Selasa, 29 Maret 2016

Kebun Obat Ibuku

Di depan rumah ada beberapa pot yang berisi tanaman obat. Sering Ibu menanam tanaman obat yang aku kira itu adalah tanaman hias. Karena bentuk tanaman yang sering Ibu tanam pasti unik dan cantik-cantik.

Ibu termasuk telaten dalam merawat tanamannya, sampai ada banyak tunas baru yang muncul dan sering Ibu bagikan ketetangga. Karena rumahku seperti pada umumnya perumahan yang super sempit sekali sampai susah selonjor (S6) jadilah tanaman hanya bisa didalam pot.
Tanaman Obat, diambil dari google

Beberapa tanaman obat yang menghiasi rumahku:

Pohon Kresen.
            Pohon ini seperti pohon pada umumnya. Tekstur daunnya agak kasar dan bentuknya gak lebar lebih mengecil, daunnya bisa dibuat teh untuk orang-orang diabetes. Buahnya bulat-bulat rasanya manis. Kalo orang jawa bilang ini adalah cherry jawa.

Lidah Buaya
            Tadinya aku kira waktu Ibu menanam lidah buaya itu untuk menyuburkan rambut tapi ternyata lidah buaya untuk mengolesi luka bakar. Bahkan lidah buaya juga bisa buat mengoles kulit yang ada kutil atau bentol. Pakai lidah buaya lebih adem saat terkena kulit.

Patah Tulang atau Kayu Urip
            Tanaman ini sangat cantik bentuknya batang tak beraturan. Hanya batang, dengan warna hijau pupus. Biasanya yang dimanfaatkan pada tanaman ini adalah getahnya. Getah untuk luka sayat, terkena pecahan kaca dan kutil.

Binahong
            Tanaman menjalar ini sering digunakan untuk pengobatan cina. Daunya yang cantik ini memiliki rasa yang pahit. Binahong sudah sangat terkenal di masyarakat untuk obat diabetes. Khasiat tanaman ini banyak sekali untuk penyembuhan penyakit, bahkan ini pencegah asam urat. Bagi pecinta jeroan wajib mengkonsumsi tanaman binahong. Tentunya konsumsi tanaman obat ini tidak semaunya sendiri ada batasannya.

Daun Sere
            Tanaman ini yang paling populer dikompleks rumah. Ibu-ibu kompleks biasanya menanam daun sere buat memasak. Tanaman populer ini sangat mudah perawatannya, tinggal ditancapkan di dalam pot dan disiram maka akan tumbuh lebat.

Itu adalah kebun obat Ibuku, isinya tak banyak tetapi berjuta manfaat. Dari luka biasa sampai penyakit dalam di kebun ibu ada semua obatnya. Penggunaan obat herbal salah satu tindakan penolongan pertama.


1 komentar:

  1. Dilema pengen bisa berkebun tapi lahan sempit, solusinya ya pake pot atau di susun pake pipa..
    kalo dilakukan lumayan lho, bisa jadi alternatif pengobatan

    BalasHapus