Selasa, 05 April 2016

Baso Ayam Buatan Tangan Ibu

Setiap keluarga pasti mempunya makan yang sangat di sukai. Dari masakan khas daerah sampai makanan yang sudah mulai banyak di modifikasi (Mesin kali ah). Mau makan seperti apapun itu kalo sudah merupakan ciri dari keluarga pasti akan selalu membuat kita rindu.

Di keluargaku sendiri makanan yang paling sering dibuat adalah baso ayam. Baso ini asli buatan tanga Ibu yang pastinya tanpa pengawet.  Satu minggu sekali Ibu pasti membuat baso ayam, entah nanti mau dimasak seperti baso biasanya atau buat tambahan saat memasak.


Aku dan dua adikku biasanya baso untuk tambahan mie rebus dan digoreng lalu dicocol pakai saos. Kalo sudah ada baso pasti deh alamat nasi dirumah akan cepat habis hehehehehe.

Resep Baso Ibu:
1 kg daging ayam giling
5 siung bawang putih
½ kg tapioka
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Pala secukupnya
Es batu cacah atau serut

Cara membuat:
1.      Semua bahan dicampur jadi satu.
2.      Ulenin sampai kalis lalu buat bola-bola.
3.      Siapkan air yang mendidih, setelah mendidih masukan bola-bola baso. Kalo baso sudah mengambang diatas air, angkat dan tiriskan.
4.      Bila tidak akan langsung di masak sebaiknya masukkan ke lemari pendingin.


Mudahkan cara buatnya :D 1kg ayam itu bisa jadi buanyak baso loh. Bisa buat mengirit uang belanja bulanan juga. Selain irit makan ini pun sangat aman dikonsumsi keluarga J

7 komentar:

  1. Oooo baru tau loh klo bikin baso itu pake es batu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar lebih kenyal mbak, dan bakteri gak terlalu banyak berkembang. Jarene orang kesehatan gitu kkkk

      Hapus
  2. Balasan
    1. Kalo udah nyobain resep aku nyicip yo mbak kkkk

      Hapus
  3. Pakai tepung tapioka ya mba?
    Kalau diganti sagu bisakah?

    BalasHapus
  4. Pakai tepung tapioka ya mba?
    Kalau diganti sagu bisakah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sagu ama tapioka bukannya cuma beda nama aja ya? hehe

      Hapus