In #travelling pasar karetan

Pasar Karetan, Pasar Tradisional yang Layak Dikunjungi.

Tinggal menunggu berapa hari akan berganti tahun. Dari tahun 2017 ke tahun 2018. Sebelum tahun ini berganti, aku ingin mengajak mbak Unik dan mbak Novi untuk mengunjungi Pasar Karetan.
anak-anak penari leak

Pasar Karetan adalah pasar yang awalnya digagas oleh kementrian pariwisata. Dari pemikiran online berubahlah ke dalam bentuk nyata. Pasar tradisional yang penuh dengan edukasi dan juga kenangan. Perpaduan antara masa lalu dan masa kini.

Pasar ini sangat unik karena lokasinya berada di hutan karet. Dulunya lokasi ini adalah rumah pribadi yang disebut “Radja Pendapa” tapi seiringnya waktu banyak warga sekitar yang datang untuk menikmati suasana asri dan bangunan pendopo. Karena antusias masyarakat yang datang di tempat ini, akhirnya diputuskan Pasar Karetan di buat disini. Walaupun Lokasi sangat terpencil tapi banyak orang yang mengenal dan penasaran dengan Pasar Karetan.

Pasar Karetan adalah milik GenPI Jateng, yang sudah beroprasi sejak bulan November 2017. Kenapa harus ke Pasar Karetan:

Makanan Tradisional 


Banyak makanan tradisional yang hampir hilang di masyarakat membuat Pasar Karetan ingin memunculkan kembali makanan ini sebelum benar-benar punah. Makanan tradisional bukan hanya penuh kenangan tapi juga ada citarasa yang tidak dapat digantikan oleh masakan barat yang sekarang ini sedang hits di kalangan anak muda.

Makanan tradisional syarat akan bumbu-bumbu rempah yang hanya bisa di dapatkan di Indonesia. Tahukan kalo Indonesia adalah negri penghasil rempah-rempah terbaik di dunia.

Permainan Tradisional


Engklek 
Dakonan 
Lompat tali 
Grobak sodor 
Enggrang 

Ah..permainan itu sekarang ini sudah benar-benar tak pernah terlihat lagi di kota Semarang, permainan yang tergerus dengan permainan digital. Anak kecil sekarang hanya tahu bermain game. Seharian mereka hanya melihat perangkat lunak yang diklaim adalah mesin pintar.

Semakin hari semakin miris saja, anak-anak kurang bersosialisasi dengan sekitarnya. Merasa dekat dengan orang-orang maya dari pada orang nyata yang ada disekitarnya. Untuk itulah Pasar Karetan mengenalkan kembali permainan anak yang penuh dengan keceriaan dan kebersamaan.

Tari Tradisional 

uang girik

Selain makanan dan permaianan, Pasar Karetan juga menyuguhkan tarian tradisional. Tarian yang saat ini sedang di pantau oleh pemerintah agar tidak di klaim oleh negara lain lagi. Dengan menyuguhkan tarian tradisional berarti sudah membantu pemerintah untuk melestarikan kebudayaan Indonesia.

Setiap minggu akan ada pertunjukan tari yang berbeda-beda. Pembawa acara juga menjelaskan tarian apa yang sedang dipertunjukaan. Ini bisa memberikan pengetahuan baru pada anak-anak jaman sekarang.

Alam. 


Selain mengenalkan kebudayaan Indonesia, kalian juga bisa menikmati alam yang sangat asri. Di tengah hiruk pikuk kota Semarang, kita bisa mengistirahkan tubuh sejenak di Pasar Karetan. Dengan banyaknya pohon karet, suasana yang menenangkan, banyak warna hijau di sepanjang mata melihat, dan udara sejuk. Ini bisa membuat kita sejenak melupakan rutinitas yang sangat padat.

Jadi itulah kenapa Pasar Karetan patut untuk dimasukkan dalam list saat liburan akhir tahun. Tempat yang dekat dengan kota Semarang, tidak memperlukan banyak biaya untuk menikmatinya, lokasi yang pas untuk mengajarkan anak tentang alam, dan kebudayaan Indonesia.

Nah, jadi kapan dong kalian akan datang ke Pasar Karetan? Yuk ajak sanak sodara untuk menikmati destinasi baru ini. oh iya Pasar Karetan hanya buka pada hari minggu saja. Jangan sampai salah hari ya kalo datang kesini .

Pasar Karetan
Desa Segrumung, Boja

Related Articles

12 comments:

  1. Kayaknya Pasar Karetan ini lagi hits banget ya....jadi pengen berkunjung ke sana...

    BalasHapus
  2. Kusukaaaa ke Pasar Karetan. Ntar kapan2 lagi ke sana ya Tina. Faris juga seneng kalau diajak ke Pasar Karetan.

    BalasHapus
  3. Januari ah ke sana lagi, makan cenil.

    BalasHapus
  4. kakk kenalin aku salah satu MC Pasar Karetan loh

    BalasHapus
  5. Good Marsogood ...
    Yuk kaka semua dateng ke Pasar Karetan ya... ( salah 1 MC #eh )

    BalasHapus
  6. Anu kak Kok MCnya pada kenalan semua apa emang mereka g terkenal ya kak ?

    BalasHapus
  7. Wqh alternatif menarik ni mbak. Makasih.

    BalasHapus
  8. Tempatnya seru yaaa
    . Kapan2 mau ah main kesana

    BalasHapus
  9. Aku tuh kepingin kesini banget. Mumpung deket rumah. Tapi ga tau rutenya..huhu...

    BalasHapus
  10. Pengen banget ke pasar karetan.. sayang si bayik belum memungkinkan diajak motoran sampe sana ;D

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah sebelum pindah sudah pernah kesini, makasih tina dan genpi Jateng telah mengundang aku dan suamiku ke pasar karetan 😀

    BalasHapus
  12. Sedih banget dari pertama buka belum sempet kesana. InsyAllah udah niatin minggu depan spare waktu buat ke Pasar Karetan..

    BalasHapus

ID Corners

Kumpulan Emak Bloger

Gandjel Rel

Blogger Perempuan

GenPI Jateng

Blogroll