Thursday, January 24, 2019

Tips Memilih Asuransi Mobil Proses Claim Cepat

January 24, 2019 16
Apakah kalian masih bingung mencari asuransi mobil proses claim cepat? Masih menimbang-nimbang dengan banyaknya tawaran asuransi yang memberikan janji manis. 

Tahukah kamu kalo semakin tahun jumlah kendaraan di Indonesia selalu meningkat. Untuk tahun 2018 saja sudah terdata ada sekitar 111.000.000 kendaraan, bagaimana dengan tahun 2019 ini. Mudahnya syarat orang untuk mengambil kredit mobil membuat pertumbuhan pengguna mobil pribadi semakin meningkat.

Dengan meningkatnya jumlah mobil pribadi berarti semakin membuat jalan yang sudah macet makin macet. Kemacetan jalan dapat mempengaruhi emosi manusia loh. Sering lihat kendaraan yang menyalip dan akhirnya bikin onar di jalan raya? Itu merupakan emosi manusia yang tidak dapat diredam. Padahal saat menyalip di jalan yang macet pastinya tak akan terelakan kalo meyenggol kendaraan satu dan yang lainnya. Kebanyakan yang jadi korban kesenggol justru adalah mobil. 

Pengendara roda dua seringnya asal saja ambil celah yang bisa untuk memajukan kendaraan. Bila sering terjadi maka bodi mobil yang akan jadi taruhannya, ini barulah contoh kecil. Bagaimana kalo ada sesama mobil ngerem mendadak. Untuk itu coba deh tips memilih asuransi mobil proses claim cepat ini.

Berapa Tahun Berdiri 


Yang paling awal harus dilihat adalah tahun berdirinya. Perusahaan asuransi yang berdiri baru seumuran jagung pastinya tidak bisa dibandingkan dengan asuransi yang sudah berdiri puluhan tahun. Dengan lamanya perusahaan itu berdiri pasti sudah banyak menangani orang.

Walaupun sudah lama berdiri tapi harus melihat faktor lainnya juga. Apakah perusahan ini sehat atau tidak.

Berlisensi AAJI


Setelah mengetahui umur perusahaan, berikutnya kamu harus melihat apakah penjual produk asuransi memiliki lisensi dari AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia). Hal ini saangat mempengaruhi saat kamu mengajukan claim, apakah kamu bisa minta pertolongan ke dia.

Tanyakan ke agen yang menawari asuransi, apakah dia memiliki lisensi. Pastikan lisensi yang dia tunjukan itu benar-benar miliknya. Jangan sampai malah kena calo yang hanya menginginkan bonus dari mendapatkan nasabah baru.

 Agen resmi akan membantu kamu memproses claim lebih cepat. Mereka tahu apa saja yang harus disiapkan.

Reputasi Perusahaan 


Sebelum benar-benar memutuskan untuk ikut asuransi ada baiknya melihat dulu reputasi perusahaan terbesut. Diera global sekarang ini sangat mudah kalo untuk mengetahui apakah perusahan itu sehat atau tidak.

Dari internet kamu bisa mencari data mereka. Mulailah dengan membaca komentar para nasabah. Apakah komentar mereka merasa puas atau malah sebaliknya. Perusahaan yang sehat akan lebih banyak menerima komentar yang baik.

Rekan Kerja Perusahaan 


Rekan kerja perusahaan ini adalah perusahan yang berkerjasama dengan perusahaan asuransi. Bila kamu menganbil asuransi mobil maka yang harus kamu lihat adalah bengkel seperti apa yang jadi rekan kerja. Apakah mumpuni untuk mengatasi kerusakan pada mobil.

Pertimbangkan dengan baik, apakah rekan perusahaan itu memang mempunyai rekam jejak yang baik. Mempunyai mekanik yang handal.

Dengan melihat ini kamu bisa menentukan apakah perusahaan iyu akan memberikan hak kepada penerima premi asuransi.

Kemampuan Perusahan Membayar 


Dalam perusahan asuransi memiliki penilaian khusus apakah perusahaan itu baik atau tidak. Dengan melihat Rasio Risk Based Capital (RBC), Rasio Likuiditas, Besarnya dana pinjaman, cadangan teknisi dan utang kalim, dan rasio beban klaim.

Biasanya RBC yang memiliki batasan 120% dari seluruh kewajiban nasabah, merupakan tanda kemampuan perusahan untuk membayar asuransi nasabah. Bila suatu perusahaan berani membayarkan lebih dari 120% dipastikan perusahaan itu memiliki keuangan yang baik.

Layanan Perusahan 


Perusahaan asuransi yang besar biasanya memiliki layanan jasa yang baik. Layanan jasa yang standar pada umumnya adalah call center 24 jam dan juga layanan jawab di akun twitter. Mungkin banyak orang yang sudah tidak memakai ini. Tapi bagi orang yang butuh info terbaru dan cepat mereka main di sosial media twitter.

Asuransi harus memiliki juga mobil derek. Apa bila sewaktu-waktu mobil itu mogok atau perlu perbaikan mendesak maka perusaan bisa memberikan pelayanan berupa mobil derek.

Prosedur Claim 


Ini juga merupakan hal yang sangat penting yang harus diketahui. Baca baik-baik syarat dan pasal yang diberikan. Penuhi semua syarat-syarat yang diminta. Bila ada yang tidak dimengerti dari apa yang dituliskan maka mintalah pada agen utuk menjelaskan.

Saat semua syarat yang sudah dipenuhi. Baca baik-baik kembali syarat claim itu seperti apa. Jangan sampai ada keteledoran yang membuat claim ditolak.

Kemampuan Membayar 


Kalo semua itu sudah kamu lakukan sekarang tinggal melihat kemampuan membayar asuransi. Premi asuransi tiap bulan sesuaikan dengan pemasukan uang. Jangan sampai ditengah jalan kamu tidak dapat membayar premi dan membuat uang kamu hilang.

Dengan mengetahui pemasukan dan pengeluaran tiap bulan maka akan mebuat kamu lebih mudah untuk mengambil keputusan, kamu bisa sisihkan berapa presen untuk asuransi. Ingat asuran ini untuk membantu kamu bukan sebagai beban tambahan.

Bagaimana apakah sudah mengambil keputusan untuk menjadi nasabah di asuransi mana? Bila belum kamu bisa loh tanya-tanya juga di https://www.cekaja.com/asuransi-kendaraan semua pertanyaan yang kamu ajukan akan dijawab dengan baik. Pastikan kamu sudah mantap untuk mengambil asuransi.