Eh..kok badak...em kulit yang udah terbiasa dengan banyak produk. Kalo untuk bayi yang kulitnya sensitif, hanya produk tertentu saja yang bisa digunakan.

Gimana masih saja ragu?

#BabySkinExpert

#LactacydBaby

Sunday, October 8, 2017

Genpi Jateng Memberikan Kesempatan Petualangan Baru.

October 08, 2017 4
Rasanya ini akan jadi sebuah curhatan yang panjang karena satu kalimat “Yang pertama” dari mbak Marita dan mbak Dini.

Bagi kalian yang ada didunia sosial media pasti tidak asing dengan Generasi Pesona Indonesia (Genpi). Genpi sendiri sudah ada di seluruh Indonesia bahkan sudah ada di luar negri. Walaupun hanya baru 1 negara saja. Nah aku masuk dalam Genpi Jateng.

Genpi Jawa Tengah (Jateng) dibentuk pada 13 Maret 2017, usianya yang belum genap 8 bulan ini sudah memberikanku banyak sekali kesempatan-kesempatan baru yang tidak pernah aku impikan sebagai wanita yang sangat biasa-biasa saja. Seperti organisasi pada umumnya, akan ada seleksi alam. Ada yang pergi dan ada yang datang. Tinggal dimana kita menempatkan rasa itu.

“Apa di Genpi Jateng kamu dapat uang?” banyak sekali orang bertanya akan hal ini padaku. Buat aku pribadi saat ini lebih membutuhkan hal dari sekedar uang yang tidak seberapa dari sebuah organisasi. Aku percaya kok apapun yang kita lakukan dengan rasa ikhlas akan kembali lagi pada diri kita. Sekali lagi, semua orang punya rasa nyaman dan prioritasnya sendiri-sendiri.

Petualangan baru dari Genpi Jateng:

Piknik bukan sekedar piknik.

Bagi aku yang hanyalah blogger apalah ini bisa menikmati piknik yang menyenangkan tanpa pusing dengan biaya hanyalah sebuah angan-angan. Tapi, saat aku masuk di Genpi Jateng bisa mewujudkan angan-anganku itu menjadi kenyataan.

Magelang.

Awal aku jalan-jalan dengan Genpi Jateng adalah di kota magelang. Kota seribu bunga yang sngat nyaman. Kota ini sangat tenang bagi aku yang selalu berteman dengan kemacetan kota dan juga debu yang tidak pernah bisa bersahabat dengan kulit wajah aku. jadi saat aku disana itu rasanya tenang sekali.

Kota magelang punya banyak tempat wisata yang sayang bila tidak kita kunjungi. Terutama Borobudur. Tahu gak sih, aku itu belum pernah ke Borobudur loh...silahkan tertawa. Baru bulan Juli kemarin aku bisa melihat Borobudur dengan mata kepala sendiri. Hik hik aku terharu.

Solo.

Kota Solo merupakan kota sejarah yang patut kita kunjungi. Kota ini merupakan sentra batik dan juga kebudayaannya. ini kota ke-2 yang aku kunjungi setelah bergabung di Genpi Jateng. Saat aku mengunjungi kota ini, kota ini sedang ada acara Sepayung. Festival yang menyajikan tentang pembuatan payung-payung cantik dari berbagai bahan.

Selain acara Sepayung aku juga berkesempatan untuk mengunjungi musium Danar Hadi Solo. Tahu gak sih kalo kita masuk itu harusnya gak boleh foto-foto tapi karena kita ini khusus jadinya kita bisa mengabadikan kain batik yang cantik ke dalam lensa kamera.

Pekalongan.

Hay..hay...setelah dari Solo aku berkesempatan untuk datang ke Pekalongan. Kota ini juga menyimpan banyak sekali cerita tentang kain batik. Kain batik Pekalongan banyak sekali jenisnya, bahkan kain ini sudah sangat terkenal di Semarang. Siapa sih yang gak mengenal kain batik ini.
Di Pekalongan ada desa yang bernama Sumbawan, Sumbawan merupakan daerah yang unik. Untuk bisa ke tempat itu kita harus menyebrang menggunakan perahu. Jangan mikir nyebrangnya jauh ya. Deket banget kok hahaha...pas aku datang disana aku disambut dengan tarian daerah dan juga diberikan selempang kain. Ini juga merupakan pengalaman pertama aku.

Pertemanan.

Untuk pertemanan aku bisa mendapatkan orang-orang yang  diluar dari hoby. Seperti pengusaha, politikus, dan juga pemerintah. Disini pertemanan aku menjadi sangat luas. Dengan orang-orang baru yang mempunyai pengetahuan dan wawasan di luar dari apa yang selama ini aku ketahui.

Hal-hal yang seperti ini lah yang selama ini aku dapatkan dari Genpi Jateng. Bukan semuanya melulu tentang uang. Karena aku yakin uang akan mengikuti disaat kita bersungguh-sungguh untuk melakukan sesuatu.

Wednesday, September 27, 2017

Menggunakan Microsoft Word Untuk Memudahkan Kinerja Blogger

September 27, 2017 4
Tulisan ini ada karena setitik ide dari Mbak Rahma dan mbak Nyi.

Namanya blogger pastinya tidak asing dengan dunia tulis menulis, baik menulis berbayar maupun menulis karena kita ingin menulisnya. Bagi aku pribadi yang suka sekali dapat ide pas di jalan, caffe, ataupun di tempat ramai sekalipun. Gak memungkinkan juga harus menulis langsung ke blog.

Aku termasuk orang yang gak suka menulis untuk blog di aplikasi yang disediakan smartphone. Rasanya itu gak enak, gak bisa mengutak atik apa yang kita mau. Seperti foto, ukuran font tulisan, sampai ke penataan paragraf. Biasanya sebelum artikel masuk ke dalam blog aku selalu menuliskannya dulu di microsoft word dan buku. Tapi, biasanya aku menulis di microsoft word.

Manfaat menggunakan Microsoft Word untuk menulis blog:

Tidak boros data

Bila menulis melalu Microsoft Word kita tidak perlu takut kuota kita tersedot karena menulis yang lama. Sebagai penulis kita tidak bisa menghindari dari tiba-tiba imajinasi kita terbang bersama angin. Alias semuanya hilang. Lamanya kita menulis juga bisa berefek pada data yang kita pakai.

Artikel Tidak Hilang Saat Leptop Mati.

Aku dulu sering mengalami udah nulis panjang dan lebar, tiba-tiba tulisan kita langsung hilang. Tanya sana-sini kenapa kok jadinya tulisan hilang tiba-tiba. Semakin banyak tanya orang, jawabanpun beda-beda. Setelah mengalami beberapa kali baru deh nemu kalo jaringan kita tiba-tiba hilang, maka tulisan kita juga jadi hilang. Mau gak mau setiap kita menulis harus di save sedikit-sedikit.

Menyusun Foto.

Selain tulis menulis foto adalah salah satu hal yang wajib harus ada dalam artikel. Kalo kita memasang foto dari aplikasi smartphone yang terjadi adalah foto kita berantakan susunannya. Bener apa bener? Aplikasi yang aku gunakan untuk mempercantik hasil foto aku adalah:


  1. Snapseed 

Aplikasi snapseed sangat membantu aku bila hasil warna foto aku tidak memuaskan. Selain untuk masalah warna snapseed juga juara kalo untuk menempelkan kalimat di foto. Gak perlulah kita susah-susah buat mengotak-atik corel. Kebanyakan blogger juga bukanlah orang desain yang pastinya kalo harus direbetkan lagi dengan aplikasi secanggih corel nantinya malah tidak selesai-selai artikelk kita. Foto memang penting tapi palingf penting itu isi dari artikel kita kan.

       2.PhotoGrid 

Selain menggunakan snapseed aku juga menggunakan photogrid sebagai pemoles foto agar terlihat cantik. Gunanya photogrid ini beda dengan snapseed. Snapseed lebih pada pembuatan foto yang biasa kita lihat di sekat-sekat.

Menyusun Paragraf. 

Menggunakan aplikasi yang ada di smartphone biasanya juga tidak bisa membuat rapi tulisan kita. Dari paragraf yang ada tidak sesuai apa yang dinginkan. Karena aku memang lebih nyaman menggunakan leptop untuk urusan kerja. Dulu sebelum aku punya leptop aku selalu harus merapikannya kembali di warnet. Sudah pastinya tulisan yang amburadul dan juga letak foto yang tidak sesuai.

Jadi....itulah alasan kenapa aku lebih suka menulis di microsoft word dulu baru deh dipindah ke blog. Udah ngirit kuota kita juga bisa mempercantik tulisan saat dibaca pembaca. Gak maukan tulisan kita jadi amburadul dan pembaca jadi malas untuk kembali ke web kita. Tadi aku juga nyinggung soal buku di awal. Buku ini gunanya untuk menulis apa yang sekelebat terngiang di kepala. Kalo gak langsung ditulis aku pasti akan lupa, ya dasarnya aku ini pelupa sih ya hehehe...siapa tahu kalo dari ide-ide yang sekelebat suatu saat akan menjadi mahakarya. Yuk ah, mulai menulis.

Wednesday, September 20, 2017

Karoke Asik Di POP.

September 20, 2017 2
Ada yang jenuh gak sih kayak aku. kerja yang full membutuhkan imajinasi dan juga ketelitian dalam mengambil keputusan. Sebenarnya sih kerja aku bukan yang ikut orang dan harus di kejar-kejar gitu. Kerja aku lebih pada tangggung jawab ke diri sendiri.


Sebagai seorang yang baru merinintis karir di dunia bisnis pastinya banyak sekali penyesuaian yang harus aku lakukan. Contoh kecil dalam jam kerja. Kalo dulu jam kerja itu monoton dari jam sekian ke jam sekian. Tapi, kalo sekarang bisa hampir 20 jam aku abdikan untuk bekerja. Kalo orang bilang bekerja sendiri itu enak, ya harus sukses dulu.

Jadi dengan jam kerja aku yang gila-gila ini gak mungkin ambil waktu beberapa hari untuk berlibur di luar kota. Kalo pun mau berlibur di dalam kota, inginnya yang bisa mencurahkan hati gitu. Emmm ya menggalau gitu deh. Kalo bisa sambil teriak-teriak biar plong hahahaha.

Liburan aku kali ini aku jatuhkan ke family karoke. Namanya POP, tempat ini gak begitu besar sih kalo dilihat dari luar. Tapi saat masuk kedalam, huih ruangannya luas dan tenang. Di tempat ini ada 3 lantai. Saat mau naik atau turun dari satu lantai kelantai lain, kita para pelanggan di manjakan dengan adanya lift. Ruangan dari karoke POP ini bertema minimalis elegan. Bisa dilihat dari dinding yang ada ukiran kaca dan warna pastel pada cat dinding.

Di tempat ini aku mengambil ruangan yang bisa menapung sampai 10 orang. Pas masuk ke ruangannya aku sempat terkejut. Karena, ruangan ini besar juga ternyata. Di dalam ruangan ada 2 layar LCD berukuran besar dan ada kamar mandi dalam. Jadi kalo mau buang air kecil gak perlu keluar masuk ruangan. Lagu-lagu yang ditawarkan juga komplit kok. Terbukti dari tembang lawas sampai lagu terbaru semuanya ada. Musik disini juga gak berhenti-berhenti dan tempo juga pas. Biasanyakan ada kalo lagu gak sesuai tempo dan juga kadang macet-macet. Ingin happy malah kzl kan.

Jadi liburan yang singkatku kali ini aku habiskan untuk bernyanyi bersama teman-teman. Hahaha puas-puaskan berteriak mengeluarkan isi hati dengan sebuah lagu. Yuk libur yuk.


alamat: Jl Diponegoro no. 8. Siranda Semarang

Tuesday, September 19, 2017

Blogger Sebagai Media Penyebar Berita Baik.

September 19, 2017 3
Hari sabtu kemari aku dan teman-teman blogger Semarang menghadiri acara Ngobrol bareng MPR RI. 4 pilar menjadi bahan obrolan pagi itu, yang masuk dalam 4 pilar adalah:

4 Pilar Kebangsaan:


  1. Pancasila 
  2. Undang-undang dasar 1945 
  3. Bhineka Tunggal Ika 
  4. Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) 


Dari pembahasan 4 pilar yang di isi oleh narasumber yang paling aku suka adalah pembahasan Pancasila yang di paparkan oleh bapak Ma’aruf Cahyono, SH, MH. Dalam Pancasila kita di bebaskan untuk berpendapat. Tapi saat ini kebebasan itu sangat kebablasan. Beliau mengatakan bahwa blogger saat ini bisa menjadi pembawa berita paling efisien.

Kenapa kok blogger?

Karena saat ini media yang sedang bertumbuh sangat pesat adalah dunia maya. Hal ini diperkuat oleh pernyataan bapak Bambang Sadono selaku Ketua Badan Penkajian MPR yang merupakan pencetus pertama berita online di surat kabar Suara Merdeka.
Foto Kuspriyatna

Banyaknya berita yang bertebaran di sosial media membuat orang-orang yang malas mencari kebenaran isi berita langsung saja share. Tanpa peduli dampak yang akan di buatnya nanti. Bila banyak orang yang hanya menelan mentah-mentah berita yang beredar maka yang terjadi adalah perpecahan, saling menghujat, dan bahkan ada yang SARA. Satu berita beribu-ribu share akan sangat berdampak negatif.

 Apakah pada lupa apa itu isi dari Pancasila? Aku akan menuliskan isi Panca sila disini, walaupun aku baca Pancasila terakhirkalinya pas upacara bendera 10 tahun yang lalu mungki.

PANCASILA


  1. Ketuhanan yang Maha Esa. 
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab. 
  3. Persatuan Indonesia. 
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan. 
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 


Dari isi Pancasila saja kita sudah tahu kalo Indonesia ini adalah negeri yang damai. Tanpa membeda-bedakan dari mana kita berasal, apa warna kulit kita. Karena, kita Indonesia.
Foto Mauren

Nah disinilah gunanya blogger. Untuk meluruskan berita HOAX yang banyak bermunculan dan mudah diserap oleh pikiran. Orang-orang yang mudah terkena isu hoax biasanya adalah orang-orang yang sudah tidak menyukai satu hal. Jadi biasanya bila orang yang menerima berita ini sudah tidak suka dengan si A maka bila muncul isu hoax tentang si A. Orang ini langsung percaya dan menyebarkannya,atau malah orang ini akan menambah bumbu tentang isu berita tersebut.

Blog sebagai sumber pertama yang dicari bagi orang-orang yang tidak langsung percaya dengan berita yang beredar luas di beranda facebook dan twitter. Dengan adanya isi blog yang positif akan meredam banyaknya isu miriring diluaran. Orang yang sudah mencari kebenaran biasanya akan share berita itu ke media sosial pula.

Pastinya akan ada pro dan kontra dengan dua berita yang berbeda. Tapi, bila para blogger disini bisa menyampaikan berita baik minimal satu saja, lalu di sebar kembali ke semua sosial media. Pasti efeknya akan lebih baik.

Kenapa harus terpecah karena isu-isu miring, kalo kita bisa membuat berita lebih baik dan melakukan kebaikan bagi Indonesia tercinta ini. Saling merangkul satu dengan yang lainnya. Salin menguatkan dan membantu dengan sesama. Tak usalah jadi pahlawan super yang ingin menyelamatkan dunia. Cukup dengan perhatikan keluarga dan orang-orang di sekitar kita yang membutuhkan uluran tangan kita.

Tepo seliro kalo kata orang jawa, kalo bahasa Indonesia artinya saling membantu. Mau di Pancasila ataupun di kebiasaan masyarakat kita, saling membantu sudah mendarah daging sejak dahulu. Kenapa saling menyakiti kalo berangkulan itu lebih indah.

Sunday, September 10, 2017

Kriteria Film Favorit

September 10, 2017 1
Film favorit...

hem... Hemm... Hem...

Jadi film favorit aku apa ya mbak Sri Untari dan Ira Sulistiana?

Tak..

Oke, cukup kalian jitak aku keroyokan. Aku akhir-akhir ini lagi suka dengan film Korea, Jepang, Indonesia, Thailan, Amerika, dan India. Intinya aku suka semua film. Emm...Buat aku sih selama film itu asik aku akan suka. Terus film yang asik itu bagaimana?

Di awal memikat.

Banyak film yang yang di awal itu bikin kita bilang “Halah.” Nah kalo udah seperti itu artinya kita ini mengalami kebosanan sebelum melihat kelanjutannya. Tapi, kalo kita pas pertama kali melihat film mata kita tetap fokus itu indikasi film itu memikat di awal. Kalo sudah memikat ya udah kita lanjutkan menonton, walaupun kadang di akhir film ada yang menggantung ceritanya.

Penuh dengan kata-kata yang buat aku belajar.

Yang aku maksud disini bukan film sejarah loh ya. Banyak kan film India yang malah mengajarkan kita tentang kemanusiaan. Film Jepang yang mengajarkan kita arti tentang pertemanan dan kedisiplinan. Film Korea yang mengajarkan kita tentang cinta. Film Thailan dengan kebudayaannya. 

Film yang mengangkat tentang kesetiaan

Aku paling suka film yang bertemakan kesetian. Kenapa kok kesetiaan? Karena aku sering sekali dikecewakan. Halah malah curhat. Hahaha ya gitulah aku memang suka film yang seperti ini. Film ini bukan bercerita menyek-menyek lebai loh. Tapi, film ini memang mengajarkan akan pentingnya menjaga sebuah amanah yang ada.

Film action

Yang ada perang-perangannya aku suka. Menegangkan gitu. Apa lagi kalo film Jepang. Entah kalo aku melihat para pemainnya itu sangat pas dengan mereka yang bengis dan nakal. Hahahhaha.....kalo pemainnya orang Korea kok ya aku ngerasa gak pas gitu. Wajah mereka terlalu cantik.

Anim

Anim ini adalah kategori semua genre. Buat aku pribadi kalo film anim tidak ada yang bosenin. Walaupun aku sudah segede ini tapi aku masih suka baca komik juga loh. Yah jadi mau gimana lagi. Anim disini bukan cuma dari Jepang saja. Semua anim di negara manapun aku suka. Aku penikmat film kartun hahahha.

Itulah kategori film yang menurut aku sangat asik. Asik disetiap orang itu beda-beda. Mungkin aku bilang ini filmnya bagus loh, bisa jadi orang lain tidak sependapat dengan aku. Sering sih hal itu terjadi. Walau selera film kita beda, kita tetap penyuka film kok.

Akhir-akhir ini film Indonesia juga sedang bergeliat kan. Ada film seperti menceritakan perjalanan, persahabatan, dan bahkan ada yang terang-terangan sedang mempromosikan Indonesia lewat film. Kalo kemarin yang di promosikan itu adalaj kota Jogja, kapan ya kota Semarang juga akan di promosikan dengan cantiknya melalui film.

Memperlihatkan kota lama yang selama ini di bilang kumuh sekarang sangat cantik, ada juga Lawang Sewu yang memikat bukan bikin merinding disco, ada juga Kampung Pelangi, Masjid Agung Semarang, dan banyak lagi hal yang menarik di Semarang.

Kalo insan perfilman Semarang bersatu lalu membuat cerita tentang perjalanan Semarang, aku yakin kok teman-teman sosial media akan banyak yan g bantu. Mengangkatnya lewat tulisan blog, twitter, instragram, dan youtube. Dari film bisa menaikan nama daerah kenapa tidak. Bersama-sama melakukan yang baik di dunia digital lebih baik dari pada saling serang dan akhirnya menimbulkan perpecahan.

Tips Liburan yang Berkesan Tanpa Takut Kantong Jebol.

September 10, 2017 2
Akhirn – akhir ini banyak berseliweran kata “Kamu kurang piknik.” Bukan hanya berseliweran tapi juga banyak orang yang mengatakkan itu. Padahal kalo kita piknik pasti akan mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Sering kalinya uang tabungan yang harusnya buat hal lain juga ikut kena imbasnya saat kita piknik. Nah pas banget nih mbak Muna dan mbak Wuri sedang membahas tentang Liburan Paling Berkesan.

Gimana sih caranya biar liburan yang berkesan tanpa ada imbasnya ke pengeluaran yang tidak penting. Pengeluaran tidak penting ini biasanya karena kita kalap dengan semua yang ada di depan mata. Barang-barang yang biasanya tidak pernah kita lihat akan terlihat sangat cantik saat itu juga tapi setelahnya eh barang itu kok gak bernilai ya.hemm...

Tips Liburan yang berkesan tanpa Takut Kantong Jebol:

Tentukan lokasi yang akan di kunjungi. 

Bagi kalian yang mau pergi ke suatu daerah ataupun ke negara lain tanpa ikut turwisata, pastikan saat kalian sebelum sampai tujuan sudah tahu kemana saja objek wisata yang akan di kunjungi. Gunanya survei di google ataupun tanya teman adalah agar tidak bingung sesampainya di lokasai yang akhirnya tidak akan menambah beban biaya tanpa kita inginkan.

Sistem transportasi. 

Cari tahu juga transport tasi apa yang biasa dipakai penduduk lokal. Biasanya transportasi apa yang amna di gunakan di daerah itu. Untuk menuju lokasi adakah transportasinya atau malah kita susah menuju ke lokasi karena tidak ada transportasi. Biaya yang akan dikeluarkan. Kalo sudah menentukan tujuan dan transportasi, sekarang waktunya untuk menghitung berapa uang yang akan kita keluarkan saat berlibur. Hitung dengan seksama uang yang kita butuhkan disana. Jangan lupa siapkan juga uang cadangan bila kita mau ke toilet umum dan berjaga-jaga kalo ada pengamen dan pengemis.

Bawa baju dalaman yang banyak dan sepatu atau sandal cadangan. 

Kenapa kok bawa baju dalaman yang banyak? Kita tidak tahu kondisi cuaca disana. Baju luar bisa kita angin-anginkan dan nantinya akan kering sendiri, kalo pakaian dalam kan gak mungkin hanya di angin-anginkan. Begitu pula dengan membawa alas kaki. Kita gak maukan mengeluarkan uang lagi karena alas kaki yang tiba-tiba rusak di jalan. Apa lagi biasanya harga alas kaki di tempat wisata itu lebih mahal dari pada harga aslinya. Hal-hal kecil ini harus di pikirkan, biasanya pengeluaran tak terduga malah membengkak.

Tidak terima minta oleh-oleh. 

Nah, sering kali pengeluaran kita membengkak itu justru karena ada yang minta oleh-oleh pada kita. Biar kita tidak dimintai oleh-oleh, updet foto perjalanan kita di sosial media pada saat sudah selesai berlibur. Jadi, kalo ada yang minta oleh-oleh bisa jawab “Ini foto lama kok.” Aman deh.

Cari teman jalan yang satu pemikiran. 

Kalo kita jalan bareng teman yang dinginkan itu kita bisa bersenang-senang dan membuang semua pikiran tentang penatnya hari-hari yang udah di lalui. Itu yang kita inginkan. Tapi, kalo kita salah memilih teman untuk menghabiskan liburan yang ada kita malah merasa lelah dan makin depresi. Sebelum memulai liburan coba deh ngobrol dulu dengan teman kita ini. Apakah pemikirannya sudah satu jalan ama kita atau malah bersebrangan.

Yup...itu tadi tips dari aku yang jarang liburan ini. Butuh banget liburan 1 bulan di pulau orang. Merenung tentang arti hidup ini. Halah, hahahha...yuk piknik yuk.

Friday, September 8, 2017

3 Penulis yang Menjadi Inspirasi.

September 08, 2017 3
“Penulis favorit” mbak Irfa Hudaya dan mbak Dani Ristya memberikan teman ini. Teman ini cocok dengan aku yang ingin menuliskan nama-nama penulis yang aku sukai dari jaman bahula sampai sekarang belum tercoret satu katapun di blog.

Di belahan dunia ini banyak sekali penulis hebat yang bertebaran. Tidak sedikit orang Indonesia lebih suka penulis luar dari pada dalam. Aku pun salah satu dari mereka kok, yang menyukai penulis-penulis luar. Tapi, sebagai ispirasi aku lebih suka penulis Indonesia.

Ada tiga penulis Indonesia yang aku sukai, bukan hanya aku sukai malah. Aku lebih ke kagum ke pada mereka. Setiap tulisan yang mereka torehkan berhasil membuat aku terlena dalan tiap kata. Bisa membuat aku menangis, tertawa kepingkal-pingkal, dan tercengang di buatnya.

Tulisan mereka serasa memiliki kekuatan magis yang sangat sayang untuk dilewati. Setiap karya mereka selalu aku nantikan. Aku punya semua karya penulis ini loh. Sampai-sampai aku selalu kepoin akun sosial media mereka kwkwkwkwkwkw

Ketiga penulis itu adalah Wiwien Wintarto, Astrid Zeng, dan Karla M Nashar.penulis-penulis ini lah yang mengispirasi aku dalam setiap karyaku. Bukan mencontek gaya mereka dalam menulis. Tapi lebih mempelajari alur cerita dari mereka. Semua penulis pasti punya panutankan, tak terkecuali aku. Yuk..ah bahas satu-satu penulis ini...cusss...

Wiwien Wintarto

Seorang laki-laki kelahiran Semarang yang sekarang ini bertempat tinggal di Magelang. Dia selalu mengocehkan apapun di dalam akun sosial media twitter dan facebook. Tweetnya selalu bisa bikin aku ketawa dan kadang merasa goblok. Tunggu..tunggu...tweet dia gak pernah menggurui loh, malah seringnya bercanda.

Candaan yang bikin aku bilang “Asem” hahaha.... Aku jatuh cinta pada tulisannya untuk pertama kali saat membaca buku “Say No To Love” sejak itu aku mencari buku dia yang lain. Bukan merasa bosan dengan tulisannya aku malah merasakan candu untuk terus membacanya.

Tulisan dia ringan dan banyak diselipi oleh adegan-adegan lucu. Itulah yang selalu aku rasakan saat membaca bukunya. Sampai akhirnya tahun 2014 dia menulis buku “The Supper Club” di situ aku merasa sangat mual. Bukan berarti buku dia gak bagus loh. Bukunya anjay banget.

Dalam buku mas Wiwien kali ini menuliskan cerita yang aku sendiri terkecoh dengan akhir ceritanya. Tak bisa ditebak. Kanibalisme yang dibalut cantik dengan kehidupan metropolitan. Kalian harus baca aja deh. Buku ini berhasil membuat orang tidak berani makan steak untuk beberapa waktu.

Mas Wiwien adalah guru aku dalam menulis. Aku sudah beberapa kali ketemu dan bertukar pikiran dengan dia. Orangnya ramah, gak pelit ilmu juga. Selalu menyenangkan saat berbicara dengannya.

Astrid Zeng

Penulis wanita yang sekarang ini tinggal di kota Surabaya ini berhasil mencuri perhatianku saat aku pertama kali membaca “Sleepaholic Jatuh Cinta”. Dari Sleepaholic akhinya aku mencari buku yang lainnya, eh ternyata buku ini saling menyambung sampai 5 seri.

Karena aku menikmati tulisannya, akupun punya semua bukunya. Termasuk buku terbarunya “Wedding Crasher.” Astrid selalu mempunyai ciri menulis dengan nakal, menggelitik, dan bikin baper. Tulisannya selalu membuat aku membayangkan aku ingin punya pasangan seperti tokoh yang dia tulis. Padahal setiap tokoh laki-laki yang dia buat tidaklah sesempurna hayalan. Tapi, aku mau satu kalo memang ada di dunia nyata kwkwkwkwk

Aku suka banget kepoin sosial media Astrid. Banyak foto-foto yang aku sukai dari cewek bermata sipit seperti aku ini. Upsss bukan SARA yes. Hanya mau mengakui ras aja.

Karla M Nashar.

Tak banyak yang aku tahu dari penulis ini.Bahkan aku cari akun sosial media dia tidak ada yang aktif. Sekepo itu ya aku. Ya aku kepo pada semua penulis yang aku sukai. Kembali ke karya Karla. Karya dia yang paling aku suka “Ti Amo, Tia Amoria” buku ini berhasil membuat rasa boringku hilang dalam sekejap.

Sampai sekarang aku masih membaca buku itu. Buku yang menceritakan tentang ruetnya rumah tangga tertulis sangat mengagumkan. Cerita yang bukan menyek-menyek seperti di sinetron ataupun cerita tentang dua manusia berlainan jenis penuh nafsu. Buku ini menuliskan tentang bagaimana cinta bisa bertahan melewati waktu dan rindu.

Itulah tiga penulis panutanku. Kalo kalian membaca karyaku dan menemukan gaya tulisan yang hampir sama seperti mereka, mohon dimaklumi karena aku juga sedang mencari gaya penulisanku sendiri. Aku mencari dimana letak ini loh aku.