Minggu, 10 September 2017

Tips Liburan yang Berkesan Tanpa Takut Kantong Jebol.

Akhirn – akhir ini banyak berseliweran kata “Kamu kurang piknik.” Bukan hanya berseliweran tapi juga banyak orang yang mengatakkan itu. Padahal kalo kita piknik pasti akan mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Sering kalinya uang tabungan yang harusnya buat hal lain juga ikut kena imbasnya saat kita piknik. Nah pas banget nih mbak Muna dan mbak Wuri sedang membahas tentang Liburan Paling Berkesan.

Gimana sih caranya biar liburan yang berkesan tanpa ada imbasnya ke pengeluaran yang tidak penting. Pengeluaran tidak penting ini biasanya karena kita kalap dengan semua yang ada di depan mata. Barang-barang yang biasanya tidak pernah kita lihat akan terlihat sangat cantik saat itu juga tapi setelahnya eh barang itu kok gak bernilai ya.hemm...

Tips Liburan yang berkesan tanpa Takut Kantong Jebol:

Tentukan lokasi yang akan di kunjungi. 

Bagi kalian yang mau pergi ke suatu daerah ataupun ke negara lain tanpa ikut turwisata, pastikan saat kalian sebelum sampai tujuan sudah tahu kemana saja objek wisata yang akan di kunjungi. Gunanya survei di google ataupun tanya teman adalah agar tidak bingung sesampainya di lokasai yang akhirnya tidak akan menambah beban biaya tanpa kita inginkan.

Sistem transportasi. 

Cari tahu juga transport tasi apa yang biasa dipakai penduduk lokal. Biasanya transportasi apa yang amna di gunakan di daerah itu. Untuk menuju lokasi adakah transportasinya atau malah kita susah menuju ke lokasi karena tidak ada transportasi. Biaya yang akan dikeluarkan. Kalo sudah menentukan tujuan dan transportasi, sekarang waktunya untuk menghitung berapa uang yang akan kita keluarkan saat berlibur. Hitung dengan seksama uang yang kita butuhkan disana. Jangan lupa siapkan juga uang cadangan bila kita mau ke toilet umum dan berjaga-jaga kalo ada pengamen dan pengemis.

Bawa baju dalaman yang banyak dan sepatu atau sandal cadangan. 

Kenapa kok bawa baju dalaman yang banyak? Kita tidak tahu kondisi cuaca disana. Baju luar bisa kita angin-anginkan dan nantinya akan kering sendiri, kalo pakaian dalam kan gak mungkin hanya di angin-anginkan. Begitu pula dengan membawa alas kaki. Kita gak maukan mengeluarkan uang lagi karena alas kaki yang tiba-tiba rusak di jalan. Apa lagi biasanya harga alas kaki di tempat wisata itu lebih mahal dari pada harga aslinya. Hal-hal kecil ini harus di pikirkan, biasanya pengeluaran tak terduga malah membengkak.

Tidak terima minta oleh-oleh. 

Nah, sering kali pengeluaran kita membengkak itu justru karena ada yang minta oleh-oleh pada kita. Biar kita tidak dimintai oleh-oleh, updet foto perjalanan kita di sosial media pada saat sudah selesai berlibur. Jadi, kalo ada yang minta oleh-oleh bisa jawab “Ini foto lama kok.” Aman deh.

Cari teman jalan yang satu pemikiran. 

Kalo kita jalan bareng teman yang dinginkan itu kita bisa bersenang-senang dan membuang semua pikiran tentang penatnya hari-hari yang udah di lalui. Itu yang kita inginkan. Tapi, kalo kita salah memilih teman untuk menghabiskan liburan yang ada kita malah merasa lelah dan makin depresi. Sebelum memulai liburan coba deh ngobrol dulu dengan teman kita ini. Apakah pemikirannya sudah satu jalan ama kita atau malah bersebrangan.

Yup...itu tadi tips dari aku yang jarang liburan ini. Butuh banget liburan 1 bulan di pulau orang. Merenung tentang arti hidup ini. Halah, hahahha...yuk piknik yuk.

2 komentar:

  1. Hahaha tidak terima oleh2. Setujuh. Makasih Tina

    BalasHapus
  2. setelah memastikan kantong tidak jebol pastikan selalu abadikan moment liburan juga yaa..

    http://www.vemine.com/2017/10/11/yuk-buat-foto-liburan-lebih-menarik-dengan-tips-ini/.

    BalasHapus