Jumat, 25 September 2015

Hobi Menjadi Ladang Bisnis



Banyak orang yang mengawali bisnis berdasarkan dari hobi yang disukai, hoby setiap individu  pasti berbeda-beda. Salah satu hoby yang paling populer dikalangan para wanita adalah menulis diary. Menulis bukan saja bisa menjadi ruang untuk mengeluarkan semua uneg-uneg atas ketidak puasan dengan suatu keadaan tertentu yang tidak bisa dituangkan dalam kata. 
 
Indari Mastuti


Salah satu tokoh wanita yang berhasil mengembangkan bisnis dari kecintaannya menulis yang diawali di diary adalah Indari Mastuti.  Wanita kelahiran bandung 35 tahun silam ini mengawali mimpi dengan menulis di berbagai media. Langkahnya tidak berhenti sampai disitu saja pada tahun 2004 ia mulai menerbitkan buku dan tahun 2005 kompas gramedia grup mempercayakan ia sebagai penulis buku bacaan remaja.

Dari kecintaannya inilah maka ia mulai membuka WriterBusiness Specialist yang dimana saat itu agensi naskah belum populer. “Saya menikah tahun 2007 dan memutuskan total di dunia bisnis penulisan. Selain passion saya, saya juga ingin menjembatani orang lain yang ingin jadi penulis tapi tidak tahu caranya,,” ujarnya “Dan menurut saya, ketika sebuah bisnis dijalankan atas nama passion, Insya Allah ini akan berjalan lancar.” Tambahnya lagi.

Bisnis yang belum buming mempunyai dua sisi yang seimbang, antara keuntungan dan kendala. Keuntungannya adalah minim pesaing. Sedangkan kendala yang di hadapi adalah kenyataan bahwa masih banyak yang belum tahu apa itu agensi naskah, bahkan banyak konsumen yang akan meragukan kredibilitas agen naskah yang baru seumur jagung. “Namun, seiring waktu kepercayaan klien berhasil kami dapatkan.” Ungkapnya.

Bisnis apapun pasti ada pasang dan surut, begitu pula Indscrip yang pernah mengalami omzet yang jeblok. Hal itu menyebabkan pailit sehingga bisnis menjadi tidak sehat. Dengan kondisi yang kusut Indscript mulai merobah business plan dengan cara menawarkan jasa copywriting dan mengikuti kompetisi bisnis untuk mengenalkan brand Indscript. Walaupun banyak yang memandang negatif bisnis baru. Kunci sukses adalah “Siapkan mental, bentuk tim, perkuat manajemen keuanga,marketing,inovasi, dan berbagi.” Ujarnya.

0 komentar:

Posting Komentar