Senin, 20 Maret 2017

Cek Seberapa Besar Zakat yang Kamu Keluarkan Dengan Kalkulator Zakat.

Selama ini kita sering mengira-ngira saja berapa sih zakat yang harus kita keluarkan untuk tiap bulannya? Berapa besar zakat yang dikeluarkan kadang menjadi polemik untuk aku pribadi. Pernah juga waktu itu aku bilang zakat itu 15% karena saat itu aku dapat masukan dari seseorang. Tapi, ada beberapa orang yang menyanggahnya dan bilang “Zakat itu ya 2,5% dari pendapatan kita. Kalo lebih ya silahkan.” 
Saat acara peluncuran Kalkulator Zakat. Foto by Handikoo


Jadi berapa dong zakat yang harus aku keluarkan? Ah pusing pala eike....setelah baca sana sini akhirnya aku menemukan jawabannya di Dompet Dhuafa. Kenapa kok malah baru nemu di Dompet Dhuafa(DD)? Karena Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat yang udah berdiri sejak 1993. Selama 24 tahun DD sudah mengelola dana Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf dengan baik.

Hasil dari pemberdayaan masyarakat
Karena banyak orang yang pusing menghitung berapa zakat yang dikeluarkan seperti aku, maka DD meluncurkan Website KalkulatorZakat.com. Nah, kebingunanku ini terjawab dengan adanya KalkulatorZakat.com. Website ini khusus dibuat untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang cara menghitung zakat serta melakukan pembayaran zakat secara online. Yang pastinya penyalurannya ini akan tepat sasaran.

Cara penghitungan zakat bukan hanya dari berapa gaji kita langsung dipotong 2,5%. Tapi, kita akan memasukkan berapa beban hutang kita, berapa pengeluaran kita, dan barulah kita dapat berapa nominal yang harusnya kita zakatkan.

Bila masyarakat sudah bisa menghitung zakatnya dengan benar, maka DD mulai mengajak banyak masyarakat untuk ikut gerakan One Month One Care. One Month One Care merupakan gerakan yang menyerukan untuk peduli kepada sesama yang membutuhkan dengan cara berdonasi setiap bulannya secara sukarela. Baik dari individu maupun kelompok. Benarkah One Month One Care itu bermanfaat? Yuk aku paparkan (cahaya kelez).

Manfaat Program DD Jateng 2016:


  • 4.508 Penerima Manfaat Kesehatan. 
  • 2.319 Penerima Manfaat Kemanusiaan 
  • 7.350 Penerima Manfaat Ekonomi 
  • 9.362 Penerima Manfaat Sosial dan Pendidikan 


Masih ragukah?! Kalo masih ragu bisa dicek juga DD memiliki jaringan pelayanan di 21 provinsi Indonesia dan 5 negara di mancanegara (Hongkong, Australia, Jepang, Amerika Serikat, dan Korea Selatan). Saat ini DD telah menjadi organisasi Filantropi Islam yang menghimpun dana masyarakat terbesar di Indonesia.

Yuk ah cek segera seberapa uang yang harusnya kita zakatkan

2 komentar:

  1. Bisa dicek semuanya, makasih infona Mbak Tina :)

    BalasHapus
  2. Memudahkan sekali buat kita yang suka bingung menghitungnya ya.. Sipp.

    BalasHapus