Rabu, 27 September 2017

Menggunakan Microsoft Word Untuk Memudahkan Kinerja Blogger

Tulisan ini ada karena setitik ide dari Mbak Rahma dan mbak Nyi.

Namanya blogger pastinya tidak asing dengan dunia tulis menulis, baik menulis berbayar maupun menulis karena kita ingin menulisnya. Bagi aku pribadi yang suka sekali dapat ide pas di jalan, caffe, ataupun di tempat ramai sekalipun. Gak memungkinkan juga harus menulis langsung ke blog.

Aku termasuk orang yang gak suka menulis untuk blog di aplikasi yang disediakan smartphone. Rasanya itu gak enak, gak bisa mengutak atik apa yang kita mau. Seperti foto, ukuran font tulisan, sampai ke penataan paragraf. Biasanya sebelum artikel masuk ke dalam blog aku selalu menuliskannya dulu di microsoft word dan buku. Tapi, biasanya aku menulis di microsoft word.

Manfaat menggunakan Microsoft Word untuk menulis blog:

Tidak boros data

Bila menulis melalu Microsoft Word kita tidak perlu takut kuota kita tersedot karena menulis yang lama. Sebagai penulis kita tidak bisa menghindari dari tiba-tiba imajinasi kita terbang bersama angin. Alias semuanya hilang. Lamanya kita menulis juga bisa berefek pada data yang kita pakai.

Artikel Tidak Hilang Saat Leptop Mati.

Aku dulu sering mengalami udah nulis panjang dan lebar, tiba-tiba tulisan kita langsung hilang. Tanya sana-sini kenapa kok jadinya tulisan hilang tiba-tiba. Semakin banyak tanya orang, jawabanpun beda-beda. Setelah mengalami beberapa kali baru deh nemu kalo jaringan kita tiba-tiba hilang, maka tulisan kita juga jadi hilang. Mau gak mau setiap kita menulis harus di save sedikit-sedikit.

Menyusun Foto.

Selain tulis menulis foto adalah salah satu hal yang wajib harus ada dalam artikel. Kalo kita memasang foto dari aplikasi smartphone yang terjadi adalah foto kita berantakan susunannya. Bener apa bener? Aplikasi yang aku gunakan untuk mempercantik hasil foto aku adalah:


  1. Snapseed 

Aplikasi snapseed sangat membantu aku bila hasil warna foto aku tidak memuaskan. Selain untuk masalah warna snapseed juga juara kalo untuk menempelkan kalimat di foto. Gak perlulah kita susah-susah buat mengotak-atik corel. Kebanyakan blogger juga bukanlah orang desain yang pastinya kalo harus direbetkan lagi dengan aplikasi secanggih corel nantinya malah tidak selesai-selai artikelk kita. Foto memang penting tapi palingf penting itu isi dari artikel kita kan.

       2.PhotoGrid 

Selain menggunakan snapseed aku juga menggunakan photogrid sebagai pemoles foto agar terlihat cantik. Gunanya photogrid ini beda dengan snapseed. Snapseed lebih pada pembuatan foto yang biasa kita lihat di sekat-sekat.

Menyusun Paragraf. 

Menggunakan aplikasi yang ada di smartphone biasanya juga tidak bisa membuat rapi tulisan kita. Dari paragraf yang ada tidak sesuai apa yang dinginkan. Karena aku memang lebih nyaman menggunakan leptop untuk urusan kerja. Dulu sebelum aku punya leptop aku selalu harus merapikannya kembali di warnet. Sudah pastinya tulisan yang amburadul dan juga letak foto yang tidak sesuai.

Jadi....itulah alasan kenapa aku lebih suka menulis di microsoft word dulu baru deh dipindah ke blog. Udah ngirit kuota kita juga bisa mempercantik tulisan saat dibaca pembaca. Gak maukan tulisan kita jadi amburadul dan pembaca jadi malas untuk kembali ke web kita. Tadi aku juga nyinggung soal buku di awal. Buku ini gunanya untuk menulis apa yang sekelebat terngiang di kepala. Kalo gak langsung ditulis aku pasti akan lupa, ya dasarnya aku ini pelupa sih ya hehehe...siapa tahu kalo dari ide-ide yang sekelebat suatu saat akan menjadi mahakarya. Yuk ah, mulai menulis.

4 komentar:

  1. Waah.. ditulis dibuku juga ya. Aku kadang jg gt. Namanya ide kdg eh seringnya mah muncul tiba2 yaaa. Hihihi

    BalasHapus
  2. aku kadang2 emang nulis di word jadi nanti tinggal paste ke blog sayangnya karena fontnya ga sama seperti sebelumnya jadi memutuskan langsung nulis di blognya aja

    BalasHapus