In

Pemerataan Internet Untuk Indonesia Maju

Dalam era informasi sekarang ini banyak hal yang bisa diakses dengan cepat. Lewat internet informasi yang tadinya sangat sulit didapat menjadi mudah diketahui. Mudahnya informasi yang dishare pada publik membuat banyak tanggapan yang berbeda-beda dari satu kepala dengan kepala lainnya.
Flash Blogging

 Artikel yang berseliweran selama ini ada dua. Berita yang berdasarkan informasi yang akurat dan berita yang terlalu banyak diberi bumbu hingga membuat berita itu blur. Dua informasi yang berbeda akan menciptakan dua kubu. Kubu ini ada karena ketidak sukaan dengan seseorang atau golongan yang ditambah dengan berita simpang siur.

Berita simpang siur ini biasa disebuat HOAX. Berita hoax itu mudah sekali diterima oleh masyarakat. Masyarakat menyukai berita yang bisa membuat mereka menyalurkan kemarahan pada pemerintah maupun golongan tertentu. Dari satu share akan menggurita dengan cepatnya.

Pembangunan 


Kenapa masyarakat suka sekali dengan berita hoax? 

Diakui atau tidak, jumlah kemiskinan di Indonesia itu cukup tinggi. Orang-orang yang tidak berpendidikan, lingkaran pertemanan yang melihat golongan, dan pengangguran. Bagi mereka yang selo akan senang sekali menghabiskan waktunya untuk membaca berita-berita yang membuat mereka tertarik dengan melontarkan kata makian. Mereka tidak akan perduli berita itu benar ataupun salah. Yang mereka tahu hanyalah berita itu sesuai dengan apa yang mereka rasakan saat itu.

Terus apa kelakuan ini bisa dibenarkan? 

Kelakuan masyarakat tidak bisa langsung diubah dengan hanya penyuluhan saja. Karena, masyarakat itu membutuhkan perubahan yang nyata. Perubahan itu akan bisa dilakukan saat suatu daerah meningkat ekonominya. Peningkatan ekonomi ada bila daerah itu dibangun.

Pembangunan tiap daerah yang merata akan menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat. dengan adanya lapangan pekerjaan ini akan mengurangi orang-orang yang mempunyai waktu luang yang sangat banyak untuk membaca berita-berita hoax.

Pemerataan Internet

Ekonimi yang meningkat dapat membuat masyarakat lebih mau belajar. belajar bukan hanya bisa dilakukan dengan sekolah formal saja tapi juga didapat dari dunia digital. mereka bisa belajar banyak hal di dunia digital ini.

Bila mempunyai hobi tertentu tak perlu belajar diluar rumah, bisa belajar di rumah dengan waktu yang sesuai dengan waktu luang masyarakat. contohnya saja belajar blog. gak harus bertatap muka dengan guru sudah bisa belajar.

Pemerataan Internet ini juga di gagas oleh Kementrian Informasi dalam acara Flash Blogging yang diadakan di Hotel Santika Premiere. Dengan pemeratan akan meredam informasi HOAX dengan memunculkan informasi yang terdata dari para blogger daerah.




Related Articles

0 comments:

Posting Komentar

ID Corners

Kumpulan Emak Bloger

Gandjel Rel

Blogger Perempuan

GenPI Jateng

Blogroll