Friday, June 30, 2017

Penyebab Anyang-Anyangan dan Cara Mengatasinya Dengan Uri-cran.

Dengan hidup yang serba cepat sekarang ini, membuat cara hidup kita asal. Dari makan yang pedas, berminyak, dan santan . Belum lagi cara memilih minuman serba dingin. Sedikit minum air putih dan lebih banyak minum kafein. Terlalu dimanjakan dengan kemudahan teknologi menjadikan kita malas bergerak.

Pola hidup seperti ini lah yang akhirnya membuat penyakit anyang-anyangan menyerang 50% wanita Indonesia. Apa itu anyang-anyangan? Anyang-anyangan merupakan infeksi saluran kemih yang bisa kambuh lagi kapan saja.

Penyebab anyangan-anyangan


  • Kuman. 

Biasanya wanita terkena anyang-anyangan karena kuman yang masuk saat kita tidak membersihkan area miss V dengan benar. Maka dari itu saat kita buang air kecil pastikan untuk membersihkan daerah miss V dengan benar. Jangan sampai lembab.

  • Chlamydia. 


Bakteri chlamydia adalah salah satu virus penyebab anyang-anyangan pada wanita. Bakteri ini ada di miss V wanita apa lagi saat keputihan. Keputihan akan menyebabkan bakteri ini gampang sekali masuk.


  • Penyakit Diabetes. 


Anyang-anyangan akan sering terjadi pada orang yang mempunyai penyakit diabetes. Air seni yang keluar pada penderita diabetes biasanya sedikit-sedikit.


  • Dehidrasi. 


Dehidrasi merupakan suatu kondisi seseorang yang memproduksi air seni dalam jumlah sedikit. Semakin membiarkan tubuh mengalami dehidrasi maka produksi urinpun semakin sedikit yang akan mengakibatkan sakit buang air kecil.


  • Minum air panas dan dingin berbarengan. 


Biasanya kita meminum air panas dan dingin bersamaan, dimana saat itu kita makan yang berkuah panas lalu meminum air es. Padahal itulah penyebab anyang-anyangan.

Sudah tahu akan penyebab anyang-anyangan kan? Biasanya penyebab sakit saat buang air kecil itu karena infeksi di area kemaluan yang adanya bakteri yang masuk. Ini yang membuat rasa sakit saat buang air kecil bahkan sampai mengeluarkan darah.

Bagaimana cara mengatasi susah buang air kecil?


  • Minum banyak air putih.


Banyak meminum air putih akan mengilangkan dehidrasi dalam tubuh. Bukan hanya menjauhkan dari anyang-anyangan tapi juga dapat menghilangkan racun yang ada dalam tubuh.


  • Minum jeruk nipis dan gula. 


Membuatnya seperti pada biasanya, peras jeruk nipis dan beri gula, aduk rata pada air hangat suam-suam kuku. Ini juga dapat menghilangkan racun dalam tubuh.


  • Minum Uri-Cran. 


Kandungan dalam Uri-cran ada buah cranberry. Khasiat dari cranberry untuk mengatasi anyang-anyangan sudah diketahui sejak lama. Kandungan cranberry dapat mencegah menempelnya bakteri e-colli pada dinding saluran kemih. Hal ini karena buah cranberry memiliki kandungan antioksidan yang disebut proanthocyanidins, dan dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi.

Selain itu antioksidan ini juga dikenal memiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi. Kandungan flavonoid antonsianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin yang terdapat pada buah cranberry terbukti ampuh melawan kanker secara in vitro, namun susah diserap pada tubuh dan cepat dieliminasi dalam darah.

Yuk..mulai hidup sehat dengan Uri-cran.

Sumber:

http://anyanganyangan.com/penyebab-anyang-anyangan-pada-wanita/
http://www.rubrikita.com/2014/10/cara-mengatasi-anyang-ayangan.html
http://uricran.co.id/cranberry-story/

Thursday, June 22, 2017

Memilih Baju Sepuasnya Dalam Satu Genggaman.

Hua...gak terasa Lebaran hanya tinggal menghitung hari saja. Rasanya padahal baru kemarin masuk bulan Ramadhan eh sekarang tahu-tahu sudah mau Lebaran. Suasana mudikpun sudah sangat terasa. Apa lagi untuk kota Semarang yang merupakan jalur pantura, jalur yang biasanya di lalui untuk menuju daerah tujuan.


Bisa bayangin kan banyak plat luar kota masuk ke Semarang. Contohnya saja Jakarta, Bandung, Surabaya, dan banyak lagi orang dari daerah lain yang masuk ke Semarang hanya untuk menuju daerah tujuan mereka. Jadi Semarang yang sudah macet akan semakin macet. Penuh sesak.

Tiap, menjelang lebaran pasti kota Semarang menjadi penuh pendatang dan pastinya ini juga berpengaruh pada jalan dan pusat-pusat belanja. Ampun, kalo sudah seperti ini pasti deh bikin sebel. Yang tadinya jarak yang bisa ditempuh beberapa menit akan menjadi beberapa jam. Mall yang biasanya untuk pelampiasan suntuk dari rutinitas menulis akan dipenuhi oleh manusia, yang jadinya mall penuh dan aku gak akan nyaman disana.

Nah kalo udah seperti ini paling enak ya diam diri dirumah. Tapi gimana dengan janji aku yang mau membelikan baju untuk ibu?

 Ahhhh....

Eh, kenapa gak aku coba buka koleksi baju lebaran di ZALORA. Kan ZALORA menyediakan banyak banget pilihan baju gamis. Udah bisa memilih baju sepuasnya dalam satu genggaman tangan saja dan masalah pengiriman juga terselesaikan. Gak perlu capek-capek mengantri dan berebutan dengan ibu-ibu yang lagi banyak dapat uang THR hohoho....

Ah satu masalah terselesaikan. Dengan gini aku cukup menyerahkan handphone ke ibu biar ibu pilih-pilih sendiri aja baju apa yang dia inginkan di ZALORA. Aku bisa menyelesaikan tumpukkan naskah yang terbengkalai. Dengan begini aku gak akan sebel dengan jalanan yang macet dimana-mana.

Dengan kemudahan yang diberikan ZALORA membuat menambah waktu aku untuk bisa sekedar menikmati tajil dengan tenang bersama keluarga di rumah. Ramadhan yang paling aku tunggu-tunggu pastinya bersama keluarga. Jangan sampai waktu aku tersita hanya karena kerja dan menghabiskan waktu di luar dengan percuma.

Friday, June 16, 2017

Biskuit Pocky Cocok Untuk Buka Puasa Saat Hectik.

Bulan Ramadhan selalu dinanti umat Islam di seluruh dunia ini, termasuk aku. Ramadhan adalah moment yang pas untuk kita mendekatkan diri pada sang pencipta dan juga keluarga. Puasa menjadikan keluarga yang seringnya menghabiskan waktu bersama teman dan kolega, kini pada menyisihkan waktu untuk keluarga dengan kegiatan shaur, buka puasa, dan juga sholat trawih.

Sayangnya Ramadhan tahun ini aku sering sekali keluar rumah untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan blog dan pariwisata. Kegiatan ini membuat aku harus ekstra meluangkan waktu. Saking asiknya eksplor tempat wisata yang aku jumpai sampai lupa waktu. Kadang ditempat wisata yang baru saja ditemui dan belum banyak orang yang tahu, mencari makan untuk berbuka puasa itu sangat susah apa lagi makanan yang dipastikan halal. Untungnya sekarang ini ada snack pocketable berupa biscuit stik yang mudah dibawa kemana-mana. Biscuit pocky halal-nya sudah terjamin juga.

Pocky dibuat dengan teknologi khusus yang membuat makanan ini tanpa remah (no crumb) cocok untuk kita yang takut bajunya kotor karena setelah buka puasa langsung sholat. Enaknya lagi biscuit pocky isinya banyak jadi bias kita shareable bersama teman-teman seperjalanan.

Dalam menyambut bulan Ramadhan ini Pocky mengeluarkan kemasan cantik dan unik yang dapat dipersembahkan sebagai bingkisan sekaligus untuk kartu ucapan selamat Hari Raya. Dengan kemasan ini, pas sekali saat berbuka puasa bersama sembari ngobrol seru tentang apa yang sudah kita lihat dalam perjalanan, membuat rasa bahagi makin berlipat. Sesuai dengan tujuan Glico, share happiness!

Untuk yang masih ragu apakah makanan ini halal. Kabar gembiranya Pocky sudah memegang sertifikat halal dari CICOT Thailand sejak awal hadir di Indonesia pada tahun 2014 dan juga telah mengantongi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk semua produk yang akan dan telah dijual di Indonesia, yakni Pocky, PRETZ, dan Pejoy. Agar masyarakat Indonesia tidak was-was say memakannya.

Pada bulan ramadhan ini sedang mengungsung tema #PockyInMyPocket yang artinya adalah agar masyarakat Indonesia bisa menikmati Pocky tanpa harus susah-susah membawanya dalam wadah besar. Dengan bentuk pocketabel memudahkan untuk membaginya bersama sanak sodara dan kawan-kawan. Yuk coba deh membeli Pocky yang cocok untuk kita-kita yang punya jadwal padat merayap ini.

Sunday, June 4, 2017

Aku Rindu Rasa Itu.

“Berapa umur kamu?”

 “Apa saja yang sudah kamu capai sampai detik ini?” 

Pertanyaan inilah yang selalu menghantuiku sampai detik ini. Di umur aku yang sekarang banyak sekali pertanyaan datang dalam otakku. Tapi, hanya dua pertanyaan itulah yang selalu membuat aku berusaha sangat keras. Ya, lebih keras dari apa yang terlihat di permukaan.

Ketika mbak Alley dan mbak Rizka tiba-tiba melontarkan pertanyaan “Apa yang kamu rindukan.” Seketika otak aku langsung mengingat senyum keluarga. Semenyangkal apapun diriku, aku rindu rasa itu. Kehangatan keluarga. Bukan berarti keluarga aku tidak bahagia, keluarga aku bahagia dengan cara mereka.

Ya, dengan cara kerja keras tanpa kerja cerdas. Selalu kerja keras dari pagi ke malam. Seperti itu terus selama 6 hari. Waktu adik-adik aku hanya dihabiskan ditempat kerja, tempat pulang hanyalah transit bagi mereka. Rumah rasanya kosong, seperti aku tinggal sendiri ditempat itu. Tak ada interaksi normal layaknya manusia. Kalo boleh jujur aku kesepian.

Kesepian itu aku lampiaskan dengan kerja gila-gilaan membangun kerajaan bisnis, mencari networking yang sangat luas, selalu kumpul kegiatan apapun, dan bahkan sampai rela meninggalkan rumah berhari-hari. Semua aku lakukan agar dua pertanyaan itu segera aku jawab dengan bangganya.

****

Mata ibu nanar...

Setiap kali aku melihat ibu ingin rasanya aku peluk dan biarkan ibu beristirahat tanpa ada beban di sisa usianya. Tapi, yang terjadi aku pun sama seperti kedua adik-adikku. Meninggalkan kesepian di hari-hari senjanya.

Sampai saat ini aku belum bisa mebahagiakan beliau 100%. Aku sangat rindu senyum yang meninggalkan keriput di kulit ibu. Aku rindu mata kecil itu makin menyipit saat tersenyum bahagia. Demi hari itu datang aku rela menghabiskan waktuku untuk mencapai tujuan terbesarku.

“Kapan kamu ada waktu sehari saja tanpa kerja.”

Deg..

Haruskah aku jawab pertanyaan itu ibu? Aku hanya memberikan senyuman tipis, sangat tipis sampai ibu tak bisa membaca mimik mukaku. Entah sudah berapa kali ibu bertanya hal yang sama dan entah berapa kali pula aku hanya diam.

Bulan ramadhan ini aku belum bisa mewujudkan impianku itu. Tapi, aku berjanji pada diriku sendiri bulan ramadhan tahun depan aku harus bisa mewujudkan semua. Lupakan hal yang tidak penting dan singkirkan dulu sepinya hati ini. Karena aku tak akan tahu berapa sisa umurku ataupun sisa umur ibu.Tak ingin ada penyesalan apapun saat itu tiba.

***

Tak akan abadi kesedihan ini, di akhir badai pasti akan ada pelangi. Karena roda kehidupan berputar, masa bahagia terasa sebentar kesedihan yang sedang melanda pasti ada akhirnya. Bunga yang indah tak selalu mekar, matahari tak selalu bersinar. Begitu juga yang terjadi dengan kehidupanku. Suatu saat aku dan keluarga akan tertawa bersama, saat mengingat perjuangan yang saat ini kita lakukan dengan cara masing-masing.

Ayo semangat Tina, lupakan rasa yang tidak penting itu. Berlarilah sekuat yang aku mampu. Aku tahu tujuan yang ingin aku capai, jadi buat apa aku mendengarkan suara-suara sumbang kanan-kiri. Mata- mata picik yang selalu mengawasi dengan sangat teliti, seakan mereka ingin melihat aku terjatuh terjerembab. Ah sudahlah, mereka hanya barisan orang-orang penjilat.

Tetap menjadi wanita yang ceria penuh dengan cita-cita. Hadapi dunia yang sudah aku impikan sejak lama. Nikmati hari-hari dengan penuh suka cita, buat semua orang berfikir aku selalu bahagia. Ini hidupku dan hanya aku yang tahu apa yang aku mau. Selesai menulis ini aku akan bilang pada ibu “Tolong tetap sehat dan biarkan aku menunjukkan warna pelangi padamu suatu saat nanti.”

Makanan Kesukaan Saat Bulan Ramadan.

Makanan Kesukaan Saat Bulan Ramadan. Gak kerasa sudah masuk di hari ke-6 ramadan tahun ini. Suasana ramadan memang paling di tunggu-tunggu. Kalo pagi hari bisa mendengar klotekan buat membangunkan kita saat sahur dan sore hari sudah banyak sekali orang yang berjualan di pinggir jalan untuk menjajakan jualan mereka.

Kebetulan sore ini aku bertemu dengan mbak Diyannika dan bu Wati, cewek kalo udah ketemu pasti deh ngobrol sana-sini. Ada aja yang akan kita obrolkan. Bahkan kalo kita lagi iseng, semut lewatpun bisa jadi bahan obrolan kita. Hahahahha benar-benar kayak kurang kerjaan aja.

Kali ini kita lebih semangat buat ngobrolin makanan yang paling kita suka saat berbuka puasa. Karena kebanyakan orang lebih suka makan buah yang simpel saat sahur. jadi kita bahan makan berbuka puasa. Siapa tahu jadi referensi buat lauk saat buka puasa. Kalo aku sendiri makanan kesukaan saat bulan ramadan itu:

Sayur Bayam dan Sambel Panggang.

Habis puasa makan sayur bayam yang segar plus ditambah sambal panggang, hem endes banget rasanya. Makanan ini pasti sudah biasa disajikan di rumah-rumah dan jadi primadona saat ramadan. Kesegaran sayur ini gak bisa ngalahin makanan di restoran deh hahahhaha.

Garang Asem.

Garang asem adalah masakan yang terbuat dari ayam plus tahu putih plus blimbing wuluh. Biasanya kalo gak ada blimbing wuluh di ganti pakai asam jawa. Masakan ini berkuah bening dan masih ditambah dengan cabe yang dimasukin butiran, bukan cabe yang dipotong-potong kecil. Rasanya pastinya asam, gurih dan pedas. Paling enak disantap selagi masih panas.

Tahu Petis.

Tahu petis kalo ramadan aku selalu bikin sendiri. Bukan petisnya yang bikin sendiri sih. Jadi aku beli petis yang udah jadi di pasar lalu aku bumbui lagi dengan dikasih air sedikit, garam, dan gula. Di masak sebentar dengan api kecil, sampai airnya menyusut. Setelah itu goreng deh tahu, kalo udah ditiriskan kasih petis yang buanyak hahahaha.

Kolak.

Kolak itu identik dengan santan kalo di Semarang. Tapi, kalo di Blora kolak itu ya hanya pisang dikasih kayu manis dan gula jawa. Udah itu saja. Gak seribet kolak Semarang. Aku paling suka kolak yang masih panas. Rasanya maknyes ditenggorokan. Kalo adek aku lebih suka kolak dingin. Pokoknya dingin dan ada es-nya.

Blewah.

Blewah disini bukan dibuat es loh tapi Cuma dimakan gitu aja. dikupas lalu dimakan seperti makan buah pada umumnya. Enak kok, coba deh sekali-kali makan blewah yang enggak di buat es.

Pada dasarnya saat ramadan gak ada makan yang istimawa bagi aku sih. Yang bikin istimewa bagi aku itu lebih ke suasana ramadannya. Kebersamaan bersama keluarga saat sahur dan buka puasa. Milih makanan apa buat puasa. Traweh bersama keluarga. Bulan ramadan adalah bulan yang selalu aku tunggu-tunggu dengan keluarga. Hawanya entah kenapa bisa bikin adem aja.

 Selamat berpuasa bagi yang menjalan ibadah puasa.