Minggu, 04 Juni 2017

Makanan Kesukaan Saat Bulan Ramadan.

Makanan Kesukaan Saat Bulan Ramadan. Gak kerasa sudah masuk di hari ke-6 ramadan tahun ini. Suasana ramadan memang paling di tunggu-tunggu. Kalo pagi hari bisa mendengar klotekan buat membangunkan kita saat sahur dan sore hari sudah banyak sekali orang yang berjualan di pinggir jalan untuk menjajakan jualan mereka.

Kebetulan sore ini aku bertemu dengan mbak Diyannika dan bu Wati, cewek kalo udah ketemu pasti deh ngobrol sana-sini. Ada aja yang akan kita obrolkan. Bahkan kalo kita lagi iseng, semut lewatpun bisa jadi bahan obrolan kita. Hahahahha benar-benar kayak kurang kerjaan aja.

Kali ini kita lebih semangat buat ngobrolin makanan yang paling kita suka saat berbuka puasa. Karena kebanyakan orang lebih suka makan buah yang simpel saat sahur. jadi kita bahan makan berbuka puasa. Siapa tahu jadi referensi buat lauk saat buka puasa. Kalo aku sendiri makanan kesukaan saat bulan ramadan itu:

Sayur Bayam dan Sambel Panggang.

Habis puasa makan sayur bayam yang segar plus ditambah sambal panggang, hem endes banget rasanya. Makanan ini pasti sudah biasa disajikan di rumah-rumah dan jadi primadona saat ramadan. Kesegaran sayur ini gak bisa ngalahin makanan di restoran deh hahahhaha.

Garang Asem.

Garang asem adalah masakan yang terbuat dari ayam plus tahu putih plus blimbing wuluh. Biasanya kalo gak ada blimbing wuluh di ganti pakai asam jawa. Masakan ini berkuah bening dan masih ditambah dengan cabe yang dimasukin butiran, bukan cabe yang dipotong-potong kecil. Rasanya pastinya asam, gurih dan pedas. Paling enak disantap selagi masih panas.

Tahu Petis.

Tahu petis kalo ramadan aku selalu bikin sendiri. Bukan petisnya yang bikin sendiri sih. Jadi aku beli petis yang udah jadi di pasar lalu aku bumbui lagi dengan dikasih air sedikit, garam, dan gula. Di masak sebentar dengan api kecil, sampai airnya menyusut. Setelah itu goreng deh tahu, kalo udah ditiriskan kasih petis yang buanyak hahahaha.

Kolak.

Kolak itu identik dengan santan kalo di Semarang. Tapi, kalo di Blora kolak itu ya hanya pisang dikasih kayu manis dan gula jawa. Udah itu saja. Gak seribet kolak Semarang. Aku paling suka kolak yang masih panas. Rasanya maknyes ditenggorokan. Kalo adek aku lebih suka kolak dingin. Pokoknya dingin dan ada es-nya.

Blewah.

Blewah disini bukan dibuat es loh tapi Cuma dimakan gitu aja. dikupas lalu dimakan seperti makan buah pada umumnya. Enak kok, coba deh sekali-kali makan blewah yang enggak di buat es.

Pada dasarnya saat ramadan gak ada makan yang istimawa bagi aku sih. Yang bikin istimewa bagi aku itu lebih ke suasana ramadannya. Kebersamaan bersama keluarga saat sahur dan buka puasa. Milih makanan apa buat puasa. Traweh bersama keluarga. Bulan ramadan adalah bulan yang selalu aku tunggu-tunggu dengan keluarga. Hawanya entah kenapa bisa bikin adem aja.

 Selamat berpuasa bagi yang menjalan ibadah puasa.

4 komentar:

  1. Aaah garang asem.. Maknyuus.. Udah lama ga makan itu.. Jadi mupeng..

    BalasHapus
  2. sambel panggang nih sedep banget ya mbak

    BalasHapus
  3. Hari ini aku masak sambel panggang sama sayur bening, seger bangeeet

    BalasHapus