Minggu, 26 Juli 2015

Pentingnya Networking



Dewasa ini untuk mencari peluang pekerjaan yang kita inginkan tidaklah mudah, persaingan untuk mendapatkan apa yang di inginkan pasti juga di inginkan banyak lulusan-lulusan sarjana baru apa lagi saat ini adalah eranya iformasi dimana mempunyai kawan atau relasi yang banyak sangatlah dibutuhkan.  Maka dari itu penyebaran networking yang luas sangat lah diperlukan. Bukan hanya untuk para pencari kerja tapi juga sangat berguna bagi orang-orang yang ingin membuka bisnis baru.

Pentingnya Networking sangat dirasakan oleh Veronica Ratnaningrum yang merupakan salah satu wanita yang berprofesi sebagai Konsultan Marketing, yang dimana biasanya profesi itu lebih di dominasi oleh laki-laki. Kesuksesan Veronica sebagai woman marketer bisa di buktikan dariperusahan miliknya yang berkembang pesat, PT.Masterindo Multiguna didirikan sejak tahun 2011. Dalam kurun waktu empat tahun,ia berhasil bekerjasama dengan benk-bank besar di Indonesia. Baik bank negara maupun bank swasta ataupun BUMN.
Veronica Ratnaningrum sumber www.kompasiana.com
“Modal utama dari bisnis ini adalah Networking. Saya mempunyai hubungan yang baik dengan pemilik – pemilik usaha seperti restoran dan sebagainya,” kata Veronica. Networking inilah yang digunakannya sebagai modal untuk menawarkan jasan kepada pihak bank. Walaupun mulai banya kompetitor yang bermunculan akhir-akhir ini, kompetitor biasanya dari teman atau mantan karyawan yang membuka bidang jasa yang sama.

Veronica mempunyai kunci sukses sebagai konsultan marketing yang piawai, beberapa diantaranya adalah:
1.      Menjunjung Profesionalisme.
2.      Piawai Merancang Program.
3.      Menganalisa Pasar.
4.      Networking atau jaringan teman.
Selai kunci sukses diatas, Veronica juga menjelaskan bahwa kemampuan mengorganisir, manajamen serta memberikan jalan keluar kepada setiap kliennya juga sangat mendukung. Nantinya, PT. Masterindo Multiguna akan memperluas jaringan dengan meluncurkan Digital Merchat, e-Catalogue, dan e-Voucher.

Sebuah artikel Times of San Diego memaparkan bagaimana cara bernetworking yang sukses dalam berkarir :
1.      Carilah asosiasi profesional yang sesuai minat anda.
2.      Hadirilah job fair.
3.      Hadirilah perkumpulan yang anda minatti.
4.      Jangan pelit bagi info.
Teruslah mengembangkan Networking demi kesuksesan bisnis anda.


0 komentar:

Posting Komentar