Sunday, July 26, 2015

Pentingnya Networking

July 26, 2015 0


Dewasa ini untuk mencari peluang pekerjaan yang kita inginkan tidaklah mudah, persaingan untuk mendapatkan apa yang di inginkan pasti juga di inginkan banyak lulusan-lulusan sarjana baru apa lagi saat ini adalah eranya iformasi dimana mempunyai kawan atau relasi yang banyak sangatlah dibutuhkan.  Maka dari itu penyebaran networking yang luas sangat lah diperlukan. Bukan hanya untuk para pencari kerja tapi juga sangat berguna bagi orang-orang yang ingin membuka bisnis baru.

Pentingnya Networking sangat dirasakan oleh Veronica Ratnaningrum yang merupakan salah satu wanita yang berprofesi sebagai Konsultan Marketing, yang dimana biasanya profesi itu lebih di dominasi oleh laki-laki. Kesuksesan Veronica sebagai woman marketer bisa di buktikan dariperusahan miliknya yang berkembang pesat, PT.Masterindo Multiguna didirikan sejak tahun 2011. Dalam kurun waktu empat tahun,ia berhasil bekerjasama dengan benk-bank besar di Indonesia. Baik bank negara maupun bank swasta ataupun BUMN.
Veronica Ratnaningrum sumber www.kompasiana.com
“Modal utama dari bisnis ini adalah Networking. Saya mempunyai hubungan yang baik dengan pemilik – pemilik usaha seperti restoran dan sebagainya,” kata Veronica. Networking inilah yang digunakannya sebagai modal untuk menawarkan jasan kepada pihak bank. Walaupun mulai banya kompetitor yang bermunculan akhir-akhir ini, kompetitor biasanya dari teman atau mantan karyawan yang membuka bidang jasa yang sama.

Veronica mempunyai kunci sukses sebagai konsultan marketing yang piawai, beberapa diantaranya adalah:
1.      Menjunjung Profesionalisme.
2.      Piawai Merancang Program.
3.      Menganalisa Pasar.
4.      Networking atau jaringan teman.
Selai kunci sukses diatas, Veronica juga menjelaskan bahwa kemampuan mengorganisir, manajamen serta memberikan jalan keluar kepada setiap kliennya juga sangat mendukung. Nantinya, PT. Masterindo Multiguna akan memperluas jaringan dengan meluncurkan Digital Merchat, e-Catalogue, dan e-Voucher.

Sebuah artikel Times of San Diego memaparkan bagaimana cara bernetworking yang sukses dalam berkarir :
1.      Carilah asosiasi profesional yang sesuai minat anda.
2.      Hadirilah job fair.
3.      Hadirilah perkumpulan yang anda minatti.
4.      Jangan pelit bagi info.
Teruslah mengembangkan Networking demi kesuksesan bisnis anda.


Jadilah Pengusaha yang Lebih Berani Bermimpi

July 26, 2015 0


Setiap orang mempunyai tujuan jalan hidup sendiri, kadang justru jalan hidup itu tidak pernah diduga. Semua itu bisa dialami semua orang bahkan seorang Aldi Ferdian yang terkenal sebagai Financial Engineering dan consultant, investor yang dulunya pernah mencicipi bekerja sebagai supir antar jemput anak sekolah dasar dan delivery service di McDonald King Plaza – Bandung. 

Aldi Ferdian
                                              
Proses hidup membawanya kepada keberhasilan menjadi Owner Cakradhara Group. Perusahaan ini didirikan untuk mewudkan mipinya untuk menciptakan peluang usaha baru. Bidang yang dinaungi dari mulai perkebunan jamur tiram, cabe, media digital, intergrated media promotion, dan energy. “Mimpi terbesar saya adalah untuk membantu orang lain mewujudkan mimpi mereka. Itu adalah Visi dan Misi saya, yang saya lakukan melalui transformasi raga dan rasa,” kata Aldi.

Transormasi raga dan rasa adalah perpindahan “raga” atau posisi, dari pekerja menjadi pengusaha. Semua itu di iringin dengan “rasa” agar bisa lebih peka, lebih sabar, dan lebih tekun dalam proses mewujudkan mimpi. Kata aldi bahwa kerja itu harus didasari atas rasa suka, sehingga kita akan lupa saat itu kita sedang bekerja. Dengan rasa suka itu maka akan muncul totalitas raga dan rasa dalam mewujudkan mimpi kita masing – masing. Dan pada akhirnya, yang kita perjuangkan bukan uang melainkan rasa puas.

“Kita sering mendapatkan rejeki dari orang yang tak terduga, dari orang lain yang kita bantu,” kata Aldi. Semua pencapaian ini tidak terlepas dari efek keperduliannya terhadap orang lain. Misalnya dari membantu menyalurkan sedekah, membiayai proyek yang bersifat kemanusiaan, dan mencarikan jalan keluar bagi orang lain agar mereka bisa berkembang.
“Ada lagi satu hal yang saya tekankan pada karyawan. Yakni, beranilah bermimpi. Kemudian berusaha bersungguh – sungguhlah mengejarnya, serta jangan lupa berbagi. Uang yang kita miliki bukanlah yang ada di Bank saja, melainkan yang kita sedekahkan dan dibelanjakan untuk membantu orang lain,” kata aldi. Masihkah anda tidak berani bermimpi secara geratis?





Pajak Bukan Hantu Bagi Pembisnis Online

July 26, 2015 1
Saat ini sedang buming penjualan secara online dimana para penjual dan pembeli tidak harus bertatap muka secara langsung, cukup buka jaringan internet dan semua yang di butuhkan calon pembeli akan terpenuhi.Dari segi penjual ini sangat menguntungkan karena tidak harus menyewa tempat khusus untuk menggelar dagangan, dan penjual sangat diuntungkan tanpa adanya perhitungan pajak yang transparan.

Tetapi beberapa bulan lalu beredar berita bahwa akan ada aturan baru dari pemerintah yang akan membuat undang – undang perpajakan bagi pelaku bisnis online. Beredarnya isu ini membuat resah para pelaku bisnis yang full penjualan dengan sistem online. Menyikapi berita ini Zeti Arina sebagai salah satu konsultan pajak yang juga merupakan CEO Artha Raya Consultant memaparkan pentingnya masyarakat untuk melek pajak.
Zeti Arina
                                       
Para pelaku bisnis online memerlukan konsultan pajak karena masih banyak wirausaha pemula yang belum melek soal pajak sehingga kalau salah melaporkan pendapatan saat pajak akan dikenakan denda dan sanksi. Saat ini sudah ada edukasi tentang bagaimana menghitung dengan benar dan hemat, membayar muali kapan terakhir harus dibayar, pembayaran harus ke bank bukan ke kantor pajak, barulah dilaoprkan ke kantor pajak dan tidak boleh terlambat. Masyarakat awam harus tahu bahwa semua fasilitas umum yang dinikmati didanai dari uang pajak.

“Konsultan pajak tidak di perlukan untuk wirausaha kecil karena bila masih memungkinkan penghitungan pajak bisa dikerjakan oleh pegawai yang paham peraturan pajak,” kata Zeti Arina. “Pembayaran pajak dengan benar akan lebih hemat.Pajak sering kali di anggap topik yang sangat meanakutkan. Padahal sejujurnya saya justru ngeri apabila ada seorang wirausaha pemula, pedagang online yang mulai sukses, motivator terkenal, semua profesi yang sukses tapi tidak mau melaporkan pajak, karena bisa saja langsung bangkrut bila diperiksa petugas pajak.” Kata Zeti kembali.
Jadi apa kalian para pelaku wirausaha yang sukses dan wirausaha baru akan tetap tutup mata akan pentingnya melek pajak bagi bisnis anda kedepan?