Jumat, 08 April 2016

Makanan yang Wajib Dicoba Saat ke Purwokerto

Menghilangkan rasa jenuh dengan keadaan kota yang bising bisa kita lakukan dengan berjalan-jalan di kota lain yang lebih hening. Daerah yang masih asri dan tidak terlihat hiruk pikuk seperti kota besar. Kota Purwokerto adalah salah satu tujuan yang patut diperhitungkan.

Daerah yang masih asri dengan udara yang sejuk, tatanan kota yang tidak ruet, jalanan tidak macet dan jalan yang bersih. Purwokerto kota kecil tapi sangat membuat rindu untuk datang kembali. Selain kotanya yang indah Purwokerto juga mempunyai makanan yang patut untuk kita coba.

Ada beberapa makanan yang membuat aku selalu ketegihan untuk kesini lagi. Beberapa makanan itu adalah:

Mendoan.

Mendoan adalah tempe yang diberi tepung. Cara penggorengannya tidak boleh terlalu matang, api juga harus besar. Aku coba membeli mentah untuk oleh-oleh di rumah, saat mengolahnya malah gagal (T^T) Kalo mendoan pasti sudah tahukan makanan ini, tapi saat di Purwokerto wajib mencicipinya. Karena selain makanan ini beda dengan yang dibuat di daerah kita ini juga merupakan makanan khas Purwokerto.
Mendoan


Mendoan mentah
Keraca

Keraca adalah keong sawah, keong dimasak dengan bumbu pedas. Rasanya gurih dan ada sensasi rasa pedasnya. Keong sendiri mempunyai kandungan kalsium, protein, kaya omega 3 dan 6. Mengkonsumsi Keraca sudah termasuk memakan makan bergizi dengan harga murah. Di setiap daerah keong sawah memiliki nama tersendiri. Ada yang menyebut Tutut, Kreco, Keraca, dan Kul. Mungkin di daerah kalian namanya bisa saja beda lagi :D
Keraca


Brasil

Es yang  bahan dasar asli dari sari buah. Rasa susu dan buahnya sangat menggugah. Bukan menggunakan perasa tapi asli dari sari buah itu sendiri. Di tenggorokan tidak membuat sakit.

es Brasil
Baso

Makanan kalo ini sudah biasa dimanapun tapi karena lidahku ini sudah suka sekali ama yang namanya baso jadi aku harus cari baso yang enak di Purwokerto. Akhirnya aku bisa mencicipi baso yang terkenal enak disana, basonya gede-gede dan isonya banyak. Namanya baso Pekih, alamatnya di jalan Pekih No. 14 Sokanegara Purwokerto.
Baso Pekih
Soto jl Bank

Soto jl Bank bukan berarti soto ini ada di daerah bank.Soto ini berbeda dengan soto Semarang, di dalam soto ini ada kupat, daging sapi dan krupuk. Sambalnya pun bukan dari cabe saja tapi dari kacang tanah yang digiling berbarengan dengan cabe. Rasanya hem maknyus.
Soto Jl Bank
Jadi saat kalian berjalan-jalan ke Purwokerto kasihannilah perut kalian. Sekali-kali tidak perlu diet dan biarkan perut bersantai :p




11 komentar:

  1. Paling suka mendoan, dan nggak mau cobain keraca :D
    sanggup makannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keraca rasanya endessssssss loh..gak bohong..coba pasti ketagihan xixixi

      Hapus
  2. Aku suka banget sama keong-keongan, bekicot, kerang, jadi penasaran pengen cobain keraca, sepertinya enak. kalau mendoan mah jangan ditanya ya. keknya banyak banget yang suka, termasuk saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keraca rasanya pedas gurih, kenyal pula..hemmm endeeessss. Mendoan no 1 kalo ini :D

      Hapus
  3. Mendoan purwokerto pernah nyoba pas 2013 kesana, pengen tututnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah 3th berlalu ya mbak Vita, tutut patut di coba itu mbak

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. waaah ternyata di purwokerto ada keong, dan namanya keraca..!
    di sukabumi dinamainnya tutut hihihih. aku doyan banget tutut/keraca itu. enaaaak. apalagi kalau bumbunya saus padang... hmmmm
    aku jadi pengen coba yang es brasilnyaaa!!

    salam kenal ya mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mbak :D

      makanannya ngangenin mbak heheh

      Hapus
  6. Kracah tuh sama kayak tutut gak sih mbak?

    Salam,
    Aci

    BalasHapus
  7. Saya yang tinggal di Purwokerto aja gak bosen-bosen makan mendoan ��

    BalasHapus