Sabtu, 04 Maret 2017

Merasakan Citarasa Kuliner Nusantara di Tlogosari

Hallo... 
Selamat pagi... 
Selamat siang... 
Selamat malam... 

Silahkan jawab salam aku, sesuai jam saat kalian baca artikel ini...hahahaha iseng banget aku :D Aku mau tanya nih Kuliner Nusantara apa yang kalian sukai?

1. Rendang. 
2. Nasi Padang. 
3. Sate Madura. 
4. Empal. 
5. Garang asem. 
6. Opor Ayam. 
7. Rawon. 
8. Pecel. 
9. Gado-gado. 
10. Lontong Tahu. 
11. Tahu Gimbal. 
12. Mie Kopyok. 
13. Mie Ayam. 
14. Mie Jowo. 
15. Dan lain-lain. 

Bingung ya kalo disodorin jenis kuliner nusantara yang bikin kemecer (>o<) itu masih sebagian yang aku sebutin loh. Padahal di setiap kota akan ada masakan khas daerah. Setiap kali langkah kaki bergeser sedikit ke daerah lain, hidung langsung mencium masakan berbau sedap lalu ditransfer ke perut dan cacing-cacing pada berteriak meminta makan. Kapan dong aku langsing kalo kayak gini (T^T)



Tau gak masakan terenak di dunia masih diduduki RENDANG. Rendang adalah daging sapi yang kaya akan rempah dan dimasak sehari semalam diatas bara api kecil. Jadi bisa dibayangin dong gimana rasa bumbu Rendang yang meresap bersentuhan dengan lidah lalu membuat kenangan yang gak bisa dilupain. Aih, kayak kenangan aku dan kamu. Plak!

Selain rendang yang masaknya ribet dan perlu banyak bumbu, ada pula makanan yang kita anggap sangat biasa malah jadi primadona di negeri orang loh. Tempe. Yup, tempe adalah makanan mahal di luar negeri. Dulu saat aku bekerja di hotel, orang luar negeri selalu pesan tempe goreng. Mereka harus menebus 5 potong tempe goreng dengan harga Rp 30.000. Bisa bayanginkan seberharga apa tempe itu? “Ah tempe lagi, tempe lagi.” Sering kita mengatakan ini saat lauk hanya sebuah tempe, masih berani mengeluh saat makan tempe? Hohohohoho..

Kuliner nusantara itu sangat banyak, dari yang makanan berat sampai makanan ringan. Saking beragamnya tiap kali ada penampakan makanan yang menggiurkan langsung aku jepret. Walau hasil foto seadanya gak menyurutkan aku buat terus berburu kuliner nusantara dan mengabadikannya dalam sebuah foto. Ah, andai aku punya handphone bagus seperti ASUS ZenFone yang memiliki PixelMaster Camera pasti aku tidak akan perlu repot-repot edit gambar sana-sini. Hasil gambar yang didapat pasti jernih deh.

Hasrat foto dan kuliner bisa aku tuangkan di Tlogosari. Tlogosari itu apa sih? Tlogosari adalah perumahan padat penduduk. Banyak orang yang bilang kalo di Tlogosari itu serasa masuk kota lain. Karena, kalo kalian masuk perumahan ini dan mencari apa yang kalian mau di sini semuanya ada. 

Bagi kalian yang tinggal di Semarang pasti tahu lah ya perumahan Tlogosari itu terkenal dengan julukan “Daerah makanan” pasalnya, di Tlogosari memang tersedia berbagai macam makanan. Dari makanan yang kelas ringan sampai makanan kelas berat. Ini beneran loh...boleh deh kalian yang dari luar Semarang pesan tiket pesawat, tiket kereta, tiket travel, atau langsung menuju ke Tlogosari mengendarai kendaraan pribadi. Aku mempersilahkan ni...ayo lah cuss...rasakan sensasi bertabur makanan disepanjang jalan Tlogosari hahahahha...#plak

Mie Ayam.

Mie ayam sekarang ini banyak sekali kreasinya. Dari mie ayam biasa, mie ayam level –level pedas bisa di pesan sesuai dengan kemampuan lidah dan lambung-, mie ayam mangkong pangsit, dan mie ayam organik. Pada intinya mie ayam itu ya mie diberi taburan ayam cincang dengan rasa bawang putih dan rempah yang nampol.

Bakso Malang.

Bakso malang ada yang aku paling suka di tlogosari. Bakso ini isinya tentu saja bakso, pangsit goreng, tahu putih, siomay, dan mie kuning. Tapi yang membedakannya adalah porsi disini besar. Udah isinya mantap harganya murah juga :D

Tahu Lontong Blora.

Tahu lontong Blora kalo di Semarang banyak yang cari loh. Terbukti tahu lontong Blora selalu ramai pembeli walaupun penjual itu sangat banyak. Makanan ini mempunyai ciri khas sambel kacang yang tidak diulek sampai halus dan rasa manis. Isian tahu lontong Blora adalah lontong, tahu putih, telur dadar, kecambah, dan kol.

Sempolan.

Sempolan adalah jajanan yang lagi hits baru-baru ini. Daging ayam digiling halus lalu dibuat seperti sate dan digoreng dengan dilumuri telur. Rasanya gurih dan kenyal, kayak makan bakso tapi ada rasa empek-empek. Asal makanan ini sendiri dari kota Malang.

Jamu Jun.

Jamu itu pahit? Hemmm ada loh jamu yang gak pait. Kayak jamu jun. Jamu jun lebih berasa manis pedas, karena jamu jun terbuat dari tepung ketan dan jahe. Walaupun disebut jamu tapi jamu jun lebih mirip bubur. Dengan tekstur yang kental tidak encer. Mengkonsumsi jamu jun bikin hangat di badan.

Tadi itu adalah sebagian dari makanan yang aku jepret dengan kamera aku, beda banget dengan hasil jepretan temanku. Hasil jepretannya halus, cerah dan tajam. Usut punya usut ternyata dia menggunakan kamera handphone ASUS. Gak salah lah kalo aku sangat mendambakan handphone ini. Gak percaya? Liat di bawah ini ya.
Resoles

Jajanan pasar

Tumpeng

Beneran baguskan? Tahu gak sih spesifikasi ASUS Zenfone Max ZC550KL itu:






  • Layar. 


Dengan layar 5,5 inch IPS LCD membuat nyaman saat browsing internet, nonton video, dan main game.


  • Slot Sim Card

Dalam satu handphone memiliki dua slot sim card, sangat membantu kita yang mempunyai dua nomor utuk aktifitas yang berbeda. Kalo aku menggunakan dua nomor untuk dibagikan secara luas dan satunya hanya untuk kalangan tertentu.


  • Jaringan. 

Jaringan yang diberikan sudah 4G. Dimana sekarang ini semua operator sudah mulai beralih di jaringan 4G jaringan interner super cepat. Memori. Memori internal 16 GB dan RAM 2 GB dapat menyimpan data sangat banyak, apalagi untuk seorang blogger yang dituntut mempunyai file foto yang cukup banyak.


  • Kamera. 


Kamera utama 13 MP dengan kempuan perekam video Full HD dan kamera belakang 5 MP. Juga memiliki autofokus dan LED Flash jadi tak heran jiga gambar yang dihasilkan jernih.


  • Baterai. 

Memiliki kapasitas baterai sebesar 5000 mAh yang membuat kita tidak kerepotan selalu sering menggunakan power bank untuk mengisi baterai. Selain itu baterainya juga bisa digunakan sebagai pober bank.

Sebagai blogger, sosial media influencer, dan pengusaha mengharuskan aku memiliki sebuah hand phone yang bisa mempermudah pekerjaanku. Baik untuk foto sampai dengan menjalankan sosial media. Selama ini karena handphone aku yang tidak memenuhi standar menyebabkan aku harus meminjam handphone ke sodara. Ini membuat kendala saat jalan-jalan sendiri dan mencoba kuliner baru lalu mengabadikannya. Hasil jepretan tidak sebagus aslinya apa lagi kapasitas baterai yang kecil membuat handphone sering mati. Semoga aku bisa mempunya handphone ASUS agar kinerja kerjaku semakin maksimal.

Artikel ini diikutsertakan pada Blogging Competition Jepret Kuliner Nusantara dengan Smartphone yang diselenggarakan oleh Gandjel Rel.

Sumber artikel:
https://www.droidlime.com/artikel/harga-asus-zenfone-max-zc550kl.html https://paketblackberry.com/harga-asus-zenfone-max-zc550kl/

50 komentar:

  1. Fotonya kece2 👍👍👍
    Semoga menang yaaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak Inung, aamiin...aku do'a kenceng hahahah

      Hapus
  2. Pengen nyobain mie ayam mangkuk pangsit ayamnya ih 😊

    BalasHapus
  3. Rendang asli padang buatan mertuaku tiada duanya rasanya mbak.. bbrp kali dipaketin langsung dr padang ke semarang. Smpe.sini langsung ludess hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. *nyicip dung mba arindaaaa
      Tp klo nyipin biasanya g cukup se slice daging sih 😂

      Hapus
    2. aku mau...aku mau...aku mau...kalo ada lagi hub aku ya kwkwkwkw

      Hapus
  4. Belum keturutan beli mie ayam pangsitnya. Waktu ke sana rame banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak ini mie ayam rame banget tiap hari...sepi kalo udah habis :D

      Hapus
  5. Kalau jajan jamujun aq seringnya di pecinan, lum pernah cobain yg dtlogosari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayok Po, kapan kita jalan dari ujung ke ujung tlogosari :D

      Hapus
  6. Aku sudah 4 tahun di Tlogosari, belum kesampaian nyoba jamu Jun 😅

    Kalo keluargaku sukanya mie jowo Pak Mul Solo di pojokan Gajah Birowo. Enyaaak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. mie jowo pak mul aku belum pernah mbak, aku suka mie jowo yang dekat bakso moro seneng >O<

      Hapus
  7. Pengeeeeeen maaauuuk ajak dong kalo kulineran
    Btw kamera asus zenfone emang kece, aku punya dan puas sm hasilnya hehe

    BalasHapus
  8. kapan kamu ajakin aku kulineran di sepanjang jalan Tlogosari, Tin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mbak malam minggu kita jalan ke tlogosari...lupakan diet...:D

      Hapus
  9. Balasan
    1. ayo malam minggu pada kumpul di tlogosari >o<

      Hapus
  10. Jadi penasaran kaya gimana mb kulineran di Tlogosari, ajak aku mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo malam minggu ke tlogosari mbak Icha :D

      Hapus
  11. Kalo wiskul..ajak aku donggg..
    Itu jamu jun belinya dmn? Aku taunya jamu jin...eh

    BalasHapus
  12. Baksonya gedhe, makan itu aja kenyang

    BalasHapus
  13. Bakso malang dong. Di desaku ada yg jual juga soalnya. panas2 laper nih tengah malam gini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa lagi kasih sambel buanyak...hem kemecer

      Hapus
  14. Belum pernah nih kulineran di Tlogosari...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mbak Winda kita ketemu di tlogosari bulan ini hahahahaha......asik g perlu jauh2 ketemu...

      Hapus
  15. Wah list nya banyak, jadi bingung milih. Milih 3 yang paling kusuka: rendang, opor ayam, dan gado-gado :D

    BalasHapus
  16. Aku kalau daging sapi pass dech,a rendang, tengkleng dlln, noooo.

    Kecuali bakso, kan udah dicampur
    .
    .
    Jadi, kuliner nusantaranya aku milih gado2, lontong, opor ayam... hahah

    BalasHapus
  17. Percaya gak percaya, Mbak, mie ayam jadi andalanku kalo pergi2. Aku tuh kayak punya fobia sama icip2 makanan baru kalo pas pergi. Soalnya lidahku manja banget. Terlanjur cinta sama masakan mboke.

    BalasHapus
  18. Ya ampuuuun makanannya enak2
    Memang ya kuliner nusantara ini ragamnya banyak dan bikin ngiler. Lupakan diet haha

    BalasHapus
  19. Oooh tidak, saya sudah 5 musim melewatkan makanan khas Indonesia.... liat fotonya jadi ngiler...kejamnya!!!!
    :)

    BalasHapus
  20. Dan aku tergoda sama mie ayam mangkuk pangsitnya.. Nyammmm

    BalasHapus
  21. Kapan ntraktir aku Tin, honor novel kapan cair wkkwkwkw nodong minta traktiran

    BalasHapus
  22. Aku kemarin habis bikin sempolan...
    Bikinnya gemuk2 kayak aku wkwkwkk

    BalasHapus
  23. Kalau ditanya kuliner nusantara apa yg kusuka, semua sukaaaa hahahahhaa

    BalasHapus
  24. Paling suka jika disuruh mhoto makanan....hahahaha

    BalasHapus
  25. Mbak, aku kok penasaran sama jamu jun e ya

    BalasHapus
  26. Asusmu yang tipe apa, Mbak. Hasil jepretannya kok oke banget sih? Punyaku cuma yg harga 1 jutaan, hiks. Btw, Tlogosari itu jebule daerah Semarang Timur ya. Lumayan jauh dari kawasan Simpang Lima yang dianggap sebagai pusat kota. Nanti nek ke Semarang lagi dan agak selo jadwalnya ta mampir ke sana ya, Mbak :)

    BalasHapus
  27. anjay.. postingan ini bikin ngilerrrr

    BalasHapus
  28. Belum pernah minum jamu jun. Itu jamu khasiatnya buat apa mbak? Apa buat penghangat badan gtu, dilihat dari bahannya hehe? TFS

    BalasHapus
  29. behh makanan nya sedep sedep semua itu ahahah, cuman yg blom pernah ku coba jamu jun. hahaha

    BalasHapus
  30. Besok nek aku ke Tlogosari, traktir semua makanan di atas yak

    BalasHapus
  31. Hohoho,pengen tak makan smuah..
    Jamu jun n tahu lontong blora marai kemecerr

    BalasHapus