Sabtu, 11 Juni 2016

Webtoon Indonesia Apresia Anak Bangsa

Tahu aplikasi Line yang bumming dengan iklan AADC kan? dulu aku tidak tertarik dengan aplikasi ini bener-bener tidak tertarik. Karena buat aku menggunakan aplikasi Whatsapp itu sudah lebih dari cukup. Buat apa banyak sosial media kalo pada akhirnya isinyapun cuma teman itu-itu saja :)
Diambil dari google

Tapi sayangnya pikiran itu terpatahkan, kira-kira 4 bulan ini aku mulai menggunakan aplikasi Line dikarenakam ada beberapa teman lama dan teman baru yang hanya mengggunakan Line dan tidak memakai sosial media lainnya. Awal pemakaian aku hanya menggunakannya untuk chatting, tidak pernah mencari-cari apa yang ada didalam aplikasi ini. Sampailah seminggu kemarin aku mulai melihat-lihat Line Webtoon. Alasan klise ini sekarang aku pakai, karena stasiun Tv sedang gencar-gencarnya mempromosikan Line webtoon. Dasarnya aku penyuka komik jadilah aku mulai melihat dari akun Line yang aku punya.


Selama 3 hari berturut-turut aku menjelajahi beberapa cerita yang disediakan di beranda webtoon. kebanyakan hanya komik Korea, secara Line juga aslinya dari negeri gingseng. Komik yang selama ini aku baca adalah hasil dari tangan dingin komikus Jepang. Aku tak begitu suka dengan komikus Korea. Bukana karena gambarnya tapi lebih pada ceritanya. Komik Korea yang sudah di bukukan pasti ceritanya hampir sama dan membosankan (bisa di cek di toko buku) tapi saat aku baca di Webtoon justru sangat berbeda. Cerita yang di suguhkan sangat beragam dan alur cerita sangat menarik.

Sampailah aku menemukan judul komik Nobless yang sedang hits, apesnya aku tak bisa membaca cerita itu kalo aku tidak downlod aplikasi Webtoon <T^T> Webtoon memang milik Line tapi kalo ingin menikmati semua yang ada dalam Webtoon kita harus mempunyai aplikasi tersendiri. Webtoon sendiri dibuat khusus untuk komik online. Aplikasi ini menawarkan komok digital secara gratis setiap harinya.

Komik Mak Irit diambil dari Webtoon Challenge

Ngomong-ngomong tentang gratis aku malah menemukan komik yang dibuat oleh komikus Indonesia. Komik Mak Irit yang pertama membuat aku penasaran selain dari ceritanya komik ini dibuat oleh teman sendiri. Teman nulis dan blogger. Orang Semarang pula :D paket komplit pakai telur (jadi lapar, sayang lagi puasa hehe)

Dari komik Mak Irit aku mulai menjelajah lagi, adakah komik Indonesia yang masih masuk Webtoon ChallengeWebtoon Challenge sendiri adalah layanan mengunggah dan menerbitkan hasil karya kita secara online yang nantinya akan muncul di aplikasi dan situs Line Webtoon. Hasil karya kita nantinya akan bisa dinikmati para pembaca di seluruh dunia!

My pre-wedding diambil dari webtoon utama


Eggnoid diambil dari webtoon utama


Nusantara Droid War diambil dari Webtoon utama


Flawless diambil dari Webtoon utama

Ternyata banyak juga komik Indonesia yang masuk dalam Webtoon Challenge. Masuk dalam kategori Challenge berarti peminat masih sedikit dan belum menjadi komikus tetap. Yang berbading lurus dengan hasilkarya belum bisa mendapatkan royalti apapun. Bagaimana caranya agara komik Indonesia bisa masuk dalam Webtoon Utama? dasarnya masih sama semakin banyak yang Like, klik Favorit dan banyak pengunjung.

Apa semua komik Indonesia belum masuk Webtoon Utama? Tidak. Ada beberapa komik yang aku temukan sudah masuk dalam Webtoon Utama. Nusantara Droid War, My pre-Wedding, Siren's Lament, Eggnoid, dan Flawless adalah komik dari hasil karya komikus Indonesia. 

Komik-komik ini menghadirkan cerita-cerita yang segar. Bukan hanya cerita dan gambar bagus yang ditawarkan tapi ada juga musik dalam komik digital, contohnya komik Siren's Lament. Apa mungkin hanya aku saja yang ketinggalan berita disini ya :D saat aku buka Webtoon dan melihat hasil karya anak bangsa aku langsung tajub.

Siren's Lament diambil dari Webtoon utama



Pasalnya, 5 tahun yang lalu aku membaca komik Indonesia sangat jauh dari komik Jepang. Tapi sekarang aku hanya bisa bilang "Wow." Bayangin komik-komik bermutu banyak sekali yang tercipta dari tangan-tangan komikus Indonesia. Kalo kita tidak bisa membuat seenggaknya kita harus menghargai hasil karya mereka. Dengan mengangkatnya dan memberikan komentar positif bukan komentar negatif yang menjatuhkan :)

26 komentar:

  1. Aku sering baca webtoon. :) Aku suka....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hua ada pecinta webtoon disini..aku juga suka hehe

      Hapus
  2. Saya juga sering baca webtoon setahun belakangan ini
    Mak irits udah baca sebelumnya di blog Mba Rahmi (jika tdk salah namanya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Rahmi yang bikin hehe...majukan Indonesia dengan karya :D

      Hapus
  3. Di webtoon itu baca komiknya enaaak, tinggal geser-geser ke atas ajah

    BalasHapus
  4. belum pernah baca sih, tapi penasaran, cuma takut ketagihan :-P

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku udah ketagihan mbak Tatik T^T ceritanya bagus2 sih :D

      Hapus
  5. belum pernah baca sih, tapi penasaran, cuma takut ketagihan :-P

    BalasHapus
  6. Dulu seneng bgt baca komik....Sempet liat si komik indonesia..kadang penulisnya pake nama berbau jepang juga..tapi ketebak karna gambarnya belum alus....
    Ntar coba deh donlod webtoon..tapi takut lupa dirii...suami anak tak terurus...😜

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak Atik, dulu banyak komikus Indonesia pakai nama Jepang..tapi sekarang udah banyak yang sadar kalo nama Indonesia itu keren, sekeren karya mereka :D

      Hapus
  7. Dulu seneng bgt baca komik....Sempet liat si komik indonesia..kadang penulisnya pake nama berbau jepang juga..tapi ketebak karna gambarnya belum alus....
    Ntar coba deh donlod webtoon..tapi takut lupa dirii...suami anak tak terurus...😜

    BalasHapus
  8. saya bukan penggemar komik dulu yang suka cuma detektif conan heheh. Tapi tahu ada aplikasi yang bikin gampang baca komik jadi pengin

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba buka aja mbak, buat anaknya juga ada komik yang bagus2 hehe

      Hapus
  9. Wow hebat ya komikus indonesia jadi pengen baca, saya pernah liat di tv komik-komik dari luar yg gambar orang indoneaia juga. Sebenarnya potensi anak-anak bangsa ini luar biasa ayuk kita dukung karya anak bangsa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepemikiran bu Tien, potensi anak bangsa itu keren2 kok..tinggal lingkungan gimana bisa mengarahkan dan jangan lupa beri aprisiasi yang posotif :D

      Hapus
  10. Seneng deh dg komikus Indonesia...
    ada aplikasi ini jadi semakin mudah..
    we love webtoon :-D

    BalasHapus
  11. Seneng deh dg komikus Indonesia...
    ada aplikasi ini jadi semakin mudah..
    we love webtoon :-D

    BalasHapus
  12. Dulu suka banget baca komik...sekarang ga sempat lagi...baca artikelnya jd pgn download webtoon....penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat hiburan juga Unni, biar gak repot terus urus anak hehe

      Hapus
  13. Uti sejak kecil suka baca komik.. ini Webtoon Uti download juga lo di hp.. Banyak juga yang isinya mendidik.. Bangga kalau itu adalah karya anak bangsa.. :)

    BalasHapus
  14. asoyyy ada mainan baru gaes...lumayan buat killing time apalagi puasa gini, donlod Webtoon aaaahhhhhhh

    BalasHapus
  15. aku baca di webtoon jadi susah move on, pengennya baca terus, sekarang lagi off dulu soalnya nanti gadgetan terus, kereeen deh

    BalasHapus